---Advertisement---

Canggih! Ini Bocoran Fitur Android 14 dan Daftar HP yang Akan Menggunakannya

By Mang Cara

Published on:

Fitur Android 14
---Advertisement---

Tiap tahun, Google biasanya meluncurkan sistem operasi smartphone terbarunya. Berdasarkan urutan, tahun ini Google akan mengenalkan Android 14. Sistem operasi terbaru ini biasanya dikenalkan dalam acara Google I/O yang diselenggarakan pada akhir kuartal-I atau kuartal-II.

Meskipun belum diumumkan secara resmi, beberapa bocoran mengenai fitur Android 14 sudah beredar. Beberapa sumber berpendapat bahwa Android 14 akan mulai diuji coba dalam waktu dekat. Pertama, Android 14 akan dikirimkan kepada para pengembang dalam versi Developer Preview.

Kemungkinan besar, uji coba ini akan dilakukan pada Google Pixel pada Februari 2023. Kedua, sistem operasi ini akan dirilis dalam versi beta pada Mei nanti. Ini mengacu pada kebiasaan Google yang biasanya menyelenggarakan acara tahunan Google I/O pada bulan Mei setiap tahun, seperti yang dikutip oleh MangCara.com dari Giz China.

Rilis versi final Android 14 diperkirakan akan diumumkan pada kuartal III atau kuartal IV 2023. Seperti diketahui, Android 13 juga diluncurkan Google pada Agustus tahun lalu. Rumor tentang Android 14 mulai beredar sejak tahun lalu karena memiliki nama “Upside Down Cake”.

Kode tersebut tercantum dalam dokumen yang mengumpulkan seluruh kode nama Android yang telah dirilis. Belum jelas apakah nama tersebut memiliki makna atau tidak, namun nama kue tersebut dimulai dengan huruf “U”, yang mengikuti huruf “T” dari kode nama Tiramisu untuk Android 13.

Berikut adalah daftar smartphone yang diperkirakan akan menerima pembaruan sistem operasi Android 14:

  • Google Pixel 4a
  • Google Pixel 5
  • Google Pixel 5a
  • Google Pixel 6
  • Google Pixel 6a
  • Google Pixel 6 Pro
  • Google Pixel 7
  • Google Pixel 7 Pro.
  • Fitur baru Android 14

1. Material You

Material You akan tersedia seperti di Android 13. Pengguna dapat menyesuaikan tampilan antarmuka dengan lebih bebas. Misalnya, memilih wallpaper dan sistem akan secara otomatis menentukan warna dominan yang bagus.

Warna tersebut akan diterapkan pada notifikasi, lock screen, volume, widgets, dan lainnya sehingga tampilan menjadi lebih serasi. Keunikan ini diperkirakan akan menjadi daya tarik utama bagi Google saat mengumumkan Android 14.

2. Health Connect

Fitur “Health Connect” adalah yang kedua. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memantau kondisi kesehatan dan aktivitas olahraga mereka melalui beberapa perangkat yang berbeda.

Karena bisa terhubung dengan beberapa perangkat, hal ini memudahkan pengguna untuk memantau kondisi kesehatan dan aktivitas olahraga dari perangkat yang berbeda tanpa harus memindahkan data atau menentukan target aktivitas olahraga dari satu perangkat ke perangkat lain.

3. Konektivitas Satelit 

Menurut bocoran, Google akan memasukkan fitur konektivitas satelit di Android 14. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi melalui sambungan satelit, bahkan saat berada di daerah tanpa akses internet. Smartphone yang mungkin memiliki fitur ini adalah produk Pixel dari Google.

Namun, hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai biaya untuk menggunakan fitur konektivitas satelit ini. Perlu diingat bahwa fitur Emergency SOS berbasis satelit pada iPhone 14 series milik Apple hanya bisa digunakan gratis selama dua tahun saja.

4. Gestur Navigasi Baru

Android 14 kabarnya akan meningkatkan fitur gestur navigasi, mempermudah pengguna untuk berpindah antar aplikasi. Saat ini, pengguna bisa menggeser layar ke kanan atau kiri untuk kembali ke aplikasi sebelumnya, menggeser bawah layar untuk kembali ke “Home”, atau menggeser dan memegang bawah layar untuk melihat aplikasi yang sudah dibuka sebelumnya.

Selain itu, Android 14 juga kabarnya akan meningkatkan manajemen jaringan data internet agar lebih hemat. Fitur lainnya adalah sistem akan menyimpan file media secara otomatis ke galeri, dan memberikan pilihan izin akses media yang lebih detail kepada aplikasi, memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna untuk membagikan informasi sensitif.

Mang Cara

Mantan pekerja kantoran yang ingin kembali menjadi blogger, hanya bisa menulis apa yang saya tahu tidak lebih tidak kurang :) Terimakasih Telah Berkunjung

---Advertisement---

Related Post

Apakah Bluetooth dan Wi-Fi dapat Membuat Boros Baterai HP?

10 Cara Mengetahui Aplikasi yang Memakan Banyak Daya Baterai pada HP Android

Cara Mengoptimalkan Pengaturan Baterai pada HP Android untuk Menghemat Daya

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Mengganggu