Cara Daftar BPJS Online Keluarga Dengan Mudah

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang diluncurkan sejak 1 Januari 2014 membuat antusias masyarakat yang ingin mendaftar BPJS sehingga membuat antrian panjang kantor BPJS setiap hari.

BPJS terbagi dua macam yaitu BPJS ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan guna mendorong seluruh warga negara memiliki BPJS, pemerintah membuka daftar BPJS online sehingga tahun 2019 seluruh warga negara Indonesia memiliki kartu BPJS.

Advertisement

Cara daftar bpjs online kurang lebih sama dengan daftar secara offline bisa untuk perorangan atau keluarga, selain itu pemohon harus mempersiapkan berkas yang diperlukan yaitu:

  • Kartu Keluarga (KK) yang digunakan adalah nomor KK untuk mengisi form pendaftaran bpjs
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengisi data pribadi lainnya
  • NPWP (jika ada) bisa juga tidak memakai NPWP
  • Nomor rekening Bank yang digunakan untuk melakukan iuran bulan BPJS
  • Nomor telpon/ handphone
  • Alamat email untuk verifikasi pendaftaran
  • Foto close up dengan ukuran maksimal file 50 kb

 Cara daftar bpjs online dengan mudah

Kali ini admin pendaftaran bpjs online keluarga sebanarnya caranya sama saja dengan daftar untuk perorangan, bagi yang belum tahu boleh menyimak cara dibawah ini.

1. Silahkan masuk ke website resmi bpjs http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/,  centang kotak persetujuan kemudian klik Pendaftaran.

Cara Daftar BPJS Online Keluarga Dengan Mudah

2. Pilih pekerja bukan penerima upah > masukan nomor induk kartu keluarga > isi huruf yang terlihat > centang pernyataan mendaftar > klik inquery kartu keluarga.

Cara Daftar BPJS Online Keluarga Dengan Mudah

3. Jika sesuai akan muncul nama seluruh anggota keluarga kemudian klik proses selanjutnya.,  Jika memiliki anggota keluarga banyak dan tidak ingin mendaftarkan seluruh keluarga yang terdaftar dalam kartu keluarga silahkan centang pada kotak paling kiri maka sistem akan menolak.

Cara Daftar BPJS Online Keluarga Dengan Mudah

4. Selanjutnya akan tampil data diri kepala keluarga secara otomatis tinggal lengkapi no handphone > alamat > kecamatan dan desa wajib diisi dengan cara klik pencarian seperti pada gambar dibawah, nanti tinggal masukan dari mulai Provinsi, Kota/Kabupaten, Desa pemohon.

Cara Daftar BPJS Online Keluarga Dengan Mudah

5. Isi alamat surat menyurat, jika ingin alamat sesuai dengan ktp centang kotak alamat yang digunakan sama dengan ktp atau bisa juga kirim ke alamat lain, tinggal klik kotak pencarian seperti gambar dibawah.

Cara Daftar BPJS Online Keluarga Dengan Mudah

6. Setelah itu cari faskes tingkat pertama yang dekat dengan tempat tinggal, caranya dengan klik pencarian dan nanti akan muncul seluruh faskes yang ada di kota pemohon.

Cara Daftar BPJS Online Keluarga Dengan Mudah

7. Berikutnya seluruh anggota keluarga (Kepala keluarga, istri dan anak)  harus upload foto dengan ukuran maksimal 50 kb atau sekitar 450×450 px, sebagai salah satu persyaratan bpjs dan klik proses selanjutnya.

Cara Daftar BPJS Online Keluarga Dengan Mudah

8. Setelah proses unggah foto akan muncul seluruh foto anggota keluarga yang didaftarkan, kelas perawatan, nomor rekening Bank BNI, Mandiri, BRI (pilih salah satu), setelah itu akan dikirim konfirmasi ke alamat email pemohon.

9. Silahkan cek email kamu, untuk melakukan aktivasi dan pembayaran nomor Virtual Account (VA) dan cetak e-ID setelahnya.

10. Bayarlah iuran pertama di teller atau atm Bank Mandiri, BNI, BRI berdasarkan nomor yang tertera di virtual account number.

11. Terakhir ambilah kartu peserta dikantor BPJS terdekat dengan membawa bukti pembayaran, kartu tanda penduduk (KTP), surat nikah, foto ukuran 3 x 4 dan formulir pendaftaran yang telah di print.

Berapa iuran BPJS per bulan?

Kelas 1 per orang = Rp 59.500 per bulan
Kelas 2 per orang = Rp 42.500 per bulan
Kelas 3 per orang = Rp 25.500 per bulan

Apakah orang tidak yang tidak mampu boleh ikut PBJS?

Dengan melihat iuran bpjs setiap bulan mungkin masyarakat yang tidak mampu akan kesulitan, namun  ternyata pemerintah akan mengelompokan mereka kedalam Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang akan ditanggung oleh pemerintah.

Nah demikian uraian singkat bagaimana cara daftar BPJS online untuk keluarga, selain bpjs ada juga asuransi lain. Semoga bermanfaat dan selalu jagalah kesehatan kamu karena sehat itu sesuatu yang berharga,

Advertisement