Cara Mengoptimalkan Database WordPress Dengan Plugin WP-Optimize

WP-Optimize adalah salah satu plugin wordpress yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan database MySql pada blog wordpress yang kita miliki dan juga dapat digunakan untuk menghapus item-item yang tidak diperlukan lagi seperti revisi posting, komentar spam dan lainnya.

Plugin WP-Optimize sangat mudah digunakan karena kita tidak akan dipusingkan dengan berbagai pengaturan, cukup install lalu aktifkan.

Advertisement

Fitur yang ditawarkan oleh WP-Optimize diantaranya : menghapus post revisions, auto draft posts dan juga posting wordpress yang sudah kita hapus dan ada di trash, menghapus komentar spam sekaligus, transient options, pingbacks dan tracbacks.

Memang jika postingan blog kita masih sedikit mungkin efek penghapusan post revisions, auto draft  dan lainnya tidak akan terlalu terasa tetapi jika blog kita sudah memiliki banyak artikel misalnya ratusan atau ribuan maka akan berbeda ceritanya, karena semakin banyak sampah yang tersimpan pada database akan mempengaruhi proses query belum lagi jika pengunjung blog atau yang online pada waktu bersamaan sudah banyak.

Cara Mengoptimalkan Database WordPress Dengan Plugin WP-Optimize

  1. Log ke dashboard blog wordpress kamu.
  2. Kemudian install plugin WP-Optimize lalu aktifkan.
  3. Setelah aktif, dari menu pilih WP-Optimize kemudian silahkan pilih apa saja yang ingin dihapus lalu pilih Process.Cara Mengoptimalkan Database WordPress Dengan Plugin WP-Optimize

Walaupun memang kita bisa melakukan secara manual dari phpmyadmin atau console mysql untuk mengoptimalkan dan menghapus item yang tidak perlu tetapi tentu akan sedikit merepotkan terutama bagi yang belum terbiasa, oleh karena itu WP-Optimize bisa menjadi solusi yang tepat.

Selamat mencoba dan jika kamu menggunakan plugin lain selain WP-Optimize untuk mengoptimalkan database, silahkan berbagi pengalaman disini agar kami bisa membandingkan dan mencari tahu mana yang terbaik.