Ambil Uang di Western Union Luar Daerah Bisa Ga Sih?

Bagi para blogger yang sudah bergabung dengan Adsense pasti sudah akrab dengan Western Union atau WU, nah kali ini saya akan membahas beberapa pengalaman mengambil uang kiriman di Western Union baik di Kantor POS, Indomaret dan Pegadaian.

Selain 3 tempat diatas sebetulnya pernah juga coba di bank tepatnya Bank Syariah Mandiri karena kebetulan waktu itu saya lihat ada logo Western Union tetapi karena KTP luar daerah (beda kabupaten) saya diminta membawa KK atau identitas lain selain KTP.

Advertisement

Karena tidak membawa KK dan tidak punya identitas kedua seperti SIM akhirnya batal mencairkan uang dibank tersebut.

Bisakah Mengambil Uang di Western Union Luar Daerah (Beda Domisili)?

Ambil Uang di Western Union Luar Daerah Bisa Ga Sih?

via www.westernunion.co.id

Untuk menjawab rasa penasaran apa si syarat mengambil uang di WU kalau KTP luar daerah akhirnya saya sengaja tanya langsung ke CS WU via telp di nomor (021) 3040-5730.

Singkatnya untuk bisa mengambil uang diluar daerah (beda domisili) dengan KTP harus dilengkapi dengan KK atau Kartu Keluarga, namun jika baca beberapa pengalaman teman-teman lain sebetulnya bukan hanya KK tetapi SIM juga bisa.

Artinya memang jika kita ambil di wilayah lain yang berbeda dengan alamat KTP maka harus menyerahkan dua identitas dan yang sering ditanyakan adalah KK.

Jadi jelas ya bagi sobat blogger yang mungkin bulan ini akan mencairkan uang dari Adsense di WU dan kebetulan tinggal di luar daerah maka sebelum pergi ke kantor pos, pegadaian atau bank sebaiknya siapkan identitas kedua misalnya kartu kelurga.

Memang dulu sih bisa saja kita cairkan uang dimana pun walau KTP beda alamat dengan tempat kita tinggal atau tempat mencairkan, contoh dulu saya pernah ambil uang WU di Kantor POS bandung padahal ktp Bogor, selain itu pernah juga mengambil di kantor Pegadaian Bekasi padahal KTP Bogor dan tidak diminta apa-apa.

Namun tadi kebetulan adik saya mencoba mengambil di Pegadaian dan Kantor POS yang berbeda dengan KTP ternyata tidak bisa 🙂 kedua tempat tersebut menanyakan KK karena adik saya memang tidak punya SIM maupun identitas lain selain KTP.

Selain tadi saya juga sempatkan bertanya kepada salah satu petugas di kantor POS mengenai hal ini dan benar saja untuk bisa ambil uang di luar wilayah harus menyertakan KK, beda lagi kalau masih satu kabupaten tapi beda kecamatan cukup dengan KTP.

Kesimpulan : Untuk ambil uang di WU beda wilayah misal beda kabupaten, provinsi selain KTP kita juga harus menyertakan identitas lain seperti kartu keluarga.

Semoga posting singkat ini bisa memberikan sedikit informasi bagi kamu yang bertanya-tanya dulu ko bisa tapi sekarang diminta KK atau SIM, ternyata memang aturan dari Western Union begitu, jika kurang yakin kamu bisa coba hubungi WU via telepon.

Selain itu kadang memang ada juga petugas yang agak kurang mengerti atau mungkin sedang malas bekerja, contoh dulu saya juga pernah mencairkan uang WU di Kantor POS dekat rumah, eh malah ditanya nomor telepon Google segala padahal jelas-jelas di form isian tidak ada kolomnya dan setelah saya tanya di kantor POS berbeda ternyata itu tidak perlu.

Selama kita sendiri + membawa KTP dan tahu no MTCN harusnya pengambilan uang tidak akan ada kendala, oh iya untuk kantor POS dan pegadaian tidak dikenakan biaya materai berbeda dengan bank, begitu juga dengan Indomaret (gratis) tetapi kekurangannya tidak semua Indomaret bisa mencairkan WU dan setahu saya rata-rata membatasi maksimal 2 juta selain itu sistem mereka sering offline, jadi saya tidak sarankan kamu ambil uang WU di Indomaret.

Advertisement
Latest Comments
  1. andrey May 12, 2016
    • Mang Cara May 12, 2016