Persiapan Motor Menyambut Musim Hujan

Bulan memasuki bulan dengan akhiran “BER” yaitu September, Oktober, November, Desember biasanya musim penghujan tiba. Agar ketika berkendara aman dan lancar sebaiknya melakukan persiapan motor untuk menyambut musim hujan.

Jangan sampai motor mogok saat hujan apalagi sedang menuju tempat kerja pasti akan merepotkan. Atau tergelincir ketika melibas jalanan yang penuh genangan air yang tentunya akan membahayakan diri sendiri atau pengguna jalan lain.

Advertisement

Pada kesempatan ini MangCara akan berbagi informasi apa saja yang harus dilakukan pada motor ketika musim hujan datang., untuk selengkapnya hal apakah yang harus diperhatikan silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Persiapan Motor Saat Musim Hujan

Persiapan Motor Menyambut Musim Hujan

pixabay.com

1. Periksa Kondisi Ban

Apabila ban sudah botak sebaiknya diganti karena dapat membahayakan, dalam pemilihan ban sebaiknya memperhatikan dua hal yaitu daya cengkram dan daya bilas air di aspal. Caranya dengan melihat parit atau celah ban kemudian compound ban.

Compound ban yang bagus untuk musim hujan adalah yang soft atau medium compound karena daya cengkramnya lebih baik, tetapi ban relatif cepat habis dalam pemakaian. Sementara celah ban terkadang pengendara lebih memilih keinginan dibanding kebutuhan.

Padahal di musim hujan celah ban harus lebih banyak dibanding ban yang digunakan ketika jalanan kering, konsekuensinya celah ban yang banyak akan mengurangi top speed. Tetapi ketika jalanan basah tidak mungkin menggeber motor seperti jalan kering.

Baca juga: Apa sih arti 4 angka pada ban motor

2. Cek Tekanan Ban

Jika tekanan udara dalam ban kurang maka telapak ban yang bersentuhan dengan jalan semakin banyak akibatnya ban akan cepat habis/gundul selain itu tarikan motor menjadi berat.

3. Mengecek Rantai

Untuk motor bebek atau motor sport masih menggunakan rantai untuk menggerakan roda belakang dan sekarang hampir tidak ada yang menggunakan penutup rantai. Sebaiknya berikan grease atau gemuk karena air hujan dapat membuat rantai motor berkarat dengan sifat keasamannya.

4. Mengecek Kanvas Rem dan Cakram Rem

Kanvas terbuat dari bahan asbes apabila terkena air akan menggelembung dan mengeras ketika kering untuk apabila motor dicuci setelah terkena air hujan injak atau tarik pedal rem supaya kanvas rem kering sebelum motor dikendarai.

Sementara yang menggunakan rek cakram dibersihkan karena rek cakram posisinya terbuka sehingga jika melewati genangan air kotoran akan menempel pada cakram motor.

5. Memeriksa busi

Untuk motor bebek posisi busi rentan terkena air sehingga sebaiknya isolasi sambungan antara kabel dari koil dan cangklong yang berpotensi air masuk.

5. Karburator

Beberapa pengendara sepeda motor ada yang mencopot filter karburator dan ini akan bisa menyebabkan motor mogok saat hujan untuk itu dipasang kembali. Selanjutnya perhatikan sambungan manifold apakah sudah rapat atau belum disamping itu pastikan celah kabel gas dan lubang tutup karburator tertutup karena jika tidak motor akan brebet.

Itulah beberapa persiapan motor menyambut musim hujan tentunya selain memperhatikan hal diatas jangan lupa untuk mencuci motor setelah terkena air hujan karena kandungan zat asam pada air hujan berpotensi mengurangi kilau pada cat.

Selain untuk kebersihan dengan mencuci motor dapat mencegah timbulnya karat, demikianlah informasi singkat tersebut semoga dengan melakukan persiapan diatas performa motor tetap baik selama musim hujan.

Advertisement

Leave a Reply