Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Begini Cara Daftar Jadi Agen Pos Indonesia

Banyak masyarakat yang antusias ingin daftar jadi agen Pos karena melihat perkembangan online shop yang kian menjamur di Indonesia. Tentu saja yang namanya toko online membutuhkan jasa pengiriman untuk mengirimkan produk ke konsumen.

Membuka agen Pos bisa menjadi peluang usaha baru disaat sulitnya mendapat pekerjaan, dibanding jenis usaha yang sama keuntungan menjadi agen Pos adalah tidak perlu memerlukan promosi besar besaran karena masyarakat sudah tahu mengenai PT.POS Indonesia yang merupakan tempat mengirim dokumen dan paket.

Advertisement

Bagi yang tertarik untuk mendaftar atau membuka gerai Pos dibawah ada persyaratan sehingga sebelum melangkah dapat melakukan persiapan terlebih dahulu persyaratan administrasi.

Syarat Daftar Jadi Agen Pos Indonesia

 

Begini Cara Daftar Jadi Agen Pos Indonesia

Syarat Administrasi Untuk Badan Usaha

  1. Melampirkan Surat Keterangan Domisili Usaha.
  2. Melampirkan SIUP
  3. Harus memiliki NPWP
  4. Akta Pendirian
  5. Tanda Daftar Perusahaan
  6. Denah Calon Lokasi
  7. Identitas Diri Pimpinan.
  8. Keterangan Status Lokasi Dengan Denah dan Izin Lingkungan

Syarat Administasi Pemohon Perorangan

  1. Melampirkan Identitas Diri
  2. Memiliki NPWP
  3. Keterangan Status Lokasi Dengan Denah dan Izin Lingkungan

Langkah Jadi Agen Pos

  1. Pemohon mengajukan formulir pendaftaran dengan melampirkan persyaratan administrasi ke kantor Pos besar terdekat dikota Anda.
  2. Pihak Pos melakukan survey lokasi, kelengkapan kerja dan potensi (Tempat usaha minimal berukuran 3 x 2 m persegi, Seperangkat Komputer lengkap, printer Epson LX-300).
  3. Setelah itu akan ada penerbitan hasil survey berupa surat persetujuan atau penolakan pendirian Agenpos.
  4. Jika diterima akan dilanjutkan dengan pelatihan dan persiapan pengoperasian Agenpos.
  5. Kemudian proses penandatanganan perjanjian kerjasama.
  6. Penerbitan Surat Izin Operasi resmi.
  7. Siap beroperasi.

Mengenai biaya menjadi agen Pos bisa ditanyakan langsung ke kantor Pos besar karena masih simpang siur ada yang mengatakan Rp.5.000.000 ada juga yang bilang Rp.10.000.000, atau adakah jaminan deposit seperti daftar menjadi agen Tiki.

Komisi agen pos dihitung berdasarkan transaksi per hari semakin banyak nilai transaksi maka akan mendapat fee yang banyak pula. Komisi antara 10% sampai dengan 20% (bisa berubah sesuai kebijakan Pos) sementara untuk jasa keuangan seperti pembayaran Listrik, PDAM, Telkom, cicilan leasing dll, agen mendapat Rp.700 sd Rp.800.

Untuk menaikan omset sebaiknya cari terlebih dahulu lokasi yang strategis, demikianlah informasi singkat mengenai bagaimana cara daftar agen Pos Indonesia, sekian terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisement
Latest Comments
  1. Himawan Sant August 25, 2018

Leave a Reply