Motor Matic Tidak Pakai Filter Udara Apa Kelebihannya

Advertisement

Ingin tarikan motor matic enteng Mangcara mencoba melepas filter udara pada honda beat dan benar saja lari motor sedikit lebih bertenaga. Karena membuka atau tidak pakai filter udara membuat suplai udara menjadi lebih banyak sehingga meningkatkan pembakaran.

Tetapi selang beberapa setelah melepas saringan udara yang Mangcara rasakan motor menjadi sulit ketika akan menghidupkan mesin. Dibutuhkan beberapa kali menekan starter untuk menyalakan motor yang menyebabkan aki cepat soak.

Mangcara pun mencoba mencari penyebab motor susah dihidupkan dengan mengecek busi, ternyata busi berkerak padahal baru sebulan mengganti busi. Dan setelah bertanya kepada bengkel, busi kotor dan berkerak bisa diakibat karena filter udara dilepas. Dia pun menyarankan agar memasang kembali saringan udara agar komponen lain tidak rusak.

Resiko Tidak Pakai Filter Udara

Motor Matic Tidak Pakai Filter Udara Apa Kelebihannya

1. Busi cepat kotor

Seperti diketahui fungsi filter udara adalah untuk menyaring debu atau kotoran halus agar tidak masuk, efeknya jika filter dibuka busi menjadi cepat kotor dan lama kelamaan akan berkerak. Apabila hal ini terjadi busi tidak bekerja maksimal karena percikan api terhambat.

2. Ruang bahan bakar cepat kotor

Pengaruh filter udara dilepas pada motor adalah membuat ruang bahan bakar cepat kotor yang beresiko membuat kerusakan pada komponen piston, ring piston jika sudah kotor potensi dinding silinder baret lebih besar.

3. Karburator/injektor kotor

Kerugian lain ketika motor tidak menggunakan filter udara karborator atau injektor menjadi lebih cepat kotor karena partikel debu bebas masuk. Yang akhirnya akan membuat spuyer atau nosel injektor tersumbat kotoran dan beresiko skep karburator tergores.

4. Boros bensin

Yang paling terasa saringan udara dilepas yaitu komsumsi bahan bakar menjadi lebih boros karena udara akan langsung membuang pantulan bahan bakar.

Mangcara pun memutuskan kembali memasang filter udara karena lebih banyak kerugian dibanding dengan kelebihannya. Berbeda dengan motor untuk balap yang tentunya sangat terdongkrak performa mesin setelah melepas filter udara karena diikuti dengan merubah settingan motor di beberapa bagian.

baca juga: membersihkan saringan udara beat f1

Sementara untuk motor matic harian seperti yang Mangcara miliki tidak pakai filter udara, peningkatkan speed motor kurang signifikan. Daripada harus kebengkel dan keluar uang banyak untuk memperbaiki motor karena rusak lebih baik pasang kembali saringan udara.

Jika sudah dipasang hal yang harus dilakukan adalah merawat filter udara dengan rajin membersihkannya namun apabila sudah 8000 sampai dengan 10000 km atau setelah pemakaian selama 6 bulan sebaiknya filter udara motor diganti. Karena harga filter udara tidak terlalu mahal contohnya untuk honda beat harganya dibawah 50 ribu rupiah.

 

Advertisement