Belajar Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas Dan Bungkus Kopi

Sampah plastik membutuhkan waktu penguraian sekitar 200-400 tahun untuk dapat terurai pada tanah, karena itu sebaiknya sampah tersebut dibuat sesuatu yang bermanfaat. Sebagai contoh dibuat kerajinan dari botol bekas daripada dibuang yang akan mencemari lingkungan.

Memodifikasi sampah menjadi kerajinan sudah seharusnya dilakukan akibat dari lama sampah terurai. Tentu setelah dibuat kerajinan, sampah botol bekas aqua atau minuman lainnya akan memiliki nilai ekonomis karena tidak perlu membeli pot bunga atau hiasan.

Advertisement

Seperti yang dilakukan warga perumahan sekitar rumah admin yang membuat kerajinan dari botol bekas dalam bentuk pot tanaman. Pot dari bekas minuman tersebut posisinya digantung sehingga terlihat rapi atau dengan istilah vertical garden.

Cara pembuatan kerajinan tangan dari plastik botol bekas tidaklah sulit, karena di perumahan terdapat Bank Sampah sebagai tempat penampungan sampah organik dan non organik. Sehingga bahan baku botol aqua, sprite atau minuman lain cukup tersedia.

Cara Pembuatan Kerajinan Pot Bunga Dari Botol Bekas

Belajar Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas Dan Bungkus Kopi

 

Sebelum membuat kerajinan terlebih dahulu menyiapkan peralatan seperti:

  1. Botol bekas sebagai bahan pot.
  2. Solder, berfungsi untuk melubangi bagian atas pot agar lebih cepat dibanding menggunakan cutter.
  3. Kawat dibutuhkan sebagai tali pengikat ketika pot digantung.
  4. Pupuk penyubur, alasan memilih pupuk karena lebih ringan dibanding tanah.
  5. Cat untuk memberikan warna yang sama pada pot.

Langkah langkah pembuatan:

Belajar Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas Dan Bungkus Kopi

 

  1. Ambil bekas kemudian lubangi bagian atas dengan menggunakan solder secara memanjang untuk tempat menaruh bunga dan pupuk.
  2. Selanjutnya jangan lupa beri lubang kecil dikedua sisi botol bekas agar dapat diberik kawat untuk menggantungkan pot.
  3. Supaya pot bunga tampil cantik sebaiknya diberi warna sesuai selera dengan cat.
  4. Setelah cat kering masukan pupuk tanam, dan terakhir masukan bunga/tanaman.

Selain memanfaatkan botol bekas untuk kerajinan, warga juga membuat kerajinan dari bungkus kopi yang sudah tidak terpakai. Hasil kerajinan warga tersebut berupa tas cantik, untuk membuat bungkus kopi menjadi tas dibutuhkan kesabaran.

Belajar Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas Dan Bungkus Kopi

 

Arti kesabaran dalam membuat kerajinan dari cangkang kopi, karena harus menganyam dan menggabungkan bungkus demi bungkus sehingga menjadi tas sederhana namun unik karena menggunakan sampah palstik.

Itulah cara membuat kerajinan dari botol bekas selain dibuang sayang, dengan modifikasi kerajinan dari sampah plastik minimal dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah.

Advertisement
Latest Comments
  1. Didit Riadi September 2, 2016