Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF di Android

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara menyimpan halaman web menjadi PDF di HP Android, cara ini saya bagikan setelah melihat teman yang sering menyimpan berbagai resep masakan yang ditemukannya di internet tetapi dalam format jpg melalui screen capture.

Memang menyimpan halaman web baik berupa resep atau info menarik lain dengan cara screen capture di Android lebih simpel dan cepat tetapi permasalahannya adalah jika halaman tersebut cukup panjang sehingga harus discroll maka kita harus capture halaman tersebut beberapa kali agar bisa tersimpan semua, berbeda dengan saat kita save menjadi pdf yang akan menjadi full satu halaman. Baca juga : cara convert PDF ke Word.

Advertisement

Bagaimana Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF di Android

Untuk menyimpan html atau halaman web menjadi file PDF dapat dilakukan langsung dari mobile browser yang kita miliki seperti Google Chrome maupun Firefox untuk Android dan berikut adalah langkah-langkahnya.

1 – Menggunakan Firefox Untuk Android

  1. Langkah pertama buka halaman yang ingin kita simpan, kemudian pilih Menu dari ponsel kamu.
  2. Selanjutnya pilih Page lalu Save as PDF dan tunggu sampai proses download selesai.Bagaimana Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF di Android

2 – Menggunakan Google Chrome

  1. Setelah membuka halaman yang ingin kita simpan, tekan menu dari smartphone kamu.
  2. Kemudian pilih Print lalu pilih Save as PDF.
  3. Kamu juga bisa menyesuaikan beberapa pengaturan seperti ukuran kertas, orientasi halaman apakah portrait atau landscape, berwana atau hitam putih serta jumlah halaman yang ingin disimpan, jika sudah pilih Save.Menggunakan Google Chrome

Cara diatas lebih efektif ketika kita ingin menyimpan halaman web sehingga bisa dibaca lagi kapan saja tanpa perlu koneksi internet, dan tentu lebih baik jika dibandingkan menyimpan dengan cara screen capture lalu save sebagai JPG.

Itulah dua cara untuk save atau menyimpan web menjadi file PDF di HP Android menggunakan Google Chrome dan Firefox, sangat mudah bukan? Jika masih ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan atau jika kamu punya tips lainnya silahkan berbagi disini.

Advertisement
Latest Comments
  1. Piko Tarti May 2, 2016
    • Mang Cara May 4, 2016
  2. Lutfy February 23, 2016
    • Mang Cara February 23, 2016