Pengalaman Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Mati Ngedadak

Pada musim hujan lebih sering mengganti pakaian apalagi memiliki anak kecil entah itu maen becekan atau hujan hujanan. Sudah pasti pakaian dan celananya diganti hal ini menambah kerja ekstra bunda dalam hal mencuci pakaian, apalagi jika pengering mesin cuci mati.

Selain mengandalkan cahaya matahari untuk proses pengeringan tentunya pengering mesin sangat membantu karena pada musim penghujan matahari muncul relatif lebih singkat. Apabila pengering mesin cuci macet akan sangat merepotkan.

Advertisement

Seperti pengalaman MangCara beberapa waktu lalu mengalami kendala mesin cuci tidak berputar. MangCara pun pasrah dan berpikir nanti kalau ada rezeki akan memanggil tukang servis mesin cuci ke rumah. Tetapi ada tetangga yang mengatakan mending perbaiki sendiri dulu setelah mendengarkan kata katanya pengering pun bisa menyala kembali.

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Mati

Pengalaman Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Mati Ngedadak

Sebenarnya caranya sederhana sekali yang dilakukan MangCara seperti yang disarankan tetangga yaitu dengan cara mengangkat sedikit bagian pengering kemudian putar kekanan (searah jarum jam). Dan pengering mesin cuci dapat muter kembali.

Hal ini terjadi karena pengering mesin cuci mendapat beban pakaian basah melebihi kapasitasnya,. Tetapi jika cara diatas tidak berhasil Anda dapat mencoba beberapa cara berikut.

Kemungkinan Pengering Mesin Cuci Macet

Ada Kabel Putus

Tidak jarang penyebab pengering mati adalah ada kabel putus dimakan tikus karena sudah bukan rahasia mesin cuci merupakan tempat favorit hewan pengerat ini. Jika kabel putus silahkan sambung kembali sesuai dengan warna kabel agar kuat gunakanlah isolatif.

Tali Rem Pengering Putus

Fungsi dari dari tali rem adalah untuk menghentikan dinamo ketika penutup pengering dibuka sehingga apabila putus pengering tidak dapat berputar. Solusinya harus menggantinya komponen tersebut dan untuk menghindarinya jauhkan dari gigitan tikus seperti memberikan kamper atau kapur barus di bagian dalam mesin cuci.

Kapasitor Pengering Rusak

Suara mendengung namun dinamo tidak berputar ketika timmer pengering dijalankan merupakan indikasi kapasitor mengalami kerusakan. Suara dengung disebabkan karena adanya arus yang masuk ke dinamo tetapi dinamo tidak berputar. Untuk memperbaikinya harus mengganti dengan yang baru agar tidak salah membeli sebaiknya dibawa contoh kapasitor ke toko suku cadang.

Rusaknya Timmer Pengering

Berbeda dengan kapasitor pengering bermasalah jika timmer rusak tidak ada suara dengung pada dinamo, penyebabnya bisa karena per yang tidak lagi memiliki daya pegas untuk memutar. Tidak ada cara lain kecuali dengan membeli timmer baru.

Dinamo Terbakar

Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi dinamo pengering akibat seal pengering bocor sehingga ada ruang untuk masuk. Sebaiknya apabila tidak paham memanggil jasa servis mesin cuci terdekat atau jika mengerti dapat membongkar dinamo untuk digulung.

Selain seal pengering bocor adalah karena adanya sumbatan pada saluran pembuangan pengering yang biasanya diakibatkan oleh kaus kaki atau sarung tangan.

Itulah pengalaman memperbaiki pengering mesin cuci mati, sebagai informasi MangCara melakukan cara diatas pada mesin cuci Panasonic 2 tabung. Dan sebagai saran sebaiknya perhatikan ketika memasukkan pakaian untuk dikeringkan agar pengering tidak cepat rusak.

Sekian terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave a Reply