Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kesalahan Cara Memasang Regulator Gas Bisa Meledak Loh

Hindari kesalahan cara memasang regulator gas karena bisa berpotensi terjadinya ledakan tabung gas apabila bertemu sumber api. Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan ketika pasang regulator yaitu menekan regulator kedalam tabung padahal sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Jika ada bau gas ketika kompor sedang menyala sebaiknya jangan panik kemudian ditinggal lari karena gas menguap apabila tidak segera ditangani sehingga bisa menjadi pemicu kebakaran. Cara yang yang benar adalah dengan segera melepas selang regulator.

Advertisement

Anda bebas memilih regulator gas pertamina dari yang mahal atau murah asalkan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Banyak merk regulator seperti Quantum, Miyaki, Kenmaster dll silahkan sesuaikan dengan budget saja dan asal jangan salah dalam melakukan pemasanganya.

Kesalahan Cara Memasang Regulator Gas

Pengalaman Memperbaiki Kompor Gas Tidak Menyala Setelah Pindahan Rumah

Biasanya ketika memasang regulator ditekan tekan, diberi beban pada bagian atas regulator, atau diikat dengan alasan supaya regulator tidak goyang, keluar bau dan gas berbunyi desis.

Ternyata cara tersebut tidak benar karena jika terjadi kontak api akan sulit melepas regulator dari tabung gas. Seperti diawal tadi dibahas salah satu penyebab ledakan tabung adalah tidak melepas regulator ketika ada api.

Cara Pasang Regulator Gas yang Benar

  1. Sebelum dipasang pastikan ada karet seal pada tabung gas.
  2. Regulator saat dipasang cukup diseimbangkan saja (jangan ditekan) kemudian baru putar tuas pengunci.
  3. Dekatkan telinga ke regulator apakah terdengan bunyi gas dan apakah gas elpiji berbau.
  4. Tabung gas jangan diberi karet gelang, isolatif, lakban, plastik yang dililitkan dengan alasan untuk menghilangkan bunyi dan bau karena dikwatirkan efeknya hanya sementara.
  5. Sebaiknya jika masih goyang, bunyi, atau bau bisa dengan meminta ke penjual karet seal (sebaiknya ketika membeli gas baru dilepas karet tersebut untuk dipasang kembali pada tabung baru).
  6. Pasang selang harus sampai ujung regulator jika sulit bisa melumasi dengan sabun cair atau minyak kemudian kencangkan pengunci dengan obeng.

Mengatasi Tabung Gas Yang Tidak Menyala

Untuk diketahui pada regulator terdapat kelereng yang menghambat gas tidak bisa masuk, caranya tepuk pada bagian selang persis dibawah regulator tujuanya agar kelereng mundur kebelakang dan gas bisa naik atau masuk, jadi bukan tabungnya yang digoyang goyangkan.

Cara Mematikan Kompor Gas Yang Tepat

Mematikan kompor gas yang benar adalah dari tabung gas (sumbernya) melalui regulator kemudian kompor gas yang dimatikan.

Karena ketika kompor gas mati atau dalam posisi sedang tidak digunakan yang mati hanya api saja, tetapi gas tetap jalan atau mengalir sehingga jika selang cacat bisa mengeluarkan gas.

Dan yang benara adalah ketika ON atau pertama kali dinyalakan gas harus kosong kemudian dibuka tuas ON pada regulator.

Biasakan mematikan gas dari regulator terutama malam hari ketika kompor tidak akan dipakai atau ketika akan meninggalkan rumah beberapa hari, dan tidak perlu melepas regulator supaya ulir atau drat yang terdapat pada regulator tidak cepat aus (biasanya terjadi akibat sering dipasang dan dilepas).

Yang Harus Dilakukan Jika Ada Percikan Api

Kesalahan Cara Memasang Regulator Gas Bisa Meledak Loh

MangCara juga belum mencoba tetapi dari beberapa sumber apabila elpiji atau kompor gas sedang digunakan kemudian bau dan bocor lalu terjadi kontak dengan sumber api jangan menyiram tabung gas dengan air karena akan semakin membesar.

Cara memadamkanya harus dengan tabung APAR jika tidak ada bisa membuat sendiri dengan cairan detergen yang dicampur air dibuat berbusa kemudian silahkan anduk atau karung goni yang dicelupkan pada busa tadi lalu tutupkan pada tabung gas.

Atau jika api belum terlalu besar segera lepaskan regulator kemudian tarik tabung gas untuk dipisahkan dari kompor gas.

Baca juga: Memperbaiki kompor gas tidak mau menyala

Demikianlah informasi singkat mengenai kesalahan cara memasang regulator gas yang bisa saja meledak apabila tidak segera dilakukan penanganan. Jangan lupa untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan periksa selang regulator per dua atau tiga tahun.

Dengan cara menekuk selang kemudian perhatikan apakah terlihat benang benang halus dan jika ada segera diganti dengan yang baru untuk keselamatan. Sekian terimakasih, semoga bermanfaat satu lagi jauhkan penyimpanan tabung dari sember panas.

Sumber foto: Youtube

Advertisement