Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

CVT Honda Beat Bunyi Kasar

Karena motor Beat fi digunakan MangCara untuk ngegrab sehari hari dan kurang perawatan, sehingga terdapat bunyi klotok klotok di bagian belakang sebelah kiri. Ternyata asal suara kasar tersebut dari CVT dan untuk mencegah kerusakan motor semakin parah terpaksa harus dibongkar.

Untuk mencari tahu penyebab CVT Honda Beat bunyi kasar sendiri dengan alasan saya suka mengoprek sesuatu kemudian untuk menghemat uang karena biaya bongkar CVT di bengkel lumayan mending uangnya digunakan untuk keperluan lain.

Advertisement

Dan kebetulan MangCara memiliki alat untuk membuka CVT yaitu treker, kunci T 8, kunci shock 19 dan 22. Bagi yang ingin belajar membongkar CVT Beat f1 sendiri bisa melihat panduanya dibawah, tetapi jika tidak bisa sebaiknya bawa ke bengkel terdekat karena tetap saja bunyi CVT berisik harus diperbaiki.

Bongkar CVT Honda Beat Bunyi Kasar Sendiri

1. Persiapkan alat alat untuk membuka CVT motor Beat f1 injeksi yaitu treker, kunci T8, kunci shock 19 dan 22, pahat kecil/obeng/baut panjang kemudian kuas untuk membersihkan komponen CVT.

CVT Honda Beat Bunyi Kasar

2. Buka cover penutup CVT dengan menggunakan kunci T8

CVT Honda Beat Bunyi Kasar

3. Selanjutnya pulley bagian depan (primer pulley) menggunakan kunci shock 22, dengan sebelumnya membuat penahan dari pahat/obeng yang diantara bagian bergerigi seperti gambar dibawah dan ruang pada crank case.

Jangan sekali kali menahan pulley/puli dengan mengganjal menggunakan kunci shocks karena crank case bisa rusak, selain itu jangan menahan pulley pada bagian kipas dan yang benar posisinya seperti yang diberikan tanda panah.

CVT Honda Beat Bunyi Kasar

4. Kemudian gunakan treker untuk membuka pulley bagian belakang sekunder, caranya treker dimasukan pada lubang rumah kopling.

CVT Honda Beat Bunyi Kasar

5. Buka sekunder pulley dengan menggunakan kunci shock 19.

CVT Honda Beat Bunyi Kasar

6. Lepas semua komponen seperti V-Belt, primer pulley, sekunder pulley dll.

CVT Honda Beat Bunyi Kasar

7. Bersihkan bagian crank cas pulley menggunakan alkohol supaya air dan pelumas hilang, setelah itu agar hasilnya memuaskan bersihkan juga dengan menggunakan lap.

Kemudian komponen bersihkan komponen lainnya dengan kuas, periksa juga apaka roller masih layak digunakan karena bisa saja suara bunyi nging, grek dan yang lain akibat roller sudah aus.

baca juga: daftar gojek di Bogor

CVT Honda Beat Bunyi Kasar

Jika sudah pasang kembali dan jangan lupa sebelum dipasang diberikan gemuk atau grease pada primer pulley. Kemudian terakhir coba starter apakah bunyi berisik sudah hilang atau belum.

Jadi jika CVT Honda Beat bunyi kasar sebaiknya bongkar sendiri atau bawa ke bengkel, demikianlah pengalaman saya ketika membongkar CVT beat fi sendiri, semoga bermanfaat sekian dan terimakasih

Advertisement

Leave a Reply