Dua Pemendek URL Yang Terbukti Membayar

Ada banyak cara cari uang di internet lewat blog, salah satunya adalah melalui pemendek url yang membayar. Pada kesemptan kali ini mangcara.com akan coba berbagi pengalaman dengan dua penyingkat url yang membayar cukup tinggi bahkan untuk blog Indonesia sekalipun.

Dua pemendek url yang dimaksud adalah shorte.st dan ouo.io, keduanya dapat dipasang baik pada blogspot maupun wordpress (self hosting).

Advertisement

Saya tidak akan membahas bagaimana cara daftar atau cara memasang script ouo.io maupun shorte.st karena sangat mudah dan sudah banyak yang menulis tutorial tentang ini, karena pada tulisan ini akan lebih fokus pada perbandingan keduanya dengan harapan bisa membantu sobat blogger menentukan mana yang terbaik untuk dicoba terutama yang bayarannya paling tinggi.

Catatan : Hasil yang saya tampilkan dibawah bukan dari blog mangcara.com, tetapi dari blog saya yang lain dengan pengunjung rata-rata diatas 20.000 per hari atau sekitar 35ribu page view per hari.

Inilah Dua Pemendek URL Yang Terbukti Membayar

Sebelum memutuskan untuk bergabung ada baiknya jika sobat cari informasi lagi tentang shorte.st maupun ouo.io dan cek apakah mereka masih membayar atau tidak karena tulisan ini dibuat Maret 2016, dimana keduanya masih membayar.

1 – Shorte.st

Situs yang satu ini tidak perlu diragukan lagi karena sudah berdiri sejak 2013, membayar lumayan tinggi untuk pengunjung Indonesia walaupun memang masih kalah jika dibandingkan ouo.io.

Proses pendaftarannya sangat mudah, cukup kunjungi situsnya daftar lalu pasang scriptnya pada blog sobat. Jika tidak ingin repot bisa pilih web script sehingga semua link akan otomatis disingkat.

Namun untuk link internal sebaiknya dimasukan ke daftar pengecualian (exclude) agar tidak ikut disingkat. Jika ingin mendapatkan pengasilan lebih besar sobat bisa aktifkan pop up tetapi saya waktu masih aktif di shorte.st tidak pernah mengaktifkan pop up karena takut menganggu pengunjung jadi tidak tahu berapa besar bayaran untuk pop up.

Kelebihan, salah satu yang saya sukai dari shorte.st adalah laporannya yang cukup detail. Kita bisa tahu penghasilan per hari serta jumlah page view.

Pembayaran otomatis via PayPal setelah earning mencapai $5 atau Payoneer (minimal $20), sayangnya payout hanya dilakukan sekali setiap bulan yaitu tanggal 10.

Kekurangan, Nilai CPM tidak terlalu besar untuk pengunjung dari Indonesia.

Inilah Dua Pemendek URL Yang Terbukti Membayar

Terlihat pada gambar diatas, dari 19.328 view hanya bisa menghasilkan $10.85. Script dipasang selama 15 hari tetapi pada hari 1 & 2 tidak full 24 jam.

Dengan penjunjung sekitar 20 ribuan per hari ternyata hanya bisa menghasilkan $10.85 selama 15 hari, akhirnya saya coba ganti dengan ouo.io.

2 – OUO.IO

Termasuk pemain baru untuk urusan pemendek url, namun menawarkan nilai cpm tinggi termasuk untuk pengunjung dari Indonesia.

Nilainya sekitar $1.5 per 1000 view, cukup besar bukan jika dibandingkan dengan penyingkat url lainnya apalagi iklan yang muncul cukup aman alias tidak ada konten dewasa (setidaknya begitu saat dulu saya masih aktif).

Kelebihan, bayaran tinggi serta payout dilakukan sebulan 2x yaitu pada tanggal 15 dan tanggal 1 atau awal bulan. Otomatis akan masuk ke akun Paypal setelah mencapai penghasilan $5.

Kekurangan, jika dibandingkan dengan shorte.st ternyata jumlah view yang diakui lebih sedikit entah apa sebabnya. Tetapi saat mencoba dengan blog yang jumlah klik keluar (external link) sekitar 4.000 an per hari, jumlah view yang bisa didapat di ouo.io rata-rata kurang dari 900 view saja.

Selain itu untuk laporannya juga agak membingungkan karena kita tidak bisa tahu pendapatan per hari, yang terlihat hanya jumlah view per hari serta total earning, seperti terlihat pada gambar berikut.

OUO.IO

Dari 19.635 views saya bisa mendapat uang sekitar $29.6 lebih tinggi jika dibandingkan shorte.st.

Bedanya jumlah view 19ribuan itu didapat selama 30 hari sedangkan shorte.st hanya butuh 15 hari, terlihat jelas bukan jika ouo.io menghitung view lebih sedikit.

Bukti Pembayarannya Mana?

Maaf untuk bukti pembayaran saya tidak bisa tunjukan karena sedang malas login ke akun PayPal tetapi saya bisa pastikan dari keduanya sudah sukses menghasilkan uang walau tidak seberapa.

Kesimpulan

Shorte.st memang membayar lebih kecil tetapi menghitung view lebih banyak, terbukti dengan 15 hari bisa mendapat 19ribuan view sedangkan ouo.io butuh 30 hari untuk bisa mencapai 19 ribu view.

Jika ditotal selama 1 bulan, ouo.io membayar lebih banyak karena jika shorte.st 15 hari menghasilkan $10 maka untuk 30 hari kemungkinan hanya bisa mendapat $20 sedangkan untuk ouo.io seperti terlihat pada gambar kedua bisa mencapai $29 lebih.

Mana yang lebih baik? jika dilihat dari segi penghasilan tentu ouo.io jawabannya karena dengan ecpm tinggi maka dalam 1 bulan jika bisa menghasilkan uang lebih banyak dibanding shorte.st.

Itulah dua pemendek url yang terbukti membayar tinggi untuk blog Indonesia, selain dua diatas memang masih banyak lagi tetapi karena belum pernah mencoba sendiri maka saya tidak bisa menulis lebih banyak.

Pemendek url bisa dijadikan alternatif untuk mencari uang di internet lewat blog untuk pemula terutama bagi blogger dengan situs download atau yang belum diterima Google Adsense.

Apapun caranya selama halal sah-sah saja tetapi ingat yang lebih penting adalah utamakan dulu pengunjung karena setelah memiliki blog dengan pengunjung tinggi maka akan semakin banyak peluang terbuka untuk menghasilkan uang lewat internet. Baca juga : 1000 pengunjung per hari butuh berapa lama?

Advertisement