Belanja Online Tidak Punya Kartu Kredit Pakai Saja Mandiri Debit Online (VBV)

Belanja online pakai kartu kredit memiliki kelebihan dibandingkan dengan menggunakan ATM atau transfer manual lewat bank karena biasanya tidak perlu melakukan proses konfirmasi pembayaran berupa mengirim bukti transfer.

Sebagai contoh dulu ketika belanja di lazada dan bayar via ATM ternyata setelah sukses transfer harus mengirim bukti pembayaran dan ini lumayan merepotkan, berbeda dengan pakai kartu kredit setelah pembayaran sukses kita hanya tinggal menunggu barang pesanan dikirim.

Advertisement

Masalahnya tidak semua orang memiliki kartu kredit atau ada juga pemiliki kartu kredit yang enggan menggunakan untuk belanja online dengan alasan kemananan misalnya, nah ternyata ada solusi mudah untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan Mandiri Debit Online (kartu ATM) dan aktifkan fitur Verified by Visa (VBV).

Bagi yang belum tahu mandiri debit vbv adalah sebuah layanan dari Bank Mandiri yang memungkinkan pemilik rekening mandiri untuk bisa melakukan pembayaran online seperti menggunakan kartu kredit tetapi pakai kartu ATM dengan catatan merchan/eCommerce tersebut sudah menggunakan transaksi 3D Secure/ Verified by Visa (VBV).

Cara Daftar atau Aktivasi Mandiri VBV

Untuk mengaktifkan mandiri vbv cukup datang ke kantor cabang terdekat dan beritahu CS kita ingin aktivasi vbv, setalah aktif maka kita bisa pakai untuk membayar online dibeberapa merchant yang sudah memiliki sertifikat dari VISA.

Beberapa merchant yang menerima Mandiri VBV diantaranya Air Asia, namun yang pernah saya coba pribadi baru Tokopedia serta blibli.com.

Selain untuk membayar secara online, Mandiri Debit online bisa juga digunakan untuk load balance Payoneer, Neteller tetapi sayang saat mencoba untuk membeli aplikasi di Play Store ternyata ditolak dengan pesan credit card invalid.

Cara Menggunakan Mandiri Debit Online VBV Untuk Belanja Online

Bagi yang belum tahu bagaimana cara pakai Mandiri VBV, sebetulnya tidak jauh berbeda saat kita akan membayar pakai kartu kredit.

Jadi saat akan membayar pilih metode visa/master card kemudian untuk nomor kartu kredit isi dengan nomor kartu ATM dan CVV lihat 3 angka terakhir yang ada dibelakang kartu ATM Mandiri kamu.

Untuk nama pemegang kartu isi dengan nama pemilik rekening Mandiri dan jangan lupa setiap akan bertransaksi siapkan ponsel dengan nomor yang sudah terdaftar di mandiri karena kita akan menerima OTP/Password/Kode otoriasasi yang harus dimasukan pada halaman transaksi 3D Secure/ Verified by Visa (VBV).

Pada intinya sangat mudah ko, apalagi bagi yang sudah terbiasa pakai kartu kredit buat belanja online.

Apakah Ada Biaya Tambahan Saat Transaksi?

Beberapa kali saya pakai untuk belanja online seperti di Tokopedia dan blibli tidak ada biaya tambahan apapun jadi saldo rekening tabungan berkurang sesuai dengan nominal belanja.

Jadi VBV Mandiri ini jelas bisa menjadi alternatif bagi yang tidak mempunyai kartu kredit tetapi hobi belanja online dan tidak ingin repot melakukan konfirmasi pembayaran secara manual setiap akan belanja.

Namun sekali lagi saya tegaskan belum semua tempat menerima pembayaran dengan debit mandiri online ini termasuk untuk verifikasi PayPal dan membeli aplikasi di Google Play Store masih belum bisa. Jika masih bingung atau ada yang kurang jelas kamu bisa tanya langsung ke CS Mandiri baik via telepon atau Twitter. Semoga bermanfaat.

Advertisement