Seribu Pengunjung Per Hari Butuh Berapa Lama, Berapa Artikel?

Bagaimana mendapatkan 1000 pengunjung per hari? itu yang terlintas dibenak saya ketika mulai membuat blog baru, akhirnya setelah mencoba berbagai cara saya berhasil memiliki beberapa blog dengan visitor 3.000 – 25.000 per hari (visitor bukan page view) yang 90% datang dari mesin pencari terutama Google.

Mempunyai blog trafik tinggi alias banyak pengunjung tentu menjadi idaman bagi kebanyakan blogger termasuk saya, walau untuk mangcara.com sepertinya akan lebih ke blog personal yang isinya berbagai pengalaman selama ngeblog bukan fokus pada penghasilan terutama Google Adsense, karena sampai saat ini saya belum putuskan untuk pasang Adsense di mangcara.com

Advertisement

Pada kesempatan kali ini saya akan coba berbagi pengalaman, membangun blog baru dengan target mendapat banyak pengunjung.

Seribu Pengunjung Per Hari Butuh Berapa Lama, Berapa Artikel?

via depositphotos.com

Seribu Pengunjung Per Hari Butuh Berapa Lama dan Berapa Artikel?

Tulisan ini berdasarkan pengalaman ketika saya membuat blog baru (kalau tidak salah ada 6 blog yang menggunakan cara sama) dengan hasil hampir sama pula.

Setelah saya perhatikan ternyata butuh waktu 2-4 bulan untuk bisa mendapat 1000 pengunjung unik perhari, dengan optimasi seadanya.

Artinya saya lebih fokus pada konten dibanding memikirkan SEO ini itu apalagi backlink, jadi nulis komen dan share ke sosial media terutama Google Plus, Twitter dan Facebook.

Seribu Pengunjung Per Hari Butuh Berapa Lama dan Berapa Artikel?

Pada gambar diatas (tanda panah) itu adalah hari dimana mangcara.com mendapat 1.000 pengunjung lebih dengan statistik sebagai berikut:

  1. Umur domain mang cara yang saya sewa di namesilo ini baru berusia 4 bulan kurang, tepat 4 bulan nanti tanggal 24 Februari 2016.
  2. Jumlah artikel 60 sampai hari ini, mencapai 1.000 UV saat total artikel 57 buah.
  3. Traffic 90% dari mesin pencari.

Bukan blog produktif memang, karena sudah lebih dari 100 hari, hanya sanggup diisi 60 artikel πŸ™‚

Artikel ini hanya sekedar share, bukan pameran πŸ™‚ karena apa hebatnya 1000 pengunjung toh blogger lain banyak yang memiliki puluhan kali lipat pengunjung sehari

Bagaimana Cara Mendapat 1000 Pengunjung Lebih Per Hari?

Jawabannya pasti standar, konten konten konten πŸ™‚

Yang menjadi jlimet adalah konten seperti apa yang bisa menghasilkan banyak pengunjung. Terlepas dari itu, saya coba berbagi pengalaman setelah mencoba trik yang sama pada 6 buah blog dan rata-rata bisa mendapat 1.000 UV per hari dalam waktu 2-3 bulan dengan jumlah artikel 30-60 buah.

#1 – Tentukan Tema Blog

Kalau bisa yang paling kita kuasai karena dengan begitu akan lebih mudah menulis dan bisa lebih mendalam pembahasannya dibanding blog lain yang sudah ada.

#2 Buat Draft Kategori Apa Saja Yang Akan Kita Tulis

Setelah menentukan tema, selanjutnya kita buat draft di notepad atau kertas coretan kategori apa saja yang akan kita bahas pada blog tersebut, tujuannya agar lebih mudah mengelompokan tulisan serta mudah mencari ide apa yang akan ditulis.

#3 Riset Keyword dan Menulis Konten Cara Mudah

Riset Keyword dan Menulis Konten Cara Mudah

Jujur saja saya malas memakai tools ini itu termasuk Google Keyword Planner, cukup menggunakan Google Search untuk riset keyword berdasar kategori yang sudah kita tentukan.

Contoh, saya akan membuat blog gado-gado kemduain target keyword adalah cara kirim paket ke luar negeri. Ketik kata kunci tersebut di Google danΒ  muncul seperti gambar berikut.

Riset Keyword Cara Culun

Lihat yang dicetak tebal (bold) itulah kata kunci lain yang akan disisipkan pada artikel yang akan dibuat.

Kemudian tekan spasi pada keyboard dan akan muncul kembali kata kuncil lain yang sering dicari orang yaitu.

Riset Keyword 2

Jika diperhatikan ada perbedaan dari hasil pencarian diatas, yaitu (lihat yang bold)

  1. Pada hasil pertama ada tambahan kata “jasa pengiriman barang” bukan lagi paket tetapi barang. Serta ada kata kunci lain yang berhubungan yaitu murah, paling murah dan fedex
  2. Pada hasil kedua (setelah tekan space bar di keyboard) muncul tambahan lewat pos, lewat jne

Kesimpulan

Setelah melakukan riset kata kunci sederhana diatas maka yang akan saya lakukan adalah:

  1. Menulis artikel dengan kata kunci utama “cara kirim paket ke luar negeri” dengan judul “Daftar cara kirim paket ke luar negeri paling murah”
  2. Pada artikel tersebut akan membahas bagaimana cara kirim paket ke luar negeri menggunakan berbagai jasa expedisi yang ada, termasuk berapa tarifnya kemudian simpulkan mana yang paling murah, Jangan membohongi pengunjung dengan judul.
  3. Akan saya buat artikel tambahan untuk internal link, dengan target kata kunci no. 1 sebagai anchor text. Misal saya akan buat lagi artikel dengan judul “Bagaimana Cara kirim paket lewat laut”
  4. Lakukan lagi riset kata kunci yang masih berhubungan dengan kata kunci utama dan buat artikel lagi dengan internal link ke artikel 1 & 2

Poin ini adalah yang paling penting, karena tidak jarang blog dengan artikel ratusan tapi pengunjung jongkok, jika kamu alami seperti itu coba perbaiki dan lakukan perencanaan ulang terutama riset keyword.

#4 – Blogwalking & Share Artikel Ke Sosmed

Blogwalking tidak kalah penting dengan riset keyword, tidak peduli link yang dihasilkan dari komentar tersebut nofollow atau dofollow tetapi setelah saya lakukan teknik yang sama yaitu intensif blogwalking dan share posting ke sosmed hasilnya cukup memuaskan.

Dari 2010 saya masih melakukan teknik ini dan masih cukup berhasil untuk sedikit membentu dalam urusan extenal seo.

Bahkan satu blogspot yang sudah ditinggal dari 2012 lalu sampai saat ini ada beberapa kata kunci yang masih manteng di halaman satu posisi satu dan dua.

#5 – Konsisten

Tips ke-5 adalah konsisten, jika berharap memiliki blog bisa mendapat banyak pengunjung maka konsisten dalam mengurus blog adalah sangat penting.

Dengan terus menulis artikel, bot mesin pencari akan semakin sering datang dan biasanya selain mempercepat terindex Google, hasil lain adalah lambat laun artikel-artikel dengan kata kunci yang ditargetkan posisi di mesin pencari akan semakin baik dan bertahan lama.

#6- Sabar Sabar & Sabar

Membuat blog yang bisa menghasilkan uang banyak dengan pengunjung tinggi bukan sulap atau sihir tapi butuh proses dan waktu.

Dari pengalaman saya, biasanya blog mulai terlihat sukses atau gagal ketika masuk usia 3 bulan, selanjutnya bisa dibilang stabil setelah lebih dari 1 tahun.

Stabil dalam artian tahan banting terutama ketika ada perubahan Algoritma Google.

#7 – Ulang & Ulangi

Setelah kita menjalankan sampai langkah ke-6 yang terakhir adalah mengulang, ya ulangi semua langkah dari awal dengan target kata kunci baru.

Dengan begitu semakin banyak kata kunci yang ditargetkan maka akan semakin besar kemungkinan mendapat lebih banyak pengunjung.

Terutama saat salah satu kata kunci kalah bersaing dengan blog lain misalnya, kita masih punya keyword lain yang bisa mendatangkan pengunjung dengan demikian akan terhindar dari yang namanya kehilangan trafik drastis.

#Tambahan

Yang terakhir ingin saya tambahkan dengan harapan blog kamu bisa mendapat banyak pengunjung setelah mencoba tips yang saya bagikan diatas adalah :

  1. Jujur, Informatif & Faktual, Tulis artikel dengan jujur tidak perlu manipulasi kata kunci hanya untuk mengecoh Google, utamakan pengunjung bukan mesin pencari. Dengan membuat artikel yang informati dan faktual (sesuai kemampuan kita) maka tidak jarang kita mendapat bonus backlink gratis.Misal karena ada yang merasa artikel kita bermanfaat atau bisa menjadi solusi masalah pembaca, tidak jarang orang tersebut membagikan artikel kita ke situs sosmed bahkan ke forum2, atau yahoo answer dan akibatnya selain mendapat backlink gratis kita juga bisa mendapat tambahan traffic selain dari mesin pencari.
  2. Jangan Fokus Pada Penghasilan Dulu, ini yang sering terjadi pada blogger yang baru mulai. Mereka lebih sibuk melihat report earning, Adsense misalnya. Akibatnya bukan fokus meningkatkan traffic mereka malah pusing mikirin penghasilan ga nambah-nambah.

Penutup

Jika kamu sudah selesai membaca dari awal sampai akhir dan mengerti poin-poin yang saya sebutkan, segera praktekan.

Jangan percaya dengan semua teori diatas karena bisa jadi hanya dongeng belaka πŸ™‚

Saya hanya blogger gurem jadi maaf jika semua teori yang disampaikan diatas kurang masuk akal, tidak bermutu dan sebagainya.

Namun dengan mempraktekan cara diatas dari 2010, salah satu blog yang saya kelola dengan serius dengan artikel sedikit Alhamdulillah saat ini pengunjungnya bisa mencapai lebih dari 20.000 pengunjung unik per hari (bukan mangcara.com).

Advertisement
Latest Comments
  1. Kang El April 9, 2016
  2. Ahmad sufyan March 2, 2016
    • Mang Cara March 8, 2016
  3. dodi setiadi February 27, 2016
  4. Rudy February 23, 2016
    • Mang Cara February 23, 2016
  5. Ricky February 18, 2016
    • Mang Cara February 18, 2016
  6. eka fikry February 14, 2016
  7. Sandi Iswahyudi February 13, 2016
    • Mang Cara February 13, 2016