3 Contoh Usaha Makanan Modal Kecil Yang Banyak Peminatnya

Pada postingan sebelumnya saya telah menyebutkan ide bisnis makanan yang berpotensi menguntungkan. Untuk melengkapi pembahasan tersebut, berikut ini saya sebutkan 3 contoh usaha makanan modal kecil yang juga bisa Anda coba jalankan.

Dikatakan sebagai jenis usaha makanan modal kecil disebabkan modal awal yang dibutuhkan untuk memulainya tidak terlalu besar, bahkan ada yang di bawah 1 juta rupiah. Untuk informasi lebih detail, silahkan baca kelanjutan artikel di bawah ini.

Advertisement

1. Berjualan roti bakar

Berjualan roti bakar merupakan salah satu ide bisnis yang layak dicoba, karena peluang yang dimiliki oleh usaha ini untuk meraih banyak laba cukup besar. Hal tersebut disebabkan karena banyak masyarakat yang sangat menyukai roti bakar.

Modal usaha awal yang dibutuhkan untuk berjualan roti bakar tidak terlalu besar, hanya berkisar 2 juta hingga 2.5 juta rupiah yang meliputi pembuatan gerobak, mesin pembakaran roti, serta bahan-bahan dan alat-alat pembuatan roti lainnya.

Lokasi untuk berjualan roti bakar umumnya di tempat yang banyak orang-orang berlalu lalang seperti pinggir jalan, depan usaha waralaba alfamart atau indomaret, taman, tempat bermain anak-anak, alun-alun kota, dan tempat-tempat ramai lainnya.

2. Berjualan jagung bakar

Jagung bakar merupakan makanan tradisional yang hingga saat ini masih disukai oleh masyarakat. Disamping rasanya yang lezat, harga jualnya pun cukup murah dan terjangkau. Tidak heran jika saat ini sudah banyak orang yang mulai merintis bisnis makanan dengan berjualan jagung bakar.

Investasi yang dibutuhkan untuk berjualan jagung bakar sangat sedikit, hanya berkisar 800 ribu rupiah saja, yang mencakup pembuatan gerobak jualan, pembelian jagung setiap harinya dari pasar, pembelian batok kelapa untuk membakar jagung, serta bumbu jagung.

Umumnya berjualan jagung bakar dilakukan di malam hari dengan lokasi penjualan biasanya dilakukan di pinggir jalan tempat banyak orang lewat, dekat kampus, dekat alun-alun, atau ruang publik lainnya.

3. Berjualan bubur kacang hijau

Berjualan bubur kacang hijau juga merupakan bisnis kecil yang patut dicoba dan peluang keberhasilannya tidak kalah dari dua jenis bisnis makanan di atas. Kaya akan manfaat bagi kesehatan dan mengenyangkan menjadikan bubur kacang hijau sangat disukai oleh masyarakat.

Untuk buka usaha ini modal yang dibutuhkan untuk berjualan bubur kacang hijau tidak terlalu besar, sekitar 2 juta rupiah saja, yang mencakup pembuatan gerobak jualan serta alat-alat dan bahan-bahan jualan bubur kacang hijau lainnya.

Biasanya berjualan bubur kacang hijau dilakukan di pagi hari dengan berkeliling dari rumah ke rumah sebelum orang-orang berangkat kerja dan sekolah. Namun jika ingin mangkal malam hari carilah lokasi strategis seperti di depan gang perumahan.

Diatas merupakan 3 contoh usaha makanan modal kecil yang banyak peminatnya, tetapi Anda bisa mencari peluang usaha yang disesuaikan tempat dan kebiasaan masyarakat didaerah tempat tinggal.

Yang perlu diingat dalam ketika memutuskan membuka usaha sendiri atau wirausaha persiapkan mental karena tidak ada usaha yang langsung besar berdasarkan contoh orang sukses mereka merintis usaha dari bawah yang membutuhkan kesabaran serta ketekunan.

Advertisement