Iklan Adsense Dinonaktifkan Jangan Buru-buru Banding

Mangcara.com | Tahukan anda ada dua resiko yang dihadapi pemain Google Adsense yaitu akun disable dan blog disable ad serving atau iklan Adsense dinonaktifkan sehingga iklan tidak muncul diblog. Kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika blog kena disable Adsense.

Karena sedang kejar setoran untuk keperluan sehari-hari akhirnya saya berusaha meningkatkan traffic ke blog tersebut dengan harapan semakin banyak artikel semakin banyak pengunjung.

Advertisement

Target waktu itu adalah ingin mencapai 30.000 pengunjung per hari dan saat terkena tayangan iklan dinonaktifkan blog tersebut sudah mendapat rata-rata 21Ribu pengunjung per hari.

Iklan Adsense Dinonaktifkan Jangan Buru-buru Banding

img credit Pixabay.com – CCO Public Domain

Kronologi Google Adsense Ad Serving Disable

Pada minggu-minggu itu saya sedang semangat posting, dan akhirnya ikut tergiur mengikuti trend terutama berita teknologi. Beberapa berita teknologi terbaru akhirnya saya posting lengkap dengan gambar beberapa diantaranya adalah berita tentang munculnya HP Android Blackberry pertama yang disebut Priv serta kabar tentang bocoran gambar HP Lumia XL.

Nahas, setelah dua hari memposting artikel tersebut saya akhirnya menyadari iklan Adsense di blog menjadi blank dan setelah log in ke akun Adsense ternyata ada notifikasi dan setelah dibaca akhirnya saya tahu penayangan iklan Adsense pada blog tersebut dinonaktifkan.

Pada email pemberitahuan, Google memberikan salah satu contoh ulr artikel yang dianggap melakukan pelanggaran dan ternyata memang pada artikel yang membahas tentang HP Lumia, dengan alasan scraped content.

Kesimpulan ketika sembarangan menggunakan gambar dari sumber lain yang tidak menjelaskan hak cipta dan sebagainya, walau sudah kita sebutkan sumbernya (live link) tetap berisiko,

Saya menyadari bahwa gambar tersebut saya temukan disalah satu forum luar dan banyak blog lain yang menggunakan gambar yang sama, tetapi kenapa cuma saya yang kena?

Saya anggap sedang bernasib buruk dan tidak ada waktu memikirkan blog orang lain yang sama-sama banyak menggunakan gambar dari situs lain tanpa izin terutama yang banyak menggunakan gambar-gambar HP keluaran terbaru seperti pelanggaran yang saya lakukan.

Mencoba Mengajukan Banding Blog Disable Ad Serving

Setelah membaca keterangan pelanggaran yang dilakukan saya cepat-cepat mengajukan banding setelah sebelumnya menghapus artikel serta gambar tersebut dengan harapan diterima.

Namun apa daya ternyata 24 jam kemudian saya mendapat balasan, pengajuan banding ditolak. Penasaran saya coba ganti template, menghapus beberapa artikel lain yang sejenis dan banding lagi, akhirnya ditolak lagi.

Singkat kata, saya sudah menghapus banyak artikel, mengganti template, remove url dari web master, submit ulang sitemap dan semuanya tidak membuahkan hasil.

Stop Banding – Refreshing Mencoba Alternatif Adsense

Karena sudah bosan juga banding ditolak terus akhirnya saya coba mencari alternatif Google Adsense karena jujur saja sayang kalau blog tersebut tidak menghasilkan uang lagi karena pengunjung per hari yang 99% datang dari mesin pencari sudah mencapai 21Ribu lebih.

Akhirnya saya coba beberapa program CPM PropellerAds, MGID dan pemendek URL yang membayar seperti ouo.io dan shorte.st.

Alhamdulillah ternyata tidak sia-sia dalam waktu dua bulan refreshing dengan melupakan Adsense, blog tersebut tetap menghasilkan. Dari shorte.st sudah sekali PO, dari ouo.io 3x PO dan PropellerAds lebih dari $300 terkumpul dan sudah mendarat dengan selamat di akun Paypal.

Google Adsense Masih Yang Terbaik? Saatnya Banding Lagi

Setelah 2 bulan mencoba alternatif Adsense, saya kembali penasaran dan merasakan memang Adsense masih yang terbaik untuk mencari uang lewat blog tersebut.

Beberapa alasan yang membuat saya berhenti menggunakan PropellerAds karena adanya pop up walaupun cuma 1 kali muncul dan hanya muncul untuk pengunjung desktop tetapi saya agak kurang sreg, dan akhirnya kembali mencoba banding.

Sebelum mengajukan banding saya coba cari informasi sana-sini untuk mencari tahu bagaimana cara banding Adsense agar disetujui tetapi tidak ada yang mempan, karena banding ke-3 ditolak juga.

Setelah berpikir keras akhirnya saya putuskan benar-benar menganalisa blog secara keseluruhan baik artikel maupun komentar serta gambar yang mungkin bisa menjadi penyebab banding tidak diterima.

Alhasil, ada lebih dari 130 artikel saya hapus, puluhan komentar saya edit terutama yang mengandung kata-kata terlalu sensitif misalnya ada kata h4ck atau kata-kata yang tidak sopan.

Setelah dirasa cukup akhirnya saya coba banding lagi dan kebetulan karena saya bisa menghubungi tim bantuan Adsense, selain banding lewat form appeal saya juga berkonsultasi langsung dengan salah satu support Adsense melalui email.

Akhirnya Banding Iklan Adsense Dinonaktifkan Disetujui

Setelah 5x mengajukan banding penayangan iklan dinonaktifkan akhirnya permohonan banding diterima dan iklan Adsense bisa kembali muncul di blog tersebut.

Walau agak sedikit aneh juga si, karena dalam satu hari yang sama ada 2 email masuk yang satu mengatakan banding diterima satu lagi bilang ditolak dan penolakan ini email yang masuk terakhir.

Tetapi setelah coba menghubungi tim support Adsense via email akhirnya saya diberitahu tidak mungkin dalam satu hari menerima 2 email kalaupun iya itu bisa jadi ada kesalahan dan blog saya benar-benar sudah bisa menampilkan iklan Adsense lagi.

Pengalaman cara mengajukan banding sampai disetujui akan saya bahas lain kali lebih detail ๐Ÿ™‚

Kesimpulan

  1. Ketika blog terkena disable ad serving sehingga iklan tidak muncul, jangan buru-buru banding kecuali dalam keterangan diberi tahu kita harus segera memperbaiki dengan batas waktu tertentu tetapi jika tidak ada batasan waktu dan isu yang dituduhkan adalah scraped content atau konten salinan sebaiknya periksa blog kamu secara keseluruhan.
  2. Jangan bandingkan blog orang lain dengan blog kita, ketika kita lihat blog lain melakukan pelanggaran yang sama tetapi masih bisa menampilkan Adsense jangan dipedulikan karena cuma menghabiskan waktu. Adsense sudah dengan detail menulis aturan-aturan yang harus kita patuhi, baca secara teliti.
  3. Jika merasa artikel kita orisini / tulisan sendiri bukan hasil copas sana sini jangan menyerah untuk banding, tetapi kembali ke poin 1, jangan buru-buru karena Google hanya memberikan satu contoh pelanggaran dan bisa jadi masih ada banyak pelanggaran lain yang tidak kita sadari.

Untuk bagaimana cara saya periksa blog sehingga bisa menayangkan Adsense lagi, akan saya bahas lebih detail pada artikel selanjutnya karena memang panjang langkahnya.

Note : yang kena ad serving disable bukan mangcara.com tetapi blog saya yang lain dan disini sengaja saya tidak tampilkan iklan dari Adsense.

Advertisement
Latest Comments
  1. willova March 8, 2016
  2. Dzatmiko January 30, 2016
    • Mang Cara February 1, 2016
  3. Dzatmiko January 30, 2016
    • Mang Cara February 1, 2016
  4. nak belog January 29, 2016
    • Mang Cara January 29, 2016