Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengemudi Jarang Tahu Tulisan 4 Digit Angka Pada Ban Motor

Sebagai pengguna sepeda motor MangCara baru mengetahui arti tulisan 4 digit angka pada ban motor ketika mengikuti sesi safety riding yang wajib diikuti saat daftar Grabbike. Ternyata 4 angka tersebut merupakan kode tahun pembuatan ban.

Selain di motor kode produksi juga tertera pada ban mobil, tentunya bukan angka tanpa makna melainkan memiliki fungsi untuk mengetahui kadaluarsa ban. Menurut mentor saat safety riding umur ban maksimal 3 tahun sejak ban di produksi.

Advertisement

Artinya meskipun ban yang ada di toko masih baru apabila melewati 3 tahun kondisinya sudah tidak layak digunakan. Karena bahan dasar ban adalah karet yang akan kehilangan kelenturan dan menjadi getas pada periode tertentu.

Arti Tulisan 4 Digit Angka Pada Ban

Pengemudi Jarang Tahu Tulisan 4 Digit Angka Pada Ban Motor

Selain terdapat tulisan ukuran ban, dan standar tekanan udara, jika diperhatikan ada tanda kapan ban dibuat yaitu berupa 4 digit angka. Contohnya MangCara membeli ban tubeless depan belakang di ban motor terdapat angka 4818.

Baca juga: penyebab ngantuk waktu bawa motor

Apabila sudah paham cara membaca kode ban tentu saja tidak akan bingung angka tersebut menandakan apa. Namun bagi pengguna banyak juga yang tidak mengetahui fungsinya, oke langsung saja angka 48 (yang diberi kotak merah) adalah pembuatan ban pada minggu ke 48 atau sekitar November.

Kemudian angka 18 (yang diberi kotak kuning) merupakan tahun ban di produksi yaitu tahun 2018, dengan demikian ban motor sangat layak dipakai karena pada saat MangCara beli umur ban sekitar 6 bulan saja.

Menurut MangCara dapat mengetahui kode ban sangat penting karena terkadang ada ban dengan merk terkenal dijual dengan harga murah atau mendapat diskon. Terutama menjelang lebaran dimana banyak orang yang menggunakan motor sebagai sarana mudik ke kampung halaman.

Sudah menjadi hal lumrah ketika akan lebaran banyak pemilik kendaraan motor mengantri di toko ban untuk ganti ban baru.

Sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi dan kode pada ban, jangan tergiur ban merk terkenal tetapi harganya murah karena apabila sudah kadaluarsa ketika digunakan ban akan terasa keras dan tidak menempel ke aspal. Demikianlah informasi tentang tulisan 4 digit angka pada ban motor dan mobil.

Advertisement

Leave a Reply