Kumpulan Cara Mengubah File PDF Ke Word

Pada prinsipnya ada dua cara yang bisa kita pilih saat ingin mengubah file PDF ke word sehingga bisa diedit yaitu dengan cara online atau tanpa software dan offline dengan bantuan aplikasi seperti Adobe Acrobat PRO (berbayar), UniPDF (gratis) dan masih banyak lagi aplikasi sejenis yang bisa kita pilih.

Saat kita ingin mengedit file PDF maka cara termudah adalah dengan convert terlebih dahulu ke format MS Word kemudian melakukan pengeditan dengan aplikasi MS Office maupun LibreOffice dan setelah selesai kita simpan kembali ke format PDF.

Advertisement

Kenapa harus diconvert ke MS Word? karena dokumen dalam format PDF memang tidak bisa diedit begitu saja kecuali kita memiliki aplikasi PDF Editor berbayar seperti Adobe Acrobat PRO misalnya.

Kumpulan Cara Mengubah File PDF Ke Word

Kumpulan Cara Mengubah File PDF Ke Word

Pada kesempatan kali ini saya akan coba merangkum cara yang paling mudah untuk convert pdf ke ms word secara online dan offline baik menggunakan aplikasi gratis maupun berbayar.

#1 – Convert Secara Online

Saat ini ada banyak situs online yang menyediakan layanan convert pdf ke word tanpa software dan dari beberapa yang pernah saya coba, berikut adalah yang terbaik.

Convert Secara Online

Yang pertama adalah convertonlinefree.com, situs ini menawarkan dua opsi output yang bisa kita pilih yaitu Word dalam format DOCX dan DOC. Inilah salah satu alasan kenapa saya memasukan convertonlinefree.com ke list ini karena tidak semua situs menawarkan dua output yang berbeda.

Selain itu convertonlinefree.com juga menawarkan batas maksimal file yang bisa kita upload sampai 50MB dimana kebanyakan situs sejenis hanya memberikan batasan 5MB – 10MB kecuali smallpdf.com.

Untuk mengubah dokumen PDF ke MS Word, pertama-tama kunjungi convertonlinefree.com kemudian pilih tab PDF to DOCX atau PDF to DOC lalu pilih Browse dan cari file yang ingin kamu proses dari komputer kemudian pilih Convert dan tunggu sampai selesai.


Yang kedua adalah smallpdf.com, situs ini merupakan salah satu yang terbaik dan mudah digunakan dengan dua kelebihan yaitu bisa convert dari DropBox, Google Drive maupun PC serta tidak memberikan batasan file maksimal yang bisa kita upload.
Panduan Cara Mengubah File PDF ke MS Word Online Dengan SmallPDF

Cara menggunakannya pun sangat mudah, pertama-tama silahkan kunjungi http://smallpdf.com/id/pdf-ke-word kemudian pilih file yang ingin dikonversi dengan cara pilih Choose File lalu tunggu sampai proses upload selesai dan proses convert akan berjalan otomatis. Setelah selesai kita bisa mengunduh hasilnya ke komputer atau menyimpannya ke penyimpanan cloud (DropBox dan Google Drive). Jika masih bingung silahkan baca panduan lengkapnya disini.

Jika dua situs diatas kurang cocok bagi kamu, jangan khawatir karena masih ada banyak alternatif lain yang bisa ditemukan dengan mudah menggunakan Google dengan ketik pencarian Convert PDF to Word Online maka akan muncul berbagai situs dan silahkan coba satu persatu.

#2. Mengkonversi File PDF ke MS Word Dengan Software

Jika kamu memiliki aplikasi Adobe Acrobat, maka kamu bisa menggunakan software ini untuk mengubah pdf ke word dengan mudah dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Beginilah Cara Convert PDF Ke Microsoft Word Dengan Adobe Acrobat PRO

  • Buka dokumen yang ingin dikonversi.
  • Kemudian dari menu File pilih Save As Other – Microsoft Word lalu silahkan pilih Word Document atau Word 97-2003 Document jika ingin menyimpannya sebagai file docx, lalu simpan.

Ingat bukan Reader karena berbeda fungsi. Kalau Adobe Acrobat bisa digunakan untuk edit PDF dan berbayar sedangkan Adobe Reader  hanya bisa digunakan untuk membaca saja (gratis).


Alternatif lain kamu juga bisa menggunakan UniPDF, aplikasi ini gratis untuk digunakan. Pertama-tama kamu harus download dari halaman http://unipdf.com/ kemudian install di PC lalu jalankan aplikasinya.

File-PDF-to-Word-UniPDF

Kemudian pilih file yang ingin kita konversi melalui tombol Add lalu pilih Convert dan tunggu sampai selesai. Jika kurang jelas silahkan baca panduan lengkapnya disini.

Alasan memilih UniPDF karena software ini gratis dan memiliki banyak fitur lain seperti convert pdf ke JPG, HTML maupun Text.

Kesimpulan, ada dua cara yang bisa kita pilih saat ingin mengkonversi file PDF ke MS Word yaitu secara online dan Offiline. UniPDF hanya bisa menghasilkan output sebagai file doc sedangkan convertonlinefree.com, Adobe Acrobat dan smallpdf akan menghasilkan Word 97-2003 (docx).

Advertisement