Cara Mengubah File PDF ke MS Word Online Dengan SmallPDF

Mangcara.com – Ada banyak situs yang bisa kita gunakan untuk mengubah file PDF ke MS Word online dan yang akan saya bahas kali ini adalah smallpdf yang bisa kita gunakan secara gratis tanpa batasan.

Ada beberapa alasan kenapa saya pilih smallpdf diantaranya adalah : mudah digunakan, dapat convert file pdf dari komputer, penyimpanan cloud seperti Google Drive dan DropBox sehingga bagi kamu yang menyimpan file PDF di GooleDrive atau DropBox tidak perlu repot download terlebih dahulu ketika ingin kita ubah menjadi dokumen word.

Advertisement

Selain itu, smallpdf berbeda dengan penyedia pdf converter online lainnya karena tidak memberikan batasan file maksimal yang bisa kita upload (setidaknya saya tidak menemukan keterangannya) berbeda dengan situs lain yang biasanya membatasi hanya bisa upload 5-10MB saja.

Panduan  Cara Mengubah File PDF ke MS Word Online Dengan SmallPDF

Kenapa harus diconvert? Sebetulnya ini adalah salah satu cara untuk menyiasati saat kita ingin mengedit file PDF tetapi tidak memiliki software yang dapat melakukannya seperti Adobe Acrobat Profesional

Dengan mengubahnya terlebih dahulu ke MS Word tentu saja kita bisa edit lebih mudah menggunakan aplikasi MS Office maupun aplikasi lain seperti LibreOffice.

Oke tidak perlu panjang lebar lagi silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

#1. Pertama-tama kunjungi halaman ini http://smallpdf.com/pdf-to-word

Panduan Cara Mengubah File PDF ke MS Word Online Dengan SmallPDF

#2. Setelah itu upload atau pilih file PDF dari komputer dengan cara drag and drop atau pilih Choose file kemudian cari yang ingin kita unggah dan tunggu sampai proses upload selesai dan nanti proses convert akan berjalan secara otomatis.

Cara Mengubah File PDF ke MS Word Online Dengan SmallPDF

 

#3. Terakhir jika sudah selesai kamu bisa langsung download hasilnya ke PC atau simpan ke Google Drive maupun DropBox.

Mudah bukan, hanya perlu pilih file – upload sampai selesai lalu convert otomatis dan download hasilnya tanpa perlu repot melakukan registasi atau hanya bisa didownload melalui link yang dikirim via email seperti beberapa situs pdf to word converter lainnya.

Salah satu kelebihan converter online adalah kita tidak perlu lagi install software tambahan namun tentu saja membutuhkan koneksi internet untuk upload dan download, selain itu jika file yang diupload berukuran besar tentu prosesnya akan semakin lama.

Perlu diingat bahwa sebelum upload pastikan terlebih dahulu file PDF yang akan diconvert tidak diproteksi dengan password karena akan gagal, namun jika file PDF hanya bisa dibaca / ada keterangan secured maka file tersebut masih bisa kita ubah ke MS Word (docx)

Walau demikian perlu dicatat, bahwa tidak semua file yang kita ubah menjadi Word akan sama dengan aslinya, karena kadang ada juga yang setelah diconvert tampilannya malah jadi berantakan.

Saya tidak tahu persis apa penyebabnya tetapi kalau tidak salah dulu pernah membaca di situs resmi Microsoft memang hal ini bisa saja terjadi karena Word menggunakan fitur yang disebut PDF Reflow untuk mengkonversi file PDF ke dokumen Word dan ada beberapa komponen yang tidak bisa dikonversi dengan sempurna seperti tabel, footnote, Font effects dan lainnya.

Info lebih lengkap silahkan baca di situs support.office.com.

Itulah cara convert file PDF ke Word online, alternatif lain kita juga bisa menggunakan software UniPDF dan jika kamu memiliki situs lain yang lebih keren silahkan share disini. Semoga bermanfaat dan maaf jika masih ada yang kurang jelas.

Advertisement