Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menghilangkan Kemerahan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Para bunda pasti kesal jika nyamuk menghisap darah sang buah hati karena selain meninggalkan rasa gatal juga akan timbul bintik kemerahan pada kulit. Tetapi jangan kwatir karena ada cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi supaya kulitnya kembali mulus.

Walaupun bekas gigitan nyamuk tersebut akan hilang dengan sendirinya apabila tidak digaruk, namun sebaiknya harus segera ditangani. Apalagi bayi dengan kulit sensitif dikwatirkan kulit bayi akan bengkak dan infeksi atau setidaknya bekas digigit nyamuk akan menghitam.

Advertisement

Dibawah MangCara akan berbagi informasi cara mengobati bentol akibat gigitan nyamuk pada bayi agar nyaman dan tidak merasa gatal sehingga bayi tidak menggaruk kulitnya yang lembut.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi Secara Alami

Cara Menghilangkan Kemerahan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Lemon

Cara Menghilangkan Kemerahan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Selain enak diminum ternyata lemon dapat meghilangkan noda merah pada bayi yang terkena gigitan nyamuk. Karena dalam lemon terkandung zat anestesi, disinfektan dan anti-inflamasi, cara mengobatinya potong lemon menjadi dua bagian kemudian tempelkan bagian dalam buah pada bekas gigitan.

Kentang

Cara Menghilangkan Kemerahan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Kentang biasanya diolah menjadi keripik ataupun sambal goreng, tetapi bisa juga berfungsi untuk menghilangkan bekas kemerahan yang ditinggalkan nyamuk setelah menggigit. Karena kentang memiliki kandungan potasium dan vitamin C yang sangat ampuh mengobati bekas luka. Caranya kentang diiris tipis lalu tempelkan pada kulit bayi yang digigit serangga tersebut.

Aloe Vera atau Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Kemerahan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Lidah buaya merupakan tanaman yang mudah dalam perawatanya sehingga banyak masyarakat yang menanamnya pada pot. Selain untuk menyuburkan rambut aloe vera juga dapat dimanfaatkan untuk hilangkan bercak kemerahan akibat gigitan nyamuk. Caranya ambil bagian gel pada lidah buaya kemudian tempelkan pada kulit yang ruam.

Baca juga: menidurkan bayi waktu sakit

Bawang Merah

Cara Menghilangkan Kemerahan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Bawang merah dipercaya dapat menyamarkan bekas gigitan nyamuk, selain memang sering digunakan juga untuk obat masuk angin alami. Cara menggunakanya cukup oleskan irisan bawang pada bagian kulit bayi yang bermasalah.

Diatas merupakan cara alami menghilangkan atau memulihkan kulit yang bentol karena digigit nyamuk, bisa juga dengan menggunakan salep, lotion atau krim penghilang bekas gigitan nyamuk tetapi hati hati dalam penggunaanya karena kulit bayi lebih sensitif.

Tips Agar Bayi Tidak Digigit Nyamuk

  • Bunda harus memastikan bayi mengenakan baju dan celana lengan panjang agar meminimalisir nyamuk mengigit.
  • Menggunakan kelambu pada kasur tempat bayi tidur, kelambu ini banyak sekali dijual dipasaran.
  • Menjaga kamar tidur bayi dalam keadaan bersih dan rapi, usahakan jangan ada baju bekas dipakai yang menggantung disekitar bayi karena bisa menjadi sarang nyamuk.
  • Apabila kulit bayi tidak ada masalah silahkan menggunakan lotion anti serangga.

Tetapi jika telah menggunakan cara diatas bekas gigitan nyamuk masih belum hilang dan bayi malah bayi demam dan muntah sebaiknya segera dibawa ke dokter.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi, sekian terimakasih dan selalu  jagalah kebersihan lingkungan supaya nyamuk tidak berani mendekat.

Foto: Pixabay

Advertisement

Leave a Reply