Cara Mengatasi Gas Tidak Mau Naik Paling Cepat

Karena akan ditinggal mudik lebaran Mangcara memutuskan untuk mencopot regulator dari tabung gas elpiji (LPG) 3kg. Tidak lain demi keamanan karena jika tidak seperti pengalaman beberapa waktu lalu kabel regulator digigit tikus sehingga menyebabkan gas keluar terus dikwatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tetapi ketika kembali ke rumah kemudian kompor gas Rinnai tidak bisa menyala padahal sudah tersambung dengan tabung gas. Setelah mengecek pemantik kompor dalam keadaan baik, kemudian tungku dan burner juga tidak bermasalah.

Advertisement

Ternyata masalahnya gas tidak mau keluar dengan indikasi tidak ada bau khas elpiji yang menyengat. Karena Mangcara tidak bisa servis kompor gas akhirnya googling cara mengatasi gas tidak mau naik. Bagi yang mengalami kompor gas tidak menyala padahal gas penuh silahkan membaca artikel ini sampai selesai.

Cara Mengatasi Gas Tidak Mau Naik

Cara Mengatasi Gas Tidak Mau Naik Paling Cepat

  1. Lepas regulator dari tabung kemudian digoyang goyang sehingga gotri regulator berbunyi seperti bunyi cat semprot dengan tujuan , kemudian pasang kembali lalu kompor dinyalakan.
  2. Apabila cara pertama kompor masih pukul berapa kali ujung regulator (gambar diatas diberi panah) dalam keadaan tersambung dengan tabung gas. Kalau Mangcara ketika itu menggunakan gagang obeng untuk memukul sebanyak 3 kali, dan akhirnya kompor gas merk Rinnai menyala.

baca juga: pengalaman ngoprek kompor gas tidak mau nyala sebelah

Yang perlu diperhatikan  ketika mulai menyalakan harus perlahan memutar knop kompor dengan tujuan memberi waktu untuk gas mengalir kemudian lakukan ketika akan menyalakan kompor seperti biasa. Tetapi apabila gas belum juga naik periksa seal atau karet pada tabung apakah sudah terpasang dengan benar.

Selain itu ada yang mengatakan gas LPG tidak naik karena membeku sehingga tabung gas harus digoyang goyang. Namun sebaiknya jangan dilakukan apalagi selang regulator masih menempel, lebih baik baik fokus mengecek regulator, seal atau kompor gas itu sendiri karena sudah jelas tabung gas masih penuh.

Demikianlah pengalaman Mangcara mengenai cara mengatasi gas tidak mau naik dengan cepat, semoga bermanfaat dan selamat memasak kembali.

Advertisement

Leave a Reply