Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Panasonic 2 Tabung Yang Benar

Sebelum adanya mesin cuci kita menggunakan papan penggilas yang terbuat dari kayu atau karet. Tetapi sekarang terutama di perkotaan masyarakat memilih membersihkan pakaian dengan mesin cuci karena lebih praktis dan tentunya mengurangi rasa lelah.

Pada kesempatan ini MangCara ingin berbagi informasi cara mencuci dengan mesin cuci Panasonic 2 tabung yang benar. Mungkin saja ada yang baru membeli mesin cuci namun belum mengetahui bagaimana dalam pengunaanya karena tidak sempat membaca buku panduan.

Advertisement

Sekarang muncul mesin cuci generasi baru dengan 1 tabung (single tub) dimana hanya ada satu tabung yang berfungsi untuk mencuci sekaligus mengeringkan pakaian. Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung (twin tub) yang memiliki dua tabung terpisah pencuci dan pengering.

Saat ini mesin cuci dengan 2 tabung masih menjadi pilihan karena harganya lebih murah kemudian lebih awet dibanding dengan 1 tabung. Baiklah langsung saja bagi yang belum cara menggunakan mesin cuci Panasonic atau merk lain dapat melihat tutorialnya dibawah.

Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Panasonic 2 Tabung Yang Benar

1. Sambungkan selang atau bisa juga dengan menggunakan gayung untuk mengisi air secukupnya ke dalam tabung pencucian. Kemudian silahkan masukkan pakaian kedalam tabung silahkan sesuaikan dengan kemampuan mesin cuci misalnya MangCara menggunakan mesin cuci Panasonic 7 kg.

Supaya bersih masukkan deterjen secukupnya berdasarkan petunjuk penggunaaan pada bungkus deterjen (biasanya sesuai dengan debit air). Karena jika terlalu banyak akan meninggalkan busa berlebih sehingga membuat pakaian tampak kusam.

Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Panasonic 2 Tabung Yang Benar

2. Selanjutnya tentukan pengaturan mesin cuci pada bagian kiri ada wash timer yang berfungsi untuk mengatur berapa menit lama mencuci mulain dari 5 dampai dengan 35 menit.

Pada knop kedua pengaturan kekuatan mesi ketika mencuci yaitu Soft untuk pakaian atau kain yang berbahan halus seperti sutera atau katun. Sementara pengaturan Regular berguna untuk mencuci pakaian atau celana berbahan kasar seperti jeans.

baca juga: cara memperbaiki kompor Rinnai

Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Panasonic 2 Tabung Yang Benar

3. Jika sudah selesai mencuci silahkan air dibuang dengan memutar knop ke posisi Drain, kemudian isi kembali air untuk membilas pakaian di mesin cuci. Dan pindahkan ke bagian sebelah kanan yaitu tabung pengering setelah selesai dibilas.

Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Panasonic 2 Tabung Yang Benar

Terakhir ambil pakaian dari tabung pengering kemudian jemur di sinar matahari agar mendapatkan hasil maksimal, Setelah selesai jangan lupa untuk membersihkan mesin cuci agar tahan lama/awet atau lakukan perawatan seperti dibawah.

Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung Agar Awet

Membersihkan sisa deterjen

Jangan lupa untuk membersihkan sisa sisa deterjen dengan mengguyur tabung cuci dengan air mengalir, karena residu deterjen akan membuat mesin cuci berkarat apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Sebaiknya pakaian langsung diambil Setelah selesai mencuci

Karena mesin cuci sangat membantu dan bisa mengerjakan pekerjaan lain sambil menunggu selesai mencuci pakaian, sehingga lupa untuk mengambil pakaian di dalam mesin yang menyebabkan tumbuhnya jamur dan membuat pakaian berbau. Selain itu dikwatirkan membuat komponen mesin cuci.

Bersihkan kantung filter secara berkala

Pada tabung cuci terdapat kantung filter yang terbuat dari kain halus seperti kelambu biasanya kotoran dari baju akan menempel pada filter tersebut. Untuk itu setiap 1 bulan sekali (tergantung seberapa sering mesin digunakan atau ketika saringan telah berubah warna) dengan tujuan supaya tidak menjadi sarang penyakit.

Cara membersihkanya cukup dilepas kemudian beri sabun dan bilas dengan air lakukan berulang ulang sampai benar benar bersih kemudian dijemur sampai kering baru dipasang kembali.

Jangan langsung menutup mesin cuci setelah mencuci selesai

Karena dengan langsung menutup mesin cuci setelah selesai akan mengundang jamur untuk tumbuh dan berkembang biak karena bagian dalam mesin masih lembab. Tunggu sampai tabung kering dan air menguap untuk ditutup.

Pastikan saluran buangan air kering

Biasanya kita langsung melipat selang saluran tempat keluarnya buangan air tanpa memperhatikan sudah kering atau belum yang tentunya mesin cuci tidak akan tahan lama.

Selain itu bersihkan area mesin cuci supaya tikus tidak datang karena mesin cuci yang tidak terawat sering digunakan hewan pengerat untuk bersarang. Tidak jarang bagian kelistrikan berupa kabel digigit tikus sehingga mesin cuci rusak.

Demikianlah cara mencuci dengan mesin cuci Panasonic 2 tabung yang benar dan sekali lagi tidak hanya Panasonic dan dapat diterapkan pada merk Sanken, Sanyo, Polytron dan masih banyak lagi, karena perinsip kerjanya sama saja.

Advertisement

Leave a Reply