Cara Membuat Akun Email Gmail di HP Android

Ketika kita membeli sebuah HP Android baru maka untuk bisa mengakses Google Play Store akan diperlukan akun Google, nah jika kamu belum tahu bagaimana cara membuat akun email baru di Android silahkan ikuti langkah dibawah ini.

Sebelum lanjut, perlu diketahui bahwa setelah kita memiliki akun Google maka kita bisa menggunakannya untuk mengakses berbagai produk yang dimiliki oleh Google seperti email (Gmail), Google Plus, Blogger, Google Play Store dan lainnya.

Advertisement

2 Cara Untuk Membuat Akun Gmail Baru di HP Android

Untuk membuat akun Gmail di Android dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui web dengan mengisi form yang sama seperti saat daftar melalui PC atau langsung dengan menambahkan akun Google dari pengaturan di Android, dan pada kesempatan kali ini saya akan bahas keduanya.

Cara Pertama : Melalui Halaman Web Gmail

Proses ini sama saja dengan saat akan daftar dari komputer, yaitu kita akan membuka halaman gmail.com dari Android dan berikur langkahnya.

  1. Pertama-tama buka tautan ini https://www.gmail.com dari ponsel kamu lalu pilih Create Account.
  2. Selanjutnya isi formulir yang disediakan dengan nama depan, belakang, username (ID Gmail) yang kita inginkan, password, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor HP aktif, isi kode captcha yang terlihat lalu pilih Continue.
  3. Kemudian kita akan diminta melakukan verifikasi menggunakan no telepon yang didaftarkan, dengan metode SMS atau Call silahkan pilih salah satu, namun yang paling mudah adalah melalui SMS.
  4. Setelah kode verifikasi didapatkan, masukan kode tersebut lalu pilih Continue.2 Cara Untuk Membuat Akun Gmail Baru di HP Android
  5. Terakhir, pilih Continue to Gmail, selesai.

Salah satu kekurangan cara pertama ini adalah kita harus menggunakan nomor HP aktif karena ada proses verifikasi via SMS.


Cara Kedua : Melalui Menu Setting, Tambah Akun atau Dari Aplikasi Gmail di Android

Untuk yang kedua bisa kita lakukan dengan cara mengakses menu pengaturan – umum – akun lalu pilih Tambah akun kemudian pilih Google lalu pilih New / Baru.

Bisa juga langsung dari aplikasi Gmail Android, dengan cara jalankan lalu pilih Add an email address – Google – New seperti tampak pada gambar berikut.

Add an email address

Silahkan pilih salah satu dari dua cara diatas, kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Isi nama depan dan belakang – Next
  2. Lalu ketik username atau alamat email yang kita inginkan – Next.
  3. Buat kata sandi yang akan digunakan setiap kali kita akan log in – Next.2 Cara Untuk Membuat Akun Gmail Baru di HP Android
  4. Selanjutnya akan muncul opsi untuk recovery atau pemulihan. Jika ingin dilewati pilih Next sedangkan jika ingin diisi maka pilih Set up recovery options kemudian masukan no HP atau alamat email pemulihan – Next.Set up recovery options
  5. Selanjutnya akan muncul opsi untuk backup, pilih Next lalu pada halaman TOS pilih I accept – Next.
  6. Proses selanjutnya Google akan menyimpan data-data yang telah kita masukan, tunggu kemudian masukan kode captcha yang terlihat – Next
  7. Terakhir adalah proses set up payment info, kamu bisa skip atau pilih mengaktifkan billing maupun menambahkan kartu kredit. Selesai.

Jika kamu memilih cara kedua ini maka tidak akan memerlukan proses verifikasi lewat SMS, namun sebaiknya jika akun tersebut penting maka segera lakukan verifikasi menggunakan nomor HP aktif yang bisa dilakukan dengan cara log in ke akun Google dari web browser kemudian pilih My Account – Sign-in & security – Account recovery options.

Tips : Saat daftar akun Gmail baru sebaiknya gunakanlah data yang benar terutama nomor HP , hal ini akan berguna ketika kita lupa sandi Gmail di HP Android atau saat tidak bisa log in karena salah satu cara untuk memulihkan akun Gmail yang lupa password adalah dengan melakukan reset sandi lewat SMS yang akan dikirim ke no tersebut.

Tanya Jawab:

Setelah kita membuat akun Google bisakah mengganti nomor HP?
Bagi kamu yang sering ganti no HP tidak perlu khawatir karena nomor telepon yang terdaftar di akun tersebut bisa kita ubah kapan saja dengan catatan no pengganti haruslah aktif karena saat mengubah nomor HP akan ada proses verifikasi yang dikirim via sms, baca panduannya disini.

Jika Lupa Sandi Bagaimana Solusinya?
Baik Google, Yahoo maupun penyedia layanan email gratis lainnya tentu memberikan opsi atau solusi saat kita lupa password dengan menyediakan bantuan untuk reset melalui no HP maupun email pemulihan atau recovery.

Itulah kenapa diatas saya sebutkan bahwa saat membuat akun Google baru, sangat penting bagi kita untuk menggunakan nomor telepon yang aktif dan ketika ganti atau no tersebut hilang segera update nomor pemulihan kamu dengan yang baru agar saat lupa password Gmail kita tidak akan kesulitan untuk setel ulang sandi dengan yang baru.

Itulah sedikit informasi dan panduan untuk daftar akun email Gmail baru dan seperti terlihat pada langkah diatas, untuk membuat akun Google atau Gmail baru di HP Android sangatlah mudah, dan setelah memiliki akun maka kita bisa menggunakannya untuk mengirim dan menerima email baik di Android dengan tambahan aplikasi Gmail atau melalui PC dengan cara sign in langsung via web.

Advertisement