Cara Install Ulang Google Play Store Yang Terhapus

Beberapa waktu lalu tiba-tiba icon Google Play Store di HP Android saya menghilang dan usut punya usut ternyata tidak sengaja terhapus oleh keponakan saya yang masih kecil.

Setelah aplikasi Google Play Store hilang tentu saya akan kesulitan saat akan install atau update aplikasi yang terpasang, jika kamu mengalami hal serupa tidak perlu panik karena kita bisa lakukan pemasangan ulang dengan beberapa cara.

Advertisement

Namun sebelum kita dapat melakukan install ulang Google Play Store melalui file APK, pastikan dulu kamu sudah mengubah pengaturan di HP Android agar bisa install langsung aplikasi selain dari Play Store yang caranya adalah sebagai berikut.

Cara Install Ulang Google Play Store Yang Terhapus

Buka pengaturan (Settings) lalu pilih tab GeneralSecurity dan centang Unknown sources

Jika langkah diatas sudah dilakukan silahkan lanjutkan membaca langkah berikutnya yaitu install aplikasi Google Play Store dari file APK.

Cara Install Ulang Google Play Store Yang Terhapus

1 – Buka mobile browser favorit kamu kemudian download file apk Google Play Store melalui apkmirror.com, silahkan pilih versi yang kamu inginkan karena disana ada banyak versi tersedia namun saran saya gunakanlah yang terbaru selain itu pastikan kamu membaca keterangan file tersebut terutama bagian Minimum Android version, agar yakin versi tersebut kompatibel dengan OS Android yang kita gunakan. Lihat gambar berikut ini.

Download file apk Google Play Store

Catatan : scroll kebawah untuk menemukan tombol Download.

2 – Setelah selesai download selanjutnya buka file apk tersebut, kemudian pilih Install dan tunggu sampai proses selesai, seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Cara Install Ulang Google Play Store Yang Terhapus

Selain dengan cara download sebetulnya kita juga bisa mendapatkan file apk dengan cara mengambil dari HP Android lain menggunakan aplikasi untuk kirim file apk seperti superbeam, shareit, asus share link dan masih banyak lagi.

Itulah salah satu cara untuk mengatasi aplikasi Google Play Store hilang karena terhapus di HP Android yaitu dengan install ulang yang dapat dilakukan dengan mudah seperti saya jelaskan diatas, semoga bermanfaat dan jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan.

Advertisement