Cara Mengganti Name Server (DNS) di Namecheap Terbaru

Mangcara.com – Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman cara mengganti DNS atau name server di namecheap terbaru sehingga dapat terhubung ke web hosting yang kita gunakan.

Namechaep adalah domain registrar favorit kedua setelah namesilo.com, karena sudah lama tidak pernah log in ternyata saya baru menyadari namecheap telah melakukan perubahan tampilan termasuk saat kita akan mengubah nameserver pun menjadi berbeda dibandingkan sebelumnya.

Advertisement

Cara Mengganti Name Server (DNS) di Namecheap Terbaru

Walaupun mudah tetapi bagi yang baru menggunakan namecheap atau belum pernah melakukan perubahan DNS sama sekali mungkin akan sedikit membingungkan, seperti yang dialami oleh seorang teman blogger yang kebingungan saat akan pindah hosting dan harus mengubah nameserver, nah jika kamu belum tahu caranya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka halaman namecheap.com lalu log in dengan akun kamu.
  2. Setelah masuk dihalaman utama akan terlihat nama domain yang kita miliki disana, dan untuk mengubahnya pilih Manage.Cara Mengganti Name Server (DNS) di Namecheap Terbaru
  3. Kemudian pilih Advanced DNS, kemudian pilih Edit.Cara Mengganti Name Server (DNS) di Namecheap Terbaru
  4. Terkahir, pastikan kamu pilih custom lalu isi name server yang sesuai dengan yang kamu miliki dari web hosting dan untuk menyimpan perubahan pilih Save Changes, selesai.Save Changes

Untuk mengetahui apakah proses DNS propagation sudah selesai atau belum setelah kita mengubah name server, kamu bisa cek menggunakan layanan Whois Lookup seperti http://whois.domaintools.com/, masukan nama domain kemudian lihat bagian Name Server.

Biasanya perubahan ini akan memakan waktu sampai 48 jam jadi jika kamu sudah mengubah DNS tetapi domain yang kamu miliki masih mengarah ke hosting lama sebaiknya tunggu saja sampai proses DNS propagation selesai.

Sangat mudah bukan, hanya membutuhkan beberapa langkah saja kita sudah bisa mengubah pengaturan nameserver.

Biasanya hal ini kita lakukan jika akan pindah web hosting atau saat baru pertama kali sewa domain di namecheap. Semoga bermanfaat dan jika masih kurang jelas silahkan tanyakan.

Advertisement
Latest Comments
  1. Model Baju Muslim March 22, 2016
    • Mang Cara March 23, 2016
  2. Fajar Gifari February 7, 2016
    • Mang Cara February 7, 2016
  3. Cream Qweena January 31, 2016
    • Mang Cara February 1, 2016
      • Cream Qweena February 27, 2016
  4. Erlara January 9, 2016
    • Mang Cara January 16, 2016