Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Beberapa Kemungkinan Mengantuk Ketika Mengendarai Motor

Pernahkah kalian mengantuk ketika mengendarai motor? kalau MangCara pernah dua kali waktu melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Sebenarnya ngantuk merupakan sesuatu yang alamiah namun apabila sedang berkendara jelas bisa membahayakan.

Naik motor sering ngantuk berdasarkan pengalaman MangCara yaitu ketika menemui jalan panjang dan lurus contohnya sekitar Cianjur sampai dengan Ciranjang. Atau bisa juga ketika perjalanan dilakukan saat cuaca sedang panas yang membuat mata cepat lelah terkenan sinar matahari.

Advertisement

Dibawah ada penyebab mengendarai motor mengantuk sehingga teman semua dapat mengantispasi untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan di jalan raya.

Alasan Kenapa Mengantuk Ketika Mengendarai Motor

Beberapa Kemungkinan Mengantuk Ketika Mengendarai Motor

1. Pola Tidur Yang Salah

Pola tidur salah seperti begadang di malam hari tentu akan membuat mengantuk bahkan ketika sedang tidak berkendara sekalipun. Untuk itu sebaiknya hindari hal tersebut apalagi ingin mengendari sepeda motor/mobil terutama akan melakukan perjalanan jauh.

Namun ada juga orang yang memang tidak sengaja begadang melainkan mengalami insomnia dan narkolepsi, sehingga sebelum berangkat sebaiknya tidur terlebih dahulu.

2. Suara Bising Yang Konstan

Menurut doktersehat.com Colin Lecher dari Popular Science memiliki teori bahwa mengantuk ketika di dalam mobil disebabkan karena suara bising yang konstan, kondisi ini dikenal dengan white noise efeknya suara tersebut malah menenangkan pikiran dan pada akhirnya timbulah ngantuk.

Tetapi menurut MangCara teori ini bukan saja berlaku bagi pengguna kendaraan roda empat, karena pengendara motor juga dapat mengalami fenomena ini. Terlebih bagi penumpang yang dibonceng biasanya lebih cepat mengantuk.

3. Jalan Lurus 

Seperti telah disebutkan diatas salah satu sebab kenapa bisa mengantuk pada saat mengendarai motor adalah keadaan jalan yang lurus dan panjang. Apalagi ketika berkendara siang hari dan matahari sedang terik biasanya rasa ngantuk akan menyerang.

Baca juga: mengatasi lampu rem belakang yang menyala terus

MangCara sempat dua kali mengalami ngantuk di jalan yang lurus bahkan sempat tertidur atau tidak sadar beberapa sepersekian detik dan tersadar ketika motor sudah berada dibahu jalan dan beruntung kondisi jalan provinsi tersebut lengang.

Selain ketiga alasan diatas bisa juga karena gangguan kesehatan misalnya penderita diabetes akan mengalami cepat lelah dan mengantuk walaupun tidak sedang mengendari mobil/motor.

Kemudian ada juga kemungkinan pengaruh jenis motor yang digunakan walaupun hanya opini MangCara, beberapa kali MangCara mudik menggunakan motor matic dan motor bebek ke Bandung rasanya lebih cepat lelah dibanding dengan motor sport.

Sugestinya motor matic hanya memainkan gas dan remk saja sehingga terasa monoton, sementara motor sport selain gas harus menarik dan melepas kopling dengan benar. (hanya pendapat saya pribadi).

Cara mengatasi mengantuk ketika mengendarai motor adalah beristirahat beberapa waktu bisa di warung yang ada di tepi jalan. Disamping itu bisa dengan berolahraga kecil dengan menggerakan anggota badan seperti kaki, tangan dan leher untuk melancarkan peredaran darah

Foto: https://pixabay.com/photos/traffic-road-vehicle-bike-4092631/

Advertisement

Leave a Reply