Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menidurkan Bayi Saat Pilek Agar Tidak Mudah Bangun

Seperti orang dewasa yang kesulitan tidur karena hidung tersumbat akibat pilek begitupun demikian yang dirasakan bayi. Biasanya bayi yang mengalami pilek dan batuk akan rewel sehingga membuat orang tua bingung, apalagi tidak tahu cara menidurkan bayi saat pilek.

Seperti pengalaman MangCara yang memiliki bayi berumur 5 bulan ketika pilek tidurnya menjadi tidak nyenyak atau mudah bangun. Hal itu terjadi karena bayi belum bisa mengeluarkan lendir pada hidung sehingga menyebabkan hidung mampet dan napas terganggu.

Advertisement

Sebelum memberikan obat obatan sebaiknya gunakan cara alami terlebih dahulu, ternyata flu/pilek pada bayi tidak perlu diobati apalagi diberi antibiotik karena pemberian antibiotik hanya akan membunuh bakteri. Sementara penyebab pilek pada bayi umumnya disebabkan virus.

Cara Menidurkan Bayi Saat Pilek

Cara Menidurkan Bayi Saat Pilek Agar Tidak Mudah Bangun

gambar: www.orami.co.id

  1. Agar bayi tidur nyenyak saat batuk pilek caranya dengan mengatur posisi tidur bayi yang terbaik adalah posisi terlentang kemudian kepala bayi harus sedikit lebih tingi dari badan.
  2. Ketika bayi terjaga saat tidur berilah ASI atau yang diatas 6 bulan bisa diberikan air putih hangat, sehingga napasnya akan lancar.
  3. Jemur bayi di pagi hari antara pukul 07.00 sd 09.00 dan berdasarkan pengalaman nanti lendiri sedikit demi sedikit akan keluar, dan pada malam hari bayi tidak terlalu rewel dan tidurnya menjadi lebih lama.
  4. Sebelum tidur sediakanlah di kamar wadah yang diisi air panas yang diberikan minyak telon atau minyak kayu putih dengan tujuan bayi dapat menghirup uang yang keluar.
  5. Berikan cream penghangat pada bagian dada dan punggung (bisa dibeli di apotik).

Jika lendir sudah terlalu banyak biasanya bayi akan demam dan apabila suhu diatas 40 derajat Celcius dalam waktu 2 hari, sebaiknya pergi ke dokter spesialis anak untuk mendapat penanganan. Jangan berikan obat tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu apabila di kamar memasang pendingin ruangan/AC sebaiknya dimatikan sehingga dinding bagian dalam hidung tidak semakin bengkak dan memperparah keluhan hidung tersumbat. Memberikan pakain yang tipis juga akan membantu bayi.

Hindari paparan debu atau asap rokok dan selalu bersabar karena bayi lebih sering ingin digendong dibanding di kasur ketika tidur, demikianlah cara menidurkan bayi saat pilek agar tidak mudah bangun semoga bermanfaat.

 

Advertisement

Leave a Reply