Buka Rekening Mandiri Tanpa NPWP dan Telepon Kantor atau Rumah

Sudah lama ada niat membuka rekening Mandiri untuk istri tetapi setelah mencari info dibeberapa forum dan blog ada yang bilang buka tabungan Mandiri sekarang susah harus ada NPWP, telepon kantor atau rumah.

Nah lo terus bagaimana jika ibu rumah tangga yang tidak punya NPWP apalagi telepon kantor karena tidak bekerja. Karena penasaran akhirnya saya coba tanya tentang masalah ini ke pihak bank Mandiri melalui akun Twitter resmi mereka.

Advertisement

Ternyata jawabannya berbeda dengan yang biasa saya temukan di forum-forum, singkat kata untuk membuka rekening Mandiri tidak perlu NPWP kalau tidak punya dan untuk telepon kantor atau rumah bisa diganti dengan no telepon saudara/orang yang bisa dihubungi dan tidak serumah.

Syarat dan Cara Membuka Rekening Mandiri

Sudah jelas yah, diatas saya sudah sebutkan kalau ibu rumah tangga misalnya mau nabung di Mandiri dan tidak bekerja sehingga tidak mempunyai NPWP, Telp Kantor maupun rumah.

Syarat dan Cara Membuka Rekening Mandiri

Tidak perlu khawatir karena bisa diganti dengan KK atau kartu keluarga dan tadi pagi saya sudah membuktikan sendiri ketika mengantar istri membuka tabungan baru di bank Mandiri, dan berikut langkahnya.

#1 – Syarat-syarat

  • KTP + KK karena tidak ada NPWP
  • Setoran awal minimal 500.000

#2 – Cara Buka Tabungan Mandiri Baru

  1. Datang ke kantor cabang sesuai dengan domisili KTP, bawa KTP dan kartu keluarga (KK).
  2. Saat kita datang ke bank biasanya disambut security, beri tahu security yang sedang bertugas kita akan membuka tabungan baru agar dia bisa memberikan formulir untuk diisi serta nomor antrian.
  3. Setelah itu isi formulir tunggu mendapat giliran.
  4. Setelah dipanggil nanti petugas akan menjelaskan beberapa hal terutama pemilihan jenis ATM biru atau kuning, silahkan tanyakan apa bedanya. Namun menurut saya lebih hemat pakai yang biru putih dibanding yang kuning walau memang limit transfernya lebih sedikit. Jadi untuk pemilihan kartu ATM Mandiri silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Setelah selesai dan mendapat buku tabungan + ATM kita akan diminta melakukan setoran awal di kasir, dan pergilah ke kasir untuk setor tunai.
  6. Selesai.

Ko gampang banget? lah memang cuma begitu prosedurnya. Oh iya saat membuka rekening Mandiri kita juga bisa minta untuk langsung mengaktifkan SMS Banking.

Jika minta aktivasi SMS banking sebelum bisa menggunakan kita harus tunggu sms dulu yang isinya berupa PIN SMS Banking. Saya lupa berapa lama tetapi tidak sampai 1 jam sms sudah masuk dan SMS Banking Mandiri sudah bisa langsung digunakan.

Sayangnya ternyata saat membuka tabungan kita tidak bisa langsung atau sekaligus minta aktivasi internet banking juga karena harus tunggu sms banking aktif dulu, jadi untuk layanan internet banking akhirnya harus ditunda.

Itulah pengalaman mengantar istri membuka rekening Mandiri baru, pada tanggal 23 Februari 2016 tadi hanya bermodal KTP + KK akhirnya istri punya rekening sendiri.

Semoga informasi sederhana ini bisa bermanfaat terutama bagi sobat yang sedang mencari info syarat dan cara buka tabungan Mandiri tanpa npwp dan telepon kantor.

Oh iya sekalian menambahkan saat tadi ada kesempatan saya juga tanyakan mengenai tabungan rencana Mandiri dan ternyata benar kalau sudah jatuh tempo nanti saldonya akan dikreditkan otomatis ke rekening induk jadi tidak perlu menunggu setahun atau datang ke kantor cabang untuk mengambil uangnya karena akan otomatis masuk.

Kesimpulan, saya membuka tabungan Mandiri hanya bermodalkan setoran awal 500.000 plus KTP dan KK tanpa menggunakan (ditanya) nomor telepon rumah (fixed line) maupun kantor.

Advertisement