Pengalaman Memperbaiki Printer Tidak Mau Jalan/Ngadat

Kemarin seorang teman menginstall printer HP Deskjet F2476 yang sudah lama tidak digunakan tetapi ketika sudah beres install dia mengeluh karena printer miliknya tidak merespon perintah print. Padahal cara install printer HP sudah sesuai dan menggunakan CD driver asli.

Kebetulan MangCara sedang main ke rumahnya dan diminta tolong membantunya untuk memperbaiki printer tidak mau jalan tersebut. Padahal MangCara bukan tukang servis printer atau ahli apapun hanya terkadang ingin mencoba berdasar pengalaman pribadi.

Advertisement

Karena pernah mengalami printer yang tidak mau ngeprint, akhirnya memberanikan diri mengoprek dan ternyata ketika ingin mencetak dokumen muncul menu HP solution center dengan tulisan “Incompatible Cartridge(s)”.

Dari situ juga terlihat penyebab printer HP Deskjet F2476 tidak bisa ngeprint, bagi yang ingin tahu cara mengatasi error printing dapat membaca pengalaman pribadi MangCara dibawah.

Cara Memperbaiki Printer Tidak Mau Jalan Atau Ngeprint

MangCara yakin bagi yang sudah paham komputer printer tidak bisa print seperti gambar dibawah adalah hal mudah, tetapi untuk yang belum tahu bisa menjadi masalah seperti yang dialami teman saya.

Pengalaman Memperbaiki Printer Tidak Mau Jalan Atau Ngeprint

Cara mengatasi printer HP yang mau ngeprint adalah dengan mencopot salah satu cartridge HP Deskjet F2476 kebetulan yang diberi centang cartrideg warna. Dan betul saja setelah dicopot akhirnya printer dapat digunakan untuk tinta yang warna hitam saja.

Pengalaman Memperbaiki Printer Tidak Mau Jalan Atau Ngeprint

Sambil cek harga cartridge HP Deskjet F2476 printer tersebut digunakan karena dokumen penting yang dicetak tidak memerlukan color ink. Sebenarnya ada masalah satu lagi sebelum masalah printer yang tidak mau jalan yaitu laptop tidak mau ngeprint dan muncul tulisan seperti pada gambar dibawah.

Pengalaman Memperbaiki Printer Tidak Mau Jalan Atau Ngeprint

MangCara juga tidak tahu penyebab pastinya tetapi setelah diperbaiki Microsoft Office, entah ada hubungan atau tidak yang jelas printer pun dapat digunakan. Itulah pengalaman MangCara ketika memperbaiki printer tidak mau jalan.

Semoga dapat bermanfaat sebagai catatan MangCara bukan ahli memperbaiki hanya mencoba sama seperti pengalaman memperbaiki kompor gas api mati sebelah. Dan mungkin cara diatas setelah diikuti hasilnya berbeda tergantung permasalahan printernya juga.

Advertisement
Latest Comments
  1. Vanisa Desfriani February 12, 2018

Leave a Reply