---Advertisement---

Lupa Password Akun Gmail? Ini Cara Melihat atau Mereset Password Email

By Mang Cara

Published on:

Lupa Password Akun Gmail
---Advertisement---

Gmail atau Google Mail merupakan salah satu layanan email yang banyak digunakan oleh orang-orang. Untuk dapat menggunakan akun Gmail, kita perlu memiliki alamat email dan password. Namun, terkadang kita sering lupa password akun email kita, sehingga kita tidak dapat masuk ke akun tersebut.

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mereset password akun email kita, seperti menggunakan fitur “Lupa Kata Sandi” pada halaman login Gmail, menggunakan fitur “Google Account Recovery”, atau menggunakan aplikasi “Google Authenticator”. Selain itu, kita juga bisa menghubungi tim dukungan Google untuk meminta bantuan mengenai reset password akun email kita.

Lupa password akun email adalah hal yang biasa terjadi, terlebih di zaman sekarang dimana setiap akun media sosial atau aplikasi membutuhkan password untuk menjamin keamanan akun. Namun, jika kita lupa password akun email kita, bagaimana cara melihat atau mereset password tersebut?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, terutama untuk akun Gmail, yaitu dengan menggunakan fitur “Lupa Kata Sandi” pada halaman login Gmail, menggunakan fitur “Google Account Recovery”, atau menggunakan aplikasi “Google Authenticator”. Selain itu, kita juga bisa menghubungi tim dukungan Google untuk meminta bantuan mengenai reset password akun email kita.

Cara Melihat Sandi Email

Cara Melihat Sandi Gmail Melalui Laptop/PC

Untuk melihat password akun Gmail melalui laptop atau PC, pertama-tama buka browser Chrome di perangkat kalian.

  • Pastikan Chrome sudah login dengan profil akun Google yang kalian miliki.
  • Setelah itu, klik ikon titik tiga pada browser Chrome, lalu pilih ‘Settings’.
  • Pada halaman baru yang muncul, carilah pilihan ‘Autofill’ di menu sebelah kiri, kemudian pilih ‘Password Manager’.
  • Akan muncul informasi username dan password pada beberapa situs yang pernah dikunjungi.
  • Carilah akun Gmail yang ingin kalian lihat passwordnya, lalu klik ikon mata atau ‘Show Password’ untuk menampilkan password tersebut.
  • Dengan demikian, kalian sudah bisa melihat password akun Gmail melalui laptop atau PC.

Cara Melihat Sandi Gmail Melalui HP

Untuk melihat password akun Gmail melalui ponsel, pertama-tama buka aplikasi Chrome di ponsel kalian. Setelah itu, klik ikon titik tiga yang berada di bagian kanan atas, lalu pilih menu ‘Settings atau setelan’.

  • Carilah pilihan ‘Sandi’, kemudian pilih akun Gmail yang ingin kalian lihat passwordnya.
  • Nantinya akan muncul menu kelola kata sandi, carilah situs Gmail, lalu klik ikon mata untuk menampilkan password tersebut.
  • Biasanya, kalian akan diminta untuk melakukan verifikasi menggunakan PIN atau sidik jari untuk masuk ke ponsel.
  • Setelah berhasil melewati verifikasi, kalian bisa melihat password akun Gmail melalui ponsel.

Perlu diingat bahwa cara-cara di atas hanya bisa dilakukan jika kalian sudah login ke browser Chrome menggunakan akun Gmail kalian. Selain itu, cara tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk melihat password akun Gmail, tapi juga bisa digunakan untuk melihat informasi username dan password akun lain dari beberapa website yang pernah kalian login sebelumnya.

Jika kalian mengalami kesulitan dalam mengingat password, kalian bisa memanfaatkan fitur ‘Save Password’ atau ‘Simpan Sandi’ secara otomatis pada akun Google kalian. Dengan fitur tersebut, kalian tidak perlu mengingat password akun tersebut setiap kali login ke website tersebut.

Cara Menyimpan Password di Chrome secara Otomatis

Untuk menyimpan password akun secara otomatis di Chrome, pertama-tama buka browser Chrome. Kemudian, klik ikon titik tiga yang berada di bagian kanan atas, lalu pilih opsi ‘Settings’.

  • Carilah pilihan ‘Autofill’, kemudian klik ‘Password Manager’.
  • Setelah itu, aktifkan fitur ‘Offer to Save Password’ dengan mencentang kotak yang tersedia.
  • Setelah itu, kalian bisa mencoba login ke akun yang ingin kalian simpan passwordnya.
  • Jika Chrome menawarkan untuk menyimpan password akun tersebut, kalian bisa memilih ‘Save’ untuk menyimpan password tersebut secara otomatis.
  • Dengan demikian, kalian tidak perlu mengingat password akun tersebut setiap kali login ke website tersebut.

Setelah kalian mengaktifkan fitur menyimpan password secara otomatis di Chrome, Chrome akan menanyakan apakah kalian ingin menyimpan password akun yang baru saja kalian gunakan untuk login. Kalian bisa memilih ‘Save’ atau ‘Simpan’ untuk menyimpan password tersebut secara otomatis di Chrome.

Setelah itu, kalian tidak perlu menuliskan username dan password lagi ketika ingin login ke akun tersebut. Namun, perlu diingat bahwa kalian harus memastikan keamanan password dengan tidak memberikan kata sandi akun kepada orang atau pihak lain.

Itulah cara melihat lupa password Akun Gmail dan menyimpan password akun email secara otomatis di Chrome.

Mang Cara

Mantan pekerja kantoran yang ingin kembali menjadi blogger, hanya bisa menulis apa yang saya tahu tidak lebih tidak kurang :) Terimakasih Telah Berkunjung

---Advertisement---

Related Post

Cara Mencegah Akun Gmail Dihapus oleh Google Karena Tidak Aktif

Google Chrome Kini dilengkapi Ai, Kenali Keunggulannya

Google Hapus Akun Tak Aktif, Begini Cara Amankan Kamu!

Lacak Lokasi Gmail: Cara Mudah untuk Menemukan Lokasi Seseorang