Hand Sanitizer Langka Cobalah Buat Pembersih Tangan Sendiri

Sebelum virus corona masuk ke Indonesia sebagian masyarakat kurang memperhatikan kebersihan bahkan untuk mencuci tangan. Tetapi sejak corona menjadi pandemi yang merenggut korban jiwa banyak warga yang berlomba lomba membeli hand sanitizer.

Dengan tujuan mencegah terpapar corona ketika menyentuh benda yang pada permukaanya terdapat virus, karena salah satu penyebab penularan virus corona atau Covid 19 ketika tangan menyentuh benda seperti gagang pintu kemudian tangan menyentuh hidung atau mata.

Advertisement

Jika sulit menemukan hand sanitizer kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah ternyata dari berbagai sumber yang MangCara baca, proses pembuatan hand sanitizer tidak terlalu sulit. Bagaimana cara pembuatan silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cara Membuat Hand Sanitizer di Rumah

Hand Sanitizer Langka Cobalah Buat Pembersih Tangan Sendiri

Photo: WHO/Elombat D

Alat dan bahan yang diperlukan

  • Gelas ukur 1000 ml
  • Etanol 96 persen
  • Hidrogen Peroksida 3 persen
  • Gliserol 98 persen
  • Air
  • Botol kaca

Langkah pembuatan

  1. Masukkan etanol sebanyak 833 ml pada gelas ukur 1000 ml
  2. Kemudian tambahkan Hidrogen Peroksida sebanyak 41,7 ml kedalam gelas ukur yang telah berisi etanol
  3. Tuangkan 14,5 ml Gliserol
  4. Selanjutnya tambahkan 1000 ml air dan kesemua bahan diaduk agar tercampur
  5. Jika sudah tercampur pindahkan formula tersebut kedalam botol kaca bersih
  6. Sebelum digunakan diamkan selama 72 jam telebih dahulu, setelah itu dapat dipakai

Kandungan gliserol dapat menjaga kelembaban kulit dan ketika dicampur dengan hidrogen peroksida efektif mengatasi kuman.

Tetapi apabila hand sanitizer digunakan terlalu sering atau dalam jangka lama dapat mengakibatkan gangguan pada kulit, karena tentunya efek penggunaan zat kimia.

Ada alternatif lain untuk membuat hand sanitizer dengan bahan alami atau tidak mengadung alkohol seperti yang diracik Guru SMP Muhammadiyah program khusus Kota Barat Solo, Jawa Tengah (sumber: kompas TV), berikut cara membuatnya.

Pembuatan Hand Sanitizer Tanpa Alkohol

Bahan

  • Daun sirih
  • Kulit buah rambutan’

Langkah pembuatan

  1. Rebus daun sirih dan kulit rambutan secara terpisah
  2. Tunggu sampai mendidih kemudian dinginkan
  3. Campurkan air rebusan kedua bahan tersebut pada gelas atau wadah dengan pada permukaan gelas diberikan saringan
  4. Tambahkan minyak zaitun kedalam racikan pembersih tangan alami tersebut agar tangan tidak kering ketika menggunakanya

Selain kedua bahan diatas Guru SMP Muhammadiyah program khusus Kota Barat Solo juga berinovasi membuat karya ilmiah membuat cairan pembersih tangan dari bahan alami lain seperti kemangi, lidah buaya dan serbuk kulit jeruk purut.

Nah silahkan Anda mau pilih cara membuat hand sanitizer sendiri diatas, dan yang jelas saat ini cara terbaik menangkal virus corona adalah diam di rumah sesuai anjuran pemerintah karena penularan virus corona atau Covid-19 sangat cepat.

Kota Wuhan, Cina merupakan tempat ditemukan kasus corona pada akhir Desember 2019 dan sekarang sudah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Tidak hanya masyarakat biasa kalangan beberapa pejabat negara bahkan yang terbaru pangeran Charles dari Inggris dikabarkan positif corona.

Beberapa Gejala Virus Corona

Seseorang yang terinfeksi virus Corona atau COVID-19 akan mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Tetapi ada tiga gejala umum seseorang diduga terpapar corona dengan ciri demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius), batuk dan sesak napas. Gejala ini terjadi dalam rentang 2 hari sampai dengan 14 hari terpapar virus corona.

Apa yang harus dilakukan jika merasa terpapar corona
  1. Menghubungi extension 119 dengan ext 9
  2. Periksakan diri ke rumah sakit rujukan COVID-19 di daerah Anda

Apabila ada kemungkinan terinsfeksi corona misalnya sebelumnya kontak dengan seseorang yang positif corona dan tidak ada gejala apapun tidak perlu ke dokter cukup isolasi mandiri selama 14 hari di rumah.

Apa saja yang menjadikan seseorang dapat tertular COVID-19
  • Tanpa disadari menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19
  • Menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19 kemudian memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan dengan air sabun atau hand sanitizer sebelumnya
  • Bersalaman atau berjabat tangan dengan penderita COVID-19 (kontak jarak dekat)

Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja sampai tanggal 26 Maret 2020 di Indonesia tercatat 893 kasus. 780 dirawat, 78 meninggal dan 35 sembuh. virus ini akan lebih berbahaya atau bahkan fatal jika terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang sedang sakit dan orang dengan imun tubuh lemah.

Untuk mempercepat pandemi corona berakhir sebaiknya ikuti anjuran WHO dan pemerintah untuk melakukan social distancing/ Physical distancing dengan berdiam diri di rumah.

Sekian terimakasih dan semoga bermanfaat dan sekali lagi cara yang paling cepat menurut berbagai sumber adalah dengan mencuci tangan dengan sabun kemudian dibilas denga air bersih jika tidak memiliki hand sanitizer.

Advertisement