Jangan Dibuang Jika Kompor Gas Tidak Menyala Sebelah Coba Perbaiki Dulu

Yang namanya memasak pasti membutuhkan sumber api salah satunya kompor, kehadiran kompor minyak tanah sekarang diganti dengan kompor gas. Supaya tidak mengalami kerusakan kompor gas haruslah dirawat seperti membersihkan burner yaitu tempat keluarnya api yang berwarna kuning keemasan.

Dan jika sudah terlalu kotor menyebabkan keluar apinya kecil atau bisa tidak menyala sama sekali meskipun pemantik api masih bagus. Jika mengalami hal seperti itu tidak perlu dibawa ke tukang servis atau buru buru membeli kompor gas baru, lebih baik coba perbaiki dulu.

Advertisement

Seperti pengalaman MangCara ketika kompor gas tidak menyala sebelah yang membuat repot karena harus memasak bergantian padahal kompor gas rinnai tersebut memiliki dua tungku. Setelah di cek ternyata salah satu burner sudah mengalami kerusakan.

Tampak pada gambar paling kiri burner kondisinya sudah tidak bagus berbeda dengan gambar sebelah kanan dimana terlihat lubang keluarnya api. Ada macam macam kerusakan pada kompor gas salah satunya yang Mangcara alami kompor gas menyala sebelah.

Cara Memperbaiki Kompor Gas Yang Apinya Kecil

Apabila kondisi burner masih bagus bisa dengan cara membersihkan kompor/burner dari kotoran yang tersumbat namun apabila keadaan burner sudah terlalu banyak kerak lebih baik mengganti dengan yang baru. Cara ini lebih cepat dan efektif karena langsung pasang dan tangan tidak kotor.

Harga burner kompor gas cukup terjangkau karena MangCara membeli dengan harga 15.000 untuk ukuran ketebalan yang tipis (ada dua bahan tipis dan tebal). Cara pasang burner mudah sekali yaitu dengan memasukan burner ke tungku yang rusak dan sudah pasti posisinya pas.

Benar saja ketika knop kompor gas diputar pada posisi on, api keluar secara merata dan berwarna biru. Sehingga kompor gas rinnai dua tungku dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Dan satu lagi dapat menghemat uang untuk tukang sercvis apalagi beli kompor gas baru.

Demikianlah pengalaman MangCara mengenai kompor gas yang tidak menyala sebelah, semoga bermanfaat dan yang terpenting coba perbaiki terlebih dahulu dan rasakan kepuasaan dapat memperbaiki kompor gas sendiri.

Advertisement
Latest Comments
  1. CatatanRia February 16, 2018
  2. lianny hendrawati February 4, 2018
    • beautyasti1 February 7, 2018

Leave a Reply