3 Contoh Bisnis Makanan yang Berpotensi Menguntungkan

Saat ini sudah sangat banyak jenis usaha yang berpotensi menguntungkan dan bisa dijadikan sebagai mata pencaharian, salah satunya adalah bisnis makanan. Tidak diragukan lagi bahwa bisnis kuliner memiliki peluang yang sangat besar untuk meraih banyak laba dan keuntungan.

Hal ini disebabkan besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap berbagai jenis makanan ringan dan berat yang banyak dijual di pasaran pada saat ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini lagi mencari peluang usaha, bisnis makanan bisa dijadikan ide.

Advertisement

Mudah untuk dijalankan sehari-hari merupakan syarat agar usaha yang baru dirintis dapat bertahan, berkembang bahkan maju dan yang terpenting bisa memulai usaha dengan modal kecil.

Tapi, kira-kira jenis makanan apakah yang tepat untuk dijual? sebagai jawabannya, berikut ini mangcara sebutkan 3 jenis makanan yang bisa Anda coba untuk dijual tanpa mengenal musim.

3 Contoh Bisnis Makanan yang Berpotensi Menguntungkan

1. Berjualan aneka kue dan roti

3 Contoh Bisnis Makanan yang Berpotensi Menguntungkan

Berjualan aneka kue dan roti merupakan salah satu peluang bisnis makanan yang patut Anda coba. Sebab, kue dan roti merupakan jenis makanan yang umumnya disukai oleh masyarakat dikarenakan rasanya yang lezat dan mengenyangkan.

Bahkan, banyak di kalangan masyarakat kita yang menjadikan kue dan roti sebagai sarapan pagi setiap hari sebelum berangkat melakukan kegiatan rutin mereka sehari-hari.
Umumnya jenis kue dan roti yang dijual di pasaran saat ini ada dua; yaitu kue dan roti basah serta kue dan roti kering.

Untuk kue dan roti basah jangkauan pasarnya tidak begitu jauh karena lebih cepat rusak. Karena itu, umumnya kue dan roti basah hanya dijual di pinggiran jalan atau pasar-pasar tradisional.

Sedangkan untuk kue dan roti kering jangkauan pasarnya lebih luas karena lebih tahan lama. Oleh karena itu, kue dan roti kering umumnya di jual di toko-toko dan supermarket.

2. Berjualan aneka gorengan

3 Contoh Bisnis Makanan yang Berpotensi Menguntungkan

Selain berjualan kue dan roti, peluang bisnis makanan lainnya yang juga pantas untuk dicoba adalah menjual aneka gorengan. Bagi masyarakat kita, gorengan merupakan jenis makan yang sudah akrab di lidah mereka.

Rasanya yang lezat dan renyah sehingga, peluang untuk mendapatkan banyak laba dengan berjualan gorengan sangat besar. Beberapa jenis gorengan yang umumnya dijual adalah pisang goreng, ubi goreng, lumpia, tahu isi, bakwan, pisang moleng, dan masih banyak jenis gorengan lainnya.

Karena gorengan merupakan jenis makanan yang tidak bisa bertahan lama, umumnya hanya dijual di pinggiran jalan dan pasar-pasar tradisional. Di kota-kota besar biasanya gorengan dijual di malam hari bersama dengan aneka minuman panas sebagai pasangannya.

3. Berjualan aneka kripik

3 Contoh Bisnis Makanan yang Berpotensi Menguntungkan

Salah satu jenis bisnis makanan lainnya yang juga memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan banyak laba adalah berjualan aneka jenis kripik. Umumnya masyarakat kita sangat menyukai aneka jenis kripik.

Tidak heran jika saat ini banyak jenis usaha kecil, menengah, dan besar yang memfokuskan produk jualan mereka pada aneka jenis kripik yang didatangkan dari berbagai daerah.

Beberapa jenis kripik yang biasa dijual di pasaran seperti kripik singkong, kripik ubi, kripik kentang, kripik ikan kering, kripik tempe, kripik tahu, serta berbagai jenis kripik lainnya.

Bentuk pengelolaan dan pembuatannya pun bermacam-macam, sesuai dengan ciri khas setiap daerah penghasil kripik tersebut. Karena kripik merupakan jenis makanan yang mampu bertahan lama.

Sehingga jangkauan pasarnya tidak hanya di pasar-pasar tradisional, tetapi juga di toko-toko besar dan supermarket. Bahkan, ada beberapa jenis kripik tradisonal yang jangkauan pasarnya sampai ke luar negeri.

Demikianlah artikel mengenai 3 contoh bisnis makanan yang berpotensi menguntungkan. Perlu dicatat bahwa usaha apapun yang dijalankan oleh seseorang pastinya membutuhkan keuletan dan kesabaran dalam menjalaninya.

Catatan: Jangan cepat putus asa dengan kondisi naik-turunnya sebuah usaha, karena hal tersebut merupakan hal yang lumrah dalam dunia usaha, terutama bagi pemula yang membutuhkan proses untuk mencapai keberhasilan.

Advertisement