Mencoba Tabungan Rencana Mandiri

Tabungan rencana Mandiri atau Mandiri tabungan rencana merupakan salah satu produk dari bank Mandiri yang memungkinkan kita menabung secara disiplin setiap bulan dengan jumlah minimal 100.000 dengan jangka waktu minimal 1 tahun.

Tidak perlu repot melakukan setoran tunai, karena saldo akan autodebet dari tabungan induk setiap bulannya pada tanggal yang telah disepakati saat kita membuka Mandiri tabungan rencana.

Advertisement

Jadi jelas yah, Mandiri tabungan rencana merupakan simpanan dengan setoran yang bisa kita tentukan minimal 100.000 dan setorannya diambil secara autodebet dari rekening tabungan Mandiri yang kita miliki, jangka waktunya bervariasi mulai 1 tahun sampai 20 tahun.

Mencoba Tabungan Rencana Mandiri

via Depositphotos

Syarat dan Cara Membuka Tabungan Rencana Mandiri

Untuk membuka rekening rencana Mandiri misal untuk persiapan pendidikan anak, dana pensiun atau keperluan lainnya berikut adalah pengalaman saya ketika membuka langsung di salah satu kantor cabang Mandiri.

  1. Hal pertama yang harus dipenuhi agar dapat membuka Mandiri tabungan rencana adalah sudah mempunya rekening Mandiri (tabungan/giro), berusia 18 tahun atau maksimal 70 saat jatuh tempo.
  2. Langkah berikutnya datang ke kantor cabang dan beritahu petugas kita akan membuka tabungan rencana.
  3. Kemudian kita akan diminta mengisi formulir aplikasi pembukaan tabungan dan menentukan jangka waktu serta berapa jumlah setoran bulanannya.
  4. Setelah proses pembukaan selesai nanti kita akan mendapat sertifikat yang bentuknya hanya satu lembar kertas yang berisi informasi setoran tiap bulan, tanggal jatuh tempo dan lain sebagainya. Pada waktu saya sertifikat ini diambil keesokan harinya, entah ini memang prosedur atau saat itu belum selesai.

Jadi saat kita membuka tabungan rencana Mandiri tidak akan mendapat buku tabungan baru lagi tetapi hanya selembar sertifikat.

Apa Kelebihannya?

  1. Tidak ada biaya administrasi sehingga uang tidak akan berkurang.
  2. Nilai bungan lebih besar dibanding dengan bungan tabungan biasa.
  3. Autodebet sehingga tidak perlu repot lagi setor tunai.

Saat membuka Mandiri tabungan rencana yang menjadi pertimbangan utama saya adalah menumbuhkan disiplin menabung setiap bulan bukan melihat nilai bunganya

Alasan membuka tabungan rencana dari Mandiri adalah untuk mempersiapkan biaya pendidikan buat anak saya karena sebentar lagi sudah masuk TK dan kebetulan saat jatuh tempo dana tersebut bisa digunakan, jadi tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya anak masuk sekolah.

Bagaimana Jika Gagal Autodebet Karena Saldo Kurang?

Satu ketika pernah saya salah melakukan perhitungan, saat akan mengambil uang tunai di ATM Mandiri tidak cek terlebih dahulu berapa saldo yang tersisa, akibatnya setelah mengambil tunai ternyata saldo yang tersisa tidak mencukupi untuk autodebet.

Karena gagal autodebet, akhirnya saya coba datang langsung ke kantor cabang untuk mengetahui apa yang akan terjadi dan setelah mendapat penjelasan ternyata jika kita gagal autodebet karena saldo tabungan Mandiri tidak mencukupi maka akan dilakukan autodebet 2x pada bulan berikutnya.

Batas maksimal autodebet gagal adalah 3x berturut-turut, artinya jika sudah 3 bulan saldo tabungan tidak cukup untuk membayar setoran rutin tabungan rencana maka tabungan rencana akan ditutup.

Bagaimana Kita Tahu Berapa Saldo Berjalan Mandiri Tabungan Rencana?

Jika kamu sudah mengaktifkan internet banking maka dengan mudah kita bisa cek berapa saldo berjalan, bunga yang didapat serta tanggal jatuh tempo lewat internet banking.

Caranya login ke akun internet banking Mandiri lalu pilih menu Informasi Rekening kemudian pilih Mandiri Tabungan Rencana. Nanti akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Bagaimana Kita Tahu Berapa Saldo Berjalan Mandiri Tabungan Rencana?

Lihat pada bagian Ledger Balance, disitulah akan tampak berapa total uang yang sudah berhasil kita kumpulkan melalui program Mandiri Tabungan Rencana.

Setelah Jatuh Tempo, Bagaimana Cara Ambil Uangnya?

Pada saat membuka tabungan rencana kalau tidak salah ingat petugas memberitahu saya bahwa saat jatuh tempo nanti uangnya akan otomatis dikreditkan atau dimasukan ke rekening tabungan utama jadi tidak perlu melakukan apapun.

Namun setelah saya mencari informasi lanjutan, saya temukan ada nasabah yang mengeluh dengan mengatakan dana tersebut tidak bisa langsung diambil alias tidak bisa langsung masuk ke rekening Mandiri kita dan harus menunggu 1 tahun sebelum bisa cari.

Jika ingin cepat cari harus mengurus langsung ke kantor cabang namun akan dikenakan denda 150.000 karena dianggap menutup tabungan rencana sebelum jatuh tempo.

Nah untuk mengklarifikasi hal ini akhirnya saya coba tanyakan langsung ke cs Mandiri via Twitter dan berikut jawabannya.

Selamat Pagi Bpk, utk Mandiri Tabungan Rencana apbila sudah jatuh tempo akan terkreditkan ke rek asal atau Induk.Tks~Dito

Jika kurang yakin berikut saya sertakan bukti SS percapakan dengan petugas tersebut via DM Twitter.

Setelah Jatuh Tempo, Bagaimana Cara Ambil Uangnya?

Nah seperti terlihat pada gambar diatas, petugas menjelaskan seperti yang diquote. Artinya dana setelah jatuh tempo akan masuk otomatis ke rekening asal atau induk tanpa harus menunggu 1 tahun seperti yang saya baca di suratpembaca (posting 5 tahun lalu)

Untuk lebih jelas lagi mungkin bisa menunggu sampai bulan April 2016 nanti saat tabungan mandiri rencana yang saya miliki jatuh tempo, semoga saja memang benar akan dikreditkan langsung apalagi pada sertifikat pun tertera seperti itu.

Pada sertfikat, tertulis dengan jelas saat jatuh tempo akan dikreditkan ke rekening : YYYYYYYY

Kesimpulan

Keuntungan utama membuka Mandiri tabungan rencana adalah membuat kita disiplin mempersiapkan dana untuk masa depan entah untuk keperluan pendidikan anak, biaya pernikahan dan sebagainya.

Karena setiap bulan kita harus melakukan setoran tunai tanpa dikenakan biaya Administrasi dengan bunga yang lebih besar tentunya dibanding tabungan biasa.

Namun sebelum memutuskan untuk mencoba tabungan rencana Mandiri ada baiknya kamu hitung terlebih dahulu berapa pengeluaran rutin kamu setiap bulannya dan apakah nominal setoran rutin akan terpenuhi atau tidak agar kamu tidak menutup ditengah jalan dan terkena denda 150.000.

Itulah sedikit pengalaman saya membuka Mandiri tabungan rencana untuk persiapan biaya anak masuk sekolah TK dan jika memang nanti setelah jatuh tempo bisa dikreditkan ke rekening utama, sepertinya saya akan kembali membuka tabungan ini untuk persiapan anak masuk SD 6 tahun lagi ๐Ÿ™‚

Tidak perlu muluk-muluk melebihi kemampuan, 100.000 per bulan saja jika dikali 6 tahun sudah cukup lumayan bukan jika hanya untuk biaya anak masuk SD, bagaimana dengan sobat sekalian apakah memiliki tabungan sejenis dari bank lain jika ya silahkan share disini ๐Ÿ™‚

Advertisement