ATM Mandiri Tertelan Mesin, Jangan Panik Lakukan Hal Ini

Mangcara.com – Ketika sedang sibuk atau terlalu banyak yang harus dikerjakan dalam waktu bersamaan kadang bisa membuat kita kurang konsentrasi seperti yang beberapa waktu lalu saya alami saat sedang membayar tagihan kartu kredit Mega di ATM Mandiri.

Selain harus membayar, saya juga harus tarik tunai karena ada yang harus dibayar, tetapi karena tidak konsen pada kartu ATM yang sudah keluar akhirnya tidak lama berselang kartu tersebut masuk lagi tidak bisa diambil alias tertelan mesin.

Advertisement

Tips : Setelah selesai bertransaksi di ATM baik tarik tunai atau membayar sesuatu, ketika kartu sudah keluar segera ambil jangan biarkan terlalu lama jika tidak ingin tertelan.

Paniiik bagaimana tidak panik karena kartu masuk kembali kedalam mesin dan tidak bisa dikeluarkan, bahkan setelah saya tanya pada petugas yang sedang memperbaiki ATM dia bilang kalau kartu sudah ketelen ga bisa diambil mas, mending langsung telepon aja call center.

ATM Mandiri Tertelan Mesin, Jangan Panik Lakukan Hal Ini

Tanpa pikir panjang lagi saya segera menelepon call center Mandiri 24 jam di nomor 14000 dari HP. Setelah tersambung kemudian saya jelaskan kejadiannya kemudian petugas tersebut menanyakan beberapa hal seperti nomor rekening Mandiri, alamat sesuai rekening tabungan, serta nama ibu kandung.

Singkat kata, saya meminta agar kartu ATM diblokir kemudian setelah menunggu beberapa saat petugas menginformasikan bahwa permintaan pemblokiran sudah selesai dan selanjutnya harus datang ke kantor cabang untuk membuat kartu ATM baru karena yang lama sudah tidak bisa digunakan.

Tips : Sebelum Menghubungi Call Center Mandiri Persiapkan Beberapa Hal Berikut:

  1. Nomor rekening mandiri karena akan ditanyakan petugas.
  2. Pulsa yang cukup jika menelepon dari HP karena biayanya lumayan menguras pulsa 🙂 . Tarif percakapan ke Mandiri call dari HP bervariasi mulai dari 260 – 1,800 per menit flat tergantung operator seluler yang kita pakai. Untuk kartu hallo Rp.1,200, Simpati Rp.1,800, Indosat dan XL Rp.1,700. Baca juga : cara bayar kartu kredit bank mega lewat ATM Mandiri.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Kartu ATM Tertelan Mesin?
Jangan panik, tetapi segera lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya.

  1. Segera telepon ke Call Center Bank dan minta kartu diblokir.
  2. Setelah pemblokiran selesai, segera datang ke kantor cabang terdekat untuk membuat yang baru. Persiapkan  Buku Tabungan dan KTP Asli.

Cara Mengganti ATM Yang Tertelan Mesin
Berikut adalah pengalaman saya ketika meminta kartu ATM baru sebagai pengganti kartu lama yang sudah tertelan mesin.

  1. Datang ke kantor cabang Mandiri, lalu ambil nomor antrian. Jika tidak tahu harus kebagian mana tanya petugas security yang ada disitu.
  2. Setelah dipanggil beritahu ingin membuat ATM baru karena tertelan, beritahukan juga kartu tersebut sudah diblokir.
  3. Selanjutnya petugas akan melakukan beberapa pengecekan serta meminta buku tabungan plus KTP asli.
  4. Setelah pengecekan selesai kita akan diminta menandatangani formulir dan diminta membayar biaya materai sebesar 6.000.
  5. Setelah semua proses selesai kita akan diberi kartu baru, selesai.

Mudah bukan? tidak ada biaya macam-macam kecuali biaya materai. Jangan lupa tanyakan kapan kartu bisa digunakan dan segera ganti PIN dengan yang baru.

Tanya Jawab

#1 – Setelah Minta ATM Diblokir Apa Yang Akan Terjadi?
Yang akan terjadi kartu tersebut tidak bisa digunakan dan harus membuat yang baru, tetapi kamu masih bisa melakukan transaksi lain selain menggunakan ATM misa lewat SMS Banking maupun Internet Banking.

#2 – Jika Kejadiannya Diluar Kota (Berbeda Tempat Dengan Saat Membuka Rekening) Apakah Bisa Minta Kartu Baru?
Saya kurang tahu seperti apa peraturan bank saat mengurus ATM, tetapi dari pengalaman saya sepertinya tidak masalah dikota mana saja kita urus selama membawa buku tabungan serta KTP.

Karena seperti yang saya alami, kejadiannya diluar kota (berbeda) dengan saat membuka rekening dan tidak ada kendala.

Begitu juga dengan BRI saat saya mengurus kartu ATM baru di beda provinsi tidak ada masalah alias bisa selama kita menunjukan buku tabungan dan KTP.

Entah kalau kita tidak membawa buku tabungan sepertinya akan sulit.

#3 – Apakah Saat Mengurus Diminta Surat Kehilangan Dari Kepolisian?
Pengalaman saya tidak karena kartu tertelan bukan hilang, mungkin akan berbeda jika kejadiannya karena hilang.

#4 – Apakah Kartu ATM Lama Bisa Digunakan Lagi?
Tidak, karena sesuai dengan keterangan petugas yang sedang memperbaiki ATM dia bilang kalau sudah tertelan tidak bisa diambil lagi jadi otomatis tidak bisa digunakan.

Ribet yah? bukan ribet tetapi mungkin ini untuk kemanan nasabah jadi ya terima saja 🙂

Itulah sedikit pengalaman ketika kartu ATM ditelan mesin, jangan panik tetapi segera telepon CS bank masing-masing selanjutnya segera urus ke kantor cabang untuk minta kartu pengganti dengan membawa buku tabungan serta KTP asli.

Punya pengalaman berbeda? silahkan share disini siapa tahu bisa menjadi pembelajaran untuk teman-teman yang lain.

Advertisement