Cari Uang Lewat Blog Dengan Facebook Audience Network

Facebook Audience Network bisa menjadi alternatif mencari uang online lewat blog terutama bagi yang memiliki pengunjung mayoritas dari smartphone, karena saat ini iklan Facebook Audience Network hanya tampil di ponsel.

Facebook Audience Network membayar berdasarkan impresi per seribu (CPM) dengan nilai yang bervariasi tergantung asal pengunjung blog. Kabarnya untuk visitor US bisa sampai $2 nilai CPM nya untuk saat ini ada 2 format iklan yang tersedia untuk versi web yaitu banner dan native ads.

Advertisement

Nah bagi sobat blogger yang belum tahu tantang FB Audience Network, saya akan coba bahas sekilas karena saya pribadi belum memiliki banyak informasi mengenai ad network yang satu ini semoga bisa memberikan sedikit gambaran terutama bagi yang ingin bergabung.

Cara Daftar Facebook Audience Network

Untuk daftar tidak terlalu sulit, cukup buka halaman Facebook Developer kemudian lalu scroll kebawah dan pilih Apply Now.

Selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah yang diperlukan, tidak perlu bingung karena dihalaman tersebut ada panduannya.

Pada intinya nanti kita harus membuat App ID kemudian akan diminta untuk menyetujui Terms of Service lalu pilih Get Started.

Langkah berikutnya adalah mendaftarkan domain, dari menu Audience Network mobile webAdd a Domain, masukan nama domain yang ingin didaftarkan sampai muncul keterangan Domain added – awaiting ad request.

Cari Uang Lewat Blog Dengan Facebook Audience Network

Selanjutnya buat unit iklan dengan cara pilih Create Ad Placement, untuk jenis iklan pilih banner atau native dan setelah dibuat ambil kodenya (pilih HTML) untuk dipasang di blog.

Sampai tahap ini kita hanya bisa menunggu sampai pihak Facebook melakukan review dan jika disetujui nanti akan ada pemberitahuan via email atau bisa dilihat dari dashboard FB developer menu Alert.

Berapa Lama Proses Review FB Audience Network?

Untuk yang ini saya kurang tahu juga tetapi pengalaman saya, dulu pasang kode iklan hanya 2 hari lalu cabut lagi dari blog karena tidak ada iklan yang muncul dan tidak ada kabar apakah diterima atau ditolak.

Namun tadi malam tanggal 22 maret 2014 saya mendapat email dari Facebook yang memberitahukan dulu pernah daftar FB Audience Network tetapi tidak melihat kode yang terpasang.

Kemudian saya coba pasang 1 unit iklan banner dan beberapa menit kemudian mendapat pemberitahuan bahwa blog saya diterima. (bukan mangcara.com)

Jadi saya kurang tahu berapa lama proses reviewnya, tetapi jika dihitung dari awal daftar sepertinya sudah lebih dari 2 minggu.

Tetapi jika dihitung setelah mendapat email diminta untuk pasang ad unit, maka tidak sampai 5 menit diterima (saya pasang sekitar jam 1 malam WIB)

Bagaimana Kita Tahu Permohonan Disetujui?

Setelah blog direview dan disetujui nanti akan muncul pemberitahuan yang bisa dilihat dari menu Alerts dan ada juga pemberitahuan via email serta pada nama domain yang didaftarkan akan muncul lingkaran berwana hijau, sedangkan jika ditolak warnanya merah.

Perhitungan dan Cara Pembayaran Facebook Audience Network

Seperti saya jelaskan diatas, Facebook Audience Network membayar berdasar impresi (CPM) dengan nilai yang bervariasi.

Setelah mencoba satu hari dan pasang 2 unit iklan eCPM yang saya dapat berkisar 0.05 – 0.08 untuk blog Indonesia dengan traffic dari Indonesia pula.

Sedangkan untuk pembayaran saat ini minimal PO adalah $100 dan baru tersedia lewat wire transfer ke rekening bank lokal karena setelah kita daftar lalu disetujui maka kita harus mengisi data pembayaran dan yang diminta adalah data rekening bank.

Kesimpulan

Untuk bergabung dengan Facebook Audience Network cukup kunjungi halaman FB developer lalu Apply, buat App ID dan daftarkan domain kemudian pasang kode iklan yang kita punya dan review dari Facebook.

Jika ditolak maupun diterima nanti akan ada pemberitahuan, lewat email atau bisa cek langsung dari menu Alerts.

Apa syarat agar diterima? waduh saya pribadi agak kurang tahu juga tetapi mangcara.com ditolak dan blog satu lagi diterima.

Blog yang diapprove tersebut memiliki pengunjung rata-rata per hari 20.000 an lebih dengan page view diatas 30.000.

Bagi sobat yang belum daftar tidak ada salahnya dicoba apalagi jika sedang mencari alternatif mencari program CPM untuk menggantikan Google Adsense karena belum diterima juga 🙂

Punya pengalaman dengan Facebook Audience Network? mari berbagi disini.

Advertisement
Latest Comments
  1. Okawa March 30, 2016
    • Mang Cara April 2, 2016