Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Pasang Kampas Rem Cakram Sepeda Motor Jika Piringan Sudah Tipis

Salah seorang teman ojek online MangCara mengeluh karena rem cakram seret setelah ganti kampas sehingga tenaga motor berkurang, hal itu terjadi karena piringan sudah tipis. Tetapi jika mengetahui cara pasang kampas rem cakram sepeda seperti piringan aus hal tersebut tidak akan terjadi.

Rem pada kendaraan merupakan piranti yang wajib mendapatkan perawatan supaya kinerja rem tetap maksimal. Salah satu perawatan rem cakram yang paling mudah yaitu gantilah kampas setelah ada suara bunyi yang mengganggu.

Advertisement

Karena apabila diabaikan kampas rem habis yang sudah pasti akan memakan piringan. Dibawah MangCara akan berbagi informasi cara memasang kampas rem depan motor jika piringan sudah tipis / aus.

Cara Pasang Kampas Rem Cakram Sepeda Motor Jika Piringan Sudah Tipis

Gambar dibawah merupakan disc/cakram yang sudah aus karena telat dalam mengganti kampas rem, dimana piringan atau cakram sudah kemakan sehingga permukaan piringan tidak rata. Akibat dari pegesekan cakram dengan besi kampas rem.

Hal ini akan bermasalah ketika akan memasang kampas rem baru, karena jika langsung dipasang rem malah seret atau roda terasa berat ketika berputar.

Cara Pasang Kampas Rem Cakram Sepeda Motor Jika Piringan Sudah Tipis

Untuk mengatasi supaya rem cakram motor tidak lengket adalah dengan menghaluskan sedikit bagian atas kampas rem dengan cara menggunakan ampelas, gerinda ataupun tuner kemudian baru dipasang. Hasilnya roda akan berputar dengan normal dan tidak terdengar bunyi.

Cara Pasang Kampas Rem Cakram Sepeda Motor Jika Piringan Sudah Tipis

baca juga: solusi murah lampu rem nyala terus

Setelah dipasang jangan lupa buang angin palsu terlebih dahulu kemudian periksa juga ketinggian minyak rem.  Sebagai catatan cara ini ditempuh jika belum memiliki uang untuk mengganti piringan baru, karena tetap saja hasil pengereman kurang maksimal.

Jika ada waktu luang dan memiliki kunci untuk membuka kaliper rem bisa dilakukan sendiri di rumah, tetapi apabila sulit silahkan dibawa ke bengkel terdekat supaya hasilnya lebih memuaskan.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara pasang kampas rem cakram sepeda jika piringan sudah tipis dan jangan lupa rajinlah periksa ketebalan kampas rem sehingga piringan tidak rusak. Sekian terimakasih dan apabila tulisan ini bermanfaat silahkan dibagikan kepada orang lain.

 

 

Advertisement