2 Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Mas bagaimana cara memperkecil ukuran file PDF? pertanyaan dari teman yang kesulitan saat akan mengirim email dengan lampiran karena ukurannya terlalu besar dan koneksi yang dia gunakan tidak terlalu bagus akhirnya proses pengiriman selalu gagal.

Untuk mengurangi ukuran PDF sebetulnya sangat mudah, kita bisa pilih tanpa software atau online maupun dengan bantuan aplikasi gratis seperti Orpalis PDF Reducer free, dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas keduanya.

Advertisement

Penting untuk diketahui, kemungkinan setelah kamu kompres file PDF tersebut akan sedikit berbeda dengan aslinya.

Inilah 2 Cara Memperkecil Ukuran File PDF Dengan Mudah

Tetapi dari berkali-kali mencoba hasilnya cukup memuaskan karena tidak terlihat jauh perbedaan kualitas dengan file asli sebelum dikompres.

Berikut adalah dua opsi yang bisa kamu pilih ketika ingin mengurangi ukuran file PDF.


Cara 1 : Mengurangi Ukuran File PDF Secara Online

  1. Buka halaman berikut ini http://smallpdf.com/id/mengompres-pdf
  2. Selanjutnya cari file yang ingin dikecilkan dari komputer kamu dengan cara “Pilih File” atau drag and drop dari Windows explorer ke kotak yang disediakan.Mengurangi Ukuran File PDF Secara Online
  3. Kemuadian tunggu proses upload sampai selesai dan smallpdf akan mengurangi ukuran file PDF secara otomatis.Inilah 2 Cara Memperkecil Ukuran File PDF Dengan Mudah
  4. Setelah selesai kamu bisa langsung download hasilnya dengan memilih Unduh File Sekarang.

Pada percobaan diatas tampak dokumen PDF yang awalnya berukuran 26.56 MB bisa dikurangi menjadi 20.94 MB sehingga bisa dikirimkan sebagai lampiran melalui Gmail ataupun Yahoo.

Smallpdf tidak hanya menyediakan layanan untuk kompres file PDF tetapi masih banyak layanan lain yang bisa kita gunakan secara gratis salah satunya adalah convert file pdf ke word.


Cara 2 : Memperkecil PDF Dengan Orpalis PDF Reducer Free

Alternatif lain yang bisa kamu pilih adalah software pdf reducer yang satu ini karena sangat mudah digunakan dan tentu saja gratis, berikut langkah-langkahnya.

  1. Download dan install aplikasinya dari sini http://www.orpalis.com/products/pdfreducer/download/ (pilih yang Free)
  2. Kemudian jalankan, dan tunggu beberapa detik sampai muncul tombol OK.Memperkecil PDF Dengan Orpalis PDF Reducer Free
  3. Saat pertama kali digunakan lakukan perubahan pengaturan seperti berikut ini agar bisa memilih file bukan folder. Pilih Menu Options – lalu buka tab General dan pada input mode pilih File selection lalu Apply.
  4. Kemudian cari file yang ingin dikurangi ukurannya dengan cara klik tombol pada Source.Cara 2 : Memperkecil PDF Dengan Orpalis PDF Reducer Free
  5. Terkahir pilih Start batch dan tunggu sampai selesai.

Ternyata hasilnya tidak berbeda jauh dengan saat mengunakan smallpdf dimana file lebih kecil menjadi 20,94MB, sedangkan saat kompres dengan orpalis hasilnya menjadi 20,91MB.

Mungkin masih ada software atau situs lain yang menyediakan layanan sejenis tetapi dari percobaan yang pernah saya lakukan smallpdf dan orpalis pdf reducer merupakan pilihan yang terbaik saat ini karena tidak membatasi ukuran file yang bisa diproses.

Itulah dua cara mudah untuk mengurangi ukuran file PDF online dan offline.

Semoga bermanfaat terutama bagi kamu yang mengalami kesulitan yang sama seperti teman saya saat akan menyertakan file PDF tersebut sebagai lampiran tetapi ukurannya melebihi batas maksimal Gmail (25MB).

Advertisement
Latest Comments
  1. Yati Nurjaman March 20, 2016