Begini Cara Mengukur Kecepatan Internet Di Komputer

Mungkin kamu bingung kenapa tidak bisa mengunggah video, atau tidak bisa download video pasti hal tersebut membuat kamu kesal. Untuk itu coba cari solusi dengan mengukur kecepatan internet di komputer kamu.

Pentingnya mengukur kecepatan akses internet kamu dapat menentukan provider internet terbaik, ada beberapa provider untuk berinternet seperti Indosat (IM3 dan Mentari), Telkomsel (Kartu Halo,Simpati dan Kartu As),  Smartfren, XL dan Axis, 3 (tri).

Advertisement

Untuk mengukur kecepatan internet di komputer cukup mudah tinggal masuk ke situs yang bisa menguji  kecepatan  koneksi internet yang sudah populer sehingga hasilnya akurat, tentunya kamu bisa mencoba semua sebagai perbadingan.

Namun MangCara baru mencoba  Ookla Speedtest yang merupakan alat pengukur internet yang banyak digunakan untuk mengukur kecepatan internet Android dan telah diunduh sekitar 100 juta kali via Google Play.

Cara mengukur kecepatan internet dengan Ookla Speedtest

Untuk melakukan mengecek kecepatan internet ini admin memakai kartu im3 ooredoo 3Gb 3 bulan, mungkin hasil yang diperoleh kurang maksimal bisa saja terpengaruh jaringan yang ada saat uji coba sedang hujan.

1. Untuk yang menggunakan laptop, dekstop atau PC bisa langsung mengunjungi situs speedtest.net/id, sementara bagi pengguna Android bisa download di google play kemudian klik Mulai Test.
Begini Cara Mengukur Kecepatan Internet Di Komputer

2. Selanjutnya tampil menu seperti dibawah silahkan tunggu.

Begini Cara Mengukur Kecepatan Internet Di Komputer

3. Setelah itu ookla speedtest akan mulai bekerja untuk mengukur kecepatan internet, dimulai dari menghitung Ping, kecepatan unduh dan kecepatan unggah.

Begini Cara Mengukur Kecepatan Internet Di Komputer

4. Nah ini adalah hasil dari kecepatan internet online dengan menggunakan im3 ooredoo yaitu kecepatan ping 26, kecepatan unduh 7,40 Mbps dan kecepatan unggah sebesar 1,66 Mbps.

Begini Cara Mengukur Kecepatan Internet Di Komputer

Dari hasil tes download 7,4o Mega Byte per second atau Mbps menurut admin lumayanlah bisa untuk menonton video dengan lancar, serta bisa mengunggah foto ke media sosial facebook tanpa gangguan.

Grafik yang muncul di speedtest merupakan real-time yang menunjukkan konsistensi koneksi, hasil mengukur kecepatan internet di komputer bisa di share atau dibagikan melalui facebook dan twitter. Selamat mencoba dan menguji seberapa cepat koneksi internet di tempat kamu.

Advertisement