Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Overheat! Begini Cara Bongkar Radiator Vario 110 di Rumah

Ternyata cara bongkar radiator Vario 110 tidak sulit dan bisa dilakukan sendiri di rumah, seperti pengalaman MangCara ketika sedang ngebid lampu indikator air radiator berwarna merah. Tentu saja hal ini menunjukan ada yang salah pada bagian radiator.

Karena darurat MangCara menepikan motor untuk kemudian mengisi air radiator dengan air mineral kemasan (tidak menggunakan cairan pendingin/coolant). Kemudian MangCara menjalankan motor namun ketika lalu lintas macet lampu indikator menyala kembali padahal air radiator sudah penuh.

Advertisement

Ciri reservoir tank radiator (dibawah jok) penuh yaitu ketika diisi air akan menetes kebawah melalui selang pembuangan. MangCara pun memutuskan pulang dan ingin segera membongkar untuk mengetahui masalah kenapa radiator panas.

Cara Bongkar Radiator Vario 110

Overheat! Begini Cara Bongkar Radiator Vario 110 di Rumah

Pada gambar diatas terlihat lampu indikator radiator berwarna merah meskipun air radiator pada reservoir telah diisi kemudian ditambahkan tetap saja apabila sedang macet atau berjalan perlahan tetap menyala, untuk mengeceknya ikuti langkah dibawah ini.

1. Siapkan terlebih dahulu kunci T 8 dan kunci L 7, buka baut dengan menggunakan kunci T 8 jika sudah kemudian lepas cover peunutup radiator.

Overheat! Begini Cara Bongkar Radiator Vario 110 di Rumah

2. Selanjutnya buka saluran pembuangan penampungan radiator untuk memastikan apakah air radiator masih ada atau habis, hasilnya setelah dibuka air tidak mengalir dari atas jadi selalu terbuang tidak masuk ke penampungan.

Overheat! Begini Cara Bongkar Radiator Vario 110 di Rumah

3. MangCara pun mengecek tutup atau cap radiator dan inilah penyebab radiator vario 110 cepat panas, ternyata lapisan karet cap radiator sudah rusak dan menipis.

Overheat! Begini Cara Bongkar Radiator Vario 110 di Rumah

Setelah tutup radiator dicabut seketika air dari tangki reservoir radiator mengalir ke penampungan, akhirnya MangCara mengganti tutup radiator dengan yang baru.

Baca juga: langkah langkah membersihkan filter udara beat sendiri

Untung saja yang rusak hanya karetnya karena apabila bagian thermostat radiator yang rusak harus mengeluarkan uang lebih banyak. Salah satu cara merawat radiator vario 110 karburator yaitu dengan memastikan apakah air masih banyak dan mengalir.

Kemudian apabila ada waktu silahkan radiator dikuras mengingat kondisi motor yang sudah lama, karena biasanya pengguna termasuk MangCara hanya fokus mengganti oli rutin saja. Padahal walaupun oli masih ada, tetapi radiator bermasalah tentunya akan merusak kinerja mesin.

Seperti bagian seher yang akibatnya motor macet bahkan turun mesin, untuk menghemat biaya tidak perlu ke bengkel sebaiknya mengetahui cara bongkar radiator vario 110 di rumah, terkecuali radiator bocor dan harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman seperti montir barulah mendatangi bengkel.

Advertisement

Leave a Reply