Cara Cepat Transfer File Dari Android Ke PC Lewat WiFi

Ada beberapa cara untuk transfer file dari Android ke PC seperti menggunakan kabel USB atau jika mau lebih cepat terutama saat akan mengirim file ukuran besar maka kamu bisa menggunakan WiFi.

Nah jika ingin memindahkan file dari HP Android ke PC atau sebaliknya maupun sesama Android lewat WiFi maka salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mempermudah prosesnya adalah Asus Share Link.

Advertisement

Aplikasi ini gratis untuk digunakan baik di ponsel Android, Tablet, maupun laptop. Mudah digunakan tanpa perlu banyak melakukan pengaturan, syaratnya kedua perangkat yang akan mengirim dan menerima file harus sudah terpasang Asus Share Link dan keduanya terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Langkah Persiapan

Sebelum kamu bisa melanjutkan langkah yang akan kami jelaskan pertama-tama pastikan pada HP Android maupun PC atau Laptop sudah terinstall aplikasi Asus Share Link dan untuk mengunduh kamu bisa ambil dari tautan berikut.

Catatan : Aplikasi ini sudah saya coba pada Windows 7 dan Windows 10 dan berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Cara Cepat Transfer File Dari Android Ke PC Lewat WiFi

Cara Cepat Transfer File Dari Android Ke PC Lewat WiFi

Setelah aplikasi terpasang pada kedua perangkat yang akan mengirim maupun menerima langkah selanjutnya adalah sebagai berikut.

  1. Hubungkan kedua perangkat ke jaringan Wifi yang sama jika dirumah tidak memiliki wifi router, kamu bisa buat salah satu HP menjadi hotspot kemudian hubungkan perangkat lain ke hotspot tersebut.
  2. Jalankan aplikasi Asus Share Link di Android dan PC.
  3. Untuk yang di PC pilih Receive.Cara Cepat Transfer File Dari Android Ke PC Lewat WiFi
  4. Pastikan pada aplikasi yang berjalan di PC sudah muncul Waiting to Receive seperti gambar berikut.Cara Cepat Transfer File Dari Android Ke PC Lewat WiFi
  5. Selanjutnya di HP Android pilih Send file. Kemudian silahkan pilih file mana saja yang ingin dicopy ke komputet (bisa foto, gambar, musik, video maupun apk).
  6. Setelah terpilih kemudian tap Share selected files(s).Cara Cepat Transfer File Dari Android Ke PC Lewat WiFi
  7. Langkah selanjutnya, tap Send lalu tap lagi perangkat target yang muncul lalu tunggu sampai proses berjalan.Cara Cepat Transfer File Dari Android Ke PC Lewat WiFi

Itulah sedikit panduan cara copy atau transfer file dalam format apapun dari komputer ke Android atau sebaliknya maupun sesama HP Android lewat WiFi tanpa perlu lagi kabel usb.

Cara diatas memiliki kelebihan yaitu proses transfer jauh lebih cepat dibandingkan jika kita pilih lewat bluetooth atau kabel usb.

Bagaimana Jika Kirim Sesama Android?

Caranya hampir sama dengan diatas bedanya hanya pada tampilan saja, jadi di HP target kamu pilih Receive File terlebih dahulu setelah itu di HP yang akan mengirim kamu pilih Send File.

Keduanya sama-sama harus terhubung ke jaringan wifi yang sama, jika transfer sesama Android kamu bisa buat dulu Hotspot di salah satu HP kemudian HP penerima hubungkan ke hotspot tersebut, tanpa perlu koneksi internet atau data.

Jadi jika kamu takut kuota terkuras, bisa nonaktifkan dulu data saat akan melukakan transfer file dengan cara diatas. Tidak hanya file, tetapi kita juga bisa kirim satu folder sekaligus.

Apakah Membutuhkan Koneksi Internet?

Tidak, syarat utamanya hanya terhubung ke jaringan wifi yang sama tanpa membutuhkan koneksi internet sama sekali jadi kamu tidak perlu khawatir akan menghabiskan kuota saat melakukan transfer file ukuran besar.

Sebagai bukti Asus Share Link tidak membutuhkan koneksi internet untuk mengirim atau menerima file lewat wifi silahkan lihat gambar dibawah.

Apakah Membutuhkan Koneksi Internet

Pada gambar diatas terlihat laptop saya terhubung ke Hotspot dari HP Android dan paket data dimatikan, terlihat pada nama SSID yang sedang terhubung ada tulisan No Internet access.

Kesimpulan

  1. Aplikasi Asus Share Link dapat digunakan untuk transfer data atau file dari komputer ke Android maupu sesama HP Android dengan syarat terhubung ke jaringan wifi yang sama.
  2. Jika dirumah kamu tidak memiliki wifi router maka bisa mengubah HP Android menjadi hotspot dan nonaktifkan dulu datanya agar tidak terpakai kuotanya.
  3. Untuk versi PC aplikasi ini membutuhkan Net Framework 4.

Seperti terlihat pada langkah diatas, cukup mudah bukan? jadi jika kita bisa kirim file, foto, gambar, video, musik mp3 dengan cepat lewat wifi secara gratis tanpa perlu membeli aplikasi atau menggunakan koneksi internet kenapa masih mengandalkan cara lama yaitu lewat bluetooth atau kabel usb.

Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kekurangan atau salah penulisan. Jika masih kurang jelas silahkan tanyakan.

Advertisement
Latest Comments
  1. Andisuwandi March 23, 2016
    • Mang Cara March 23, 2016
  2. Ayu Citraningtias February 11, 2016
    • Mang Cara February 11, 2016