Kumpulan Suka Duka Ngeblog – Cari Uang Dengan Adsense (2008 – 2016)

Tidak terasa tahun 2016 ini masuk tahun ke 7 saya belajar ngeblog ada banyak suka duka yang telah dilalui baik yang berhubungan dengan hosting, traffic, maupun monetasi baik dengan Adsense, Amazon, CJ, Afiliasi dan lainnya.

Kali ini saya hanya akan berbagi pengalaman kumpulan suka duka ngeblog saat berusaha mencari uang online lewat blog dengan Google Adsense dan sekilas dengan Amazon.

Advertisement

Ini Dia Suka Duka Ngeblog & Cari Uang Dengan Google Adsense

Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat terutama bagi teman-teman yang sampai saat ini masih belum memiliki akun Google Adsense entah karena belum daftar atau karena daftar tetapi selalu ditolak.

Kumpulan Suka Duka Ngeblog - Cari Uang Dengan Adsense (2008 - 2016)

via Depositphotos.com

#1 – Daftar Google Adsense Berkali-kali Ditolak

Tahun 2013 saya coba daftar Google Adsense menggunakan blog yang berumur 3 tahun dengan pengunjung ribuan, tetapi daftar berkali-kali selalu ditolak, dan karena bosan akhirnya saya urungkan niat untuk memiliki akun Adsense dari blog tersebut.

#2 – Buat Blog Baru, Upgrade Adsense Hosted ke Full Approve

Karena akun Google Adsense yang saya miliki dulu daftarnya lewat YouTube yang notabene masih hosted dan hanya bisa muncul di YouTube serta blogspot akhirnya saya putuskan untuk mengajukan upgrade akun ke Full Approve dengan membuat blog baru.

Setelah blog berumur 1 bulan lebih dengan total artikel 30an, pengunjung 1.000 saya coba melakukan upgrade dan tak disangka 7 hari kemudian mendapat jawaban diterima.

Ya hanya bermodal blog umur 1 bulan, dengan artikel 30an saya nekad upgrade Adsense hosted dari YouTube ke full approve dan diterima.

Saya menggunakan wordpress, dan saat mengajukan upgrade tetap menulis artikel setiap hari. Kalau tidak salah ingat total artikel waktu mendapat email yang menyatakan saya diterima sekitar 37 artikel.

Mungkin sedang beruntung ๐Ÿ™‚

#3 – Satu Hari Cuma Dapet $1, Kapan Mau PO?

Setelah memiliki akun Adsense full approve target lain tentu bisa PO atau mendapat bayaran setiap bulan, jadi dalam sehari jika satu bulan dihitung 30 hari, minimal pendapatan kita adalah $3,33 tapi apa daya, blog Indonesia dengan pengunjung 2.000 per hari hanya sanggup memperoleh $1 per hari.

#4 – Traffik Naik Penghasilan Naik

Setelah berusaha keras meningkatkan pengunjung dengan terus menambah artikel akhirnya blog tersebut bisa mendapat 3.000 an pengunjung per hari, dan penghasilan Adsense pun meningkat kalau tidak salah lebih dari $3 per hari.

#5 – Pengunjung Berkurang Penghasilan Anjlok

Lupa tepatnya kapan, tetapi kejadiannya tahun 2013 waktu itu ada perubahan Alogritma Google, entah panda atau apa lupa.

Tetapi blog yang diharapkan bisa menghasilkan minimal $100 per bulan terkena dampaknya, akibatnya pengunjung pun hilang lebih dari 80%.

Melihat kondisi seperti itu akhirnya saya putuskan untuk meninggalkan blog tersebut sampai akhirnya domain expired dan tidak diperpanjang.

#6 – 2 Blog Lain Terkena Google Panda

Tidak hanya blog utama, dua blog lain (satu wordpres satu blogspot) ikut-ikutan terkena dampak Google Panda akibatnya pengunjung hilang lebih dari 70%.

Saya pun mencapai titik jenuh, akhirnya memutuskan untuk sementara melupakan Google Adsense dan kembali menggeluti Amazon Affiliate.

#7 – Membuat Blog Baru Untuk Adsense dan Amazon

Setelah 3 blog terkena Google Panda, saya pilih untuk membuat blog baru dengan sewa 2 domain sekaligus. Satu untuk blog Indonesia (Adsense) satu lagi blog English (untuk Amazon).

Fokus utama waktu itu adalah ke Amazon Affiliate, jadi untuk blog Indonesia yang rencannya akan dipasang Google Adsense agak terbengkalai.

Saya tidak pasang Google Adsense sebelum merasa jumlah pengunjung mencukupi agar bisa PO setiap bulan, yaitu diatas 3.000 UV per hari.

Hasil

  1. Blog yang saya buat untuk Amazon, sukses menghasilkan setelah masuk bulan ke-4. Saya mengandalkan wordpress + Pinterest tapi apa daya lagi-lagi belum beruntung, begitu saldo mencapai $223.18 akun Amazon saya dibanned.Amazon
  2. Blog Indo tiba-tiba melejit, entah kenapa walau jarang diupdate ternyata setelah dicek blog Indo yang disiapkan untuk Google Adsense perlahan tapi pasti pengunjungnya terus naik, dari ratusan akhirnya bisa mendapat 3.000 UV per hari. Karena Amazon sudah dibanned akhirnya balik ke Adsense dan fokus pada satu blog itu saja.

#8 – Mencarikan Western Union Ditolak Petugas POS

Dengan harapan bisa mencairkan western union lebih mudah, akhirnya saya pergi ke kantor POS yang sesuai dengan alamat di KTP.

Karena saya memang sudah pindah rumah tetapi masih malas mengurus KTP baru ๐Ÿ™‚

Tetapi apa daya, petugas di kantor POS itu sudah ganti lagi. Bukannya lancar malah hampir ribut dengan petugas POS karena dia minta saya memasukan nomor telepon Google di form penarikan uang WU, What?

Sapa yang hafal no telepon Google dan dari mana aturannya harus isi no telp Google saat mencairkan Adsense di kantor POS?

Di form saya sudah ngotot tidak ada kolomnya, tapi petugas itu lebih ngotot entah sedang datang bulan mungkin jadi snewen ๐Ÿ™‚ tapi karena malas debat dan masih merasa kasihan dengan itu petugas apalagi saat itu sedang bulan Ramadhan maka saya putuskan mengalah dan mencari kantor POS lain.

Bagi sobat yang merasa dipersulit, sebetulnya bisa langsung tanyakan ke kantor WU pusat via telepon, dan kalau memang diaturannya harus isi no telepon Google saat pencairan kenapa form tidak diubah dan diberi kolomnya?

#9 – Merasakan Adsense Disable Ad Serving – Iklan Stop Tayang

Pengalaman duka lainnya adalah saat pengunjung blog sudah lebih dari 20.000 UV per hari tiba-tiba saya mendapat email bahwa penayangan adsense dihentikan, saya terkena pelanggaran konten salinan (scraped content).

Awalnya saya pikir cuma karena memposting artikel + menggunakan gambar dari situs luar, walau sudah memberi link aktif ke sumbernya dan blog lain pun banyak melakukan hal yang sama tetapi aman-aman saja.

Setelah banding berkali-kali ditolak, akhirnya saya coba tanya lebih detail ke tim support Adsense dan baru tahu ternyata blog saya dianggap copy paste, isinya kebanyakan salinan dari blog lain, WHAT?

Jadi contoh link artikel yang diberikan Google dan dianggap melanggar ternyata bukan menjadi sumber masalah utama, karena yang membuat banding ditolak terus adalah blog masih dianggap berisi konten salinan walau sebetulnya semua isinya tulisan sendiri dan kebanyakan tutorial yang sudah dicoba lengkap beserta gambar.

#10 – Banding Adsense 5x Akhirnya Diterima

Setelah lebih dari 1 bulan berusaha mencari tahu penyebab Adsense Disable dan memperbaiki konten blog termasuk menghapus lebih dari 120 artikel.

Akhirnya saya ajukan banding ke-5, dan beberapa hari kemudian mendapat jawaban banding disetujui. Alhamdulillah.

Walau trafik berkurang karena sudah menghapus 120 artikel lebih tetapi saya coba berusaha terus dan Alhamdulillah pengunjung blog kembali normal yaitu 20.000 an per hari.

Itulah beberapa suka duka ngeblog dan mencari uang online dengan Adsense, sebetulnya masih banyak tetapi memang tidak pas kalau diceritakan semua.

#11 – Semua Duka 2015 Terbayar di Awal Tahun 2016

Setelah blog disable Adsense, tentu tidak bisa menayangkan iklan dari Google Adsense lagi selama 2 bulan saya coba mencari alternatif sementara yaitu PropellerAds, pemendek url OUO.IO, Shorte.st, dan MGID.

Jika ditotal hasilnya sudah melebihi penghasilan bulanan dari Adsense yang hilang saat terkena disable, berapa si hasilnya?

Uppps yang satu ini rahasia, yang penting saya bisa menafkahi anak istri ๐Ÿ™‚ dan jika penasaran silahkan diterka sendiri. Penghasilan Blog Indonesia dari Adsense dengan traffic 20.000UV lebih per hari berapa?

Kesimpulan:

  1. Cari uang online lewat Adsense tidak mudah.
    Ada resiko banned akun, disable blog bahkan lebih parah traffik blog hilang jika kita terkena dampak perubahan Algoritma Goolge.
  2. Jangan pernah mudah menyerah
    Kalau memang kamu sudah yakin ingin mencari uang lewat blog. Bukan cuma Google Adsense yang bisa dicoba, masih banyak yang lainnya.
  3. Jangan jumawa :). Apa itu jumawa silahkan googling.
    Jangan merasa sudah diatas angin karena penghasilan Adsense sudah banyak karena masih banyak resiko yang harus siap dihadapi, belajar belajar terus setiap hari, terima masukan dari orang lain jangan pernah merasa sudah paling OKE ๐Ÿ™‚
  4. Ikhlas, sabar, jujur, bersyukur dan jangan lupa ada hak orang lain dari penghasilan yang kita dapat.
    Yups setelah terkena Ad serving disable lalu banding berkali-kali ditolak saya cuma bisa pasrah & ikhlas sambil tetap berusaha karena memang tidak merasa seperti yang dituduhkan yaitu kebanyakan konten salinan. Akhirnya 5x mencoba banding diterima juga.
  5. Sisihkan penghasilan untuk investasi lain.
    Jika penghasilan sudah cukup sebaiknya sisihkan tiap bulan untuk modal usaha lain, entah itu online atau offline karena mencari uang online tidak selamanya manis. Kalau mau resiko kecil kamu bisa pilih berjualan online tanpa perlu membuat toko online sendiri misal jualan di Tokopedia dan lainnya.
  6. Trafik Dulu Hasil Kemudian.
    Ini yang sering dilupakan blogger yang baru mulai, mereka lebih fokus pada penghasilan bukan pada traffic atau pengunjung padahal logikanya blog dengan pengunjung sedikit apa bisa menghasilkan banyak uang dari Adsense? lalu apa yang terjadi jika akun Adsense dibanned, blog disable?. Saat memiliki blog dengan trafik tinggi misal diatas 10.000 UV per hari (versi Google Analytics) tentu banyak peluang yang bisa diperoleh selain Adsense, contoh seperti yang saya lakukan saat blog disable akhirnya saya pasang iklan dari Propellerads + ouo.io dan Alhamdulillah sudah lebih dari cukup hasilnya untuk keperluan sehari-hari.

Itulah sedikit pengalaman suka duka ngeblog dari tahun 2008 – 2016 semoga bisa menjadi pengalaman terutama bagi yang baru mulai ngeblog apalagi niat ingin mencari uang online.

Setelah mengalami banyak hal saya tetap menikmati kehidupan menjadi blogger abal-abal yang setiap hari hanya diam depan laptop.

Advertisement
Latest Comments
  1. umar danny May 3, 2016
  2. Mutamam April 25, 2016
    • Mang Cara April 25, 2016
  3. Anwariz February 21, 2016
    • Mang Cara February 21, 2016
  4. Reza February 12, 2016
    • Mang Cara February 13, 2016