---Advertisement---

Cara Installasi Python dan VS Code di MacOS

By Mang Cara

Published on:

Cara Installasi Python dan VS Code di MacOS
---Advertisement---

Sobat MangCara, dalam artikel ini kita akan membahas langkah-langkah untuk menginstall Python dan Visual Studio Code (VS Code) di MacOS.

Python adalah bahasa pemrograman populer yang sering digunakan untuk pengembangan web, analisis data, dan kecerdasan buatan.

Sementara itu, VS Code adalah salah satu editor kode sumber yang sangat populer di kalangan pengembang software.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat dengan mudah menginstal dan mulai menggunakan Python dan VS Code di sistem operasi MacOS Anda.

Langkah 1: Menginstal Python

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menginstal Python di MacOS. Python biasanya sudah terpasang di MacOS secara default, tetapi kita akan memastikan bahwa versi Python yang terinstal adalah yang terbaru. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka terminal di MacOS Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Command + Spasi, kemudian ketik “terminal” dan pilih Terminal dari hasil pencarian.
  2. Ketik perintah berikut di terminal untuk menginstal Homebrew, package manager yang akan membantu kita menginstal Python:
/bin/bash -c "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/HEAD/install.sh)"
  1. Tunggu proses instalasi Homebrew selesai. Setelah selesai, ketik perintah berikut untuk menginstal Python:
brew install python

Langkah 2: Menginstal Visual Studio Code

Setelah menginstal Python, langkah berikutnya adalah menginstal Visual Studio Code. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs web resmi VS Code di https://code.visualstudio.com/
  2. Unduh paket instalasi untuk MacOS dan buka file yang telah diunduh.
  3. Geser ikon VS Code ke folder “Applications” untuk menginstal aplikasi.

Langkah 3: Mengatur Lingkungan Pengembangan Python di VS Code

Setelah menginstal Python dan VS Code, kita perlu mengatur lingkungan pengembangan Python di VS Code agar dapat menggunakan Python dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka VS Code dari folder “Applications” atau melalui Spotlight.
  2. Pilih opsi “Extensions” di panel samping kiri.
  3. Ketik “Python” di kolom pencarian dan pilih ekstensi “Python” dari Microsoft.
  4. Klik tombol “Install” untuk menginstal ekstensi Python.
  5. Tunggu proses instalasi selesai.
  6. Sekarang, Anda dapat membuat dan menjalankan program Python di VS Code.

Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah untuk menginstal Python dan VS Code di MacOS. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda sekarang dapat menginstal Python dan VS Code dengan mudah di komputer Mac Anda. Python adalah bahasa pemrograman yang populer dan kuat, sementara VS Code adalah editor kode sumber yang hebat dengan banyak fitur yang berguna.

Sekarang, Anda siap untuk memulai pengembangan dengan Python dan menggunakan VS Code sebagai editor utama Anda. Dengan kombinasi ini, Anda akan dapat membuat aplikasi, mengembangkan situs web, melakukan analisis data, dan bahkan membangun kecerdasan buatan. Ingatlah untuk selalu mengupdate Python dan VS Code ke versi terbaru untuk memanfaatkan fitur-fitur baru dan perbaikan keamanan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau mengalami kesulitan selama proses instalasi, jangan ragu untuk mencari bantuan di komunitas pengguna Python atau VS Code. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda dalam perjalanan Anda sebagai pengembang.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat MangCara! Semoga langkah-langkah yang telah dijelaskan dapat membantu Anda menginstal Python dan VS Code dengan sukses di MacOS. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Mang Cara

Mantan pekerja kantoran yang ingin kembali menjadi blogger, hanya bisa menulis apa yang saya tahu tidak lebih tidak kurang :) Terimakasih Telah Berkunjung

---Advertisement---

Related Post

Cara Membalikkan String dengan Python

10 Cara Menghapus Duplikat dari Daftar Python

Apa Itu Variabel Python?

Apa Itu Python Comments?