---Advertisement---

Rekomendasi 20 Template WordPress Gratis, Terbaru, dan SEO Friendly 2023

By Mang Cara

Published on:

Template WordPress Gratis
---Advertisement---

Template WordPress Gratis dan SEO Friendly gratis – Sobat MangCara, sebagai seorang blogger atau pengguna WordPress pasti ingin tampilan website yang menarik dan fungsional. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki keterampilan untuk merancang dan mengembangkan tema WordPress.

Seperti yang kita tahu, WordPress masih menjadi salah satu platform blogging dan website paling populer di dunia. Dengan ribuan tema dan plugin yang tersedia, WordPress memungkinkan pengguna untuk membangun website yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Namun, tidak semua pengguna WordPress memiliki keterampilan atau waktu untuk merancang dan mengembangkan tema mereka sendiri. Untuk itu, template WordPress gratis dapat menjadi pilihan yang baik untuk memperindah tampilan website dan meningkatkan fungsionalitasnya.

Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan 30 template WordPress gratis dan terbaru untuk tahun 2023 yang dapat membantu Sobat MangCara dalam memilih tema yang tepat untuk website Sobat.

Selain gratis, template WordPress yang akan dibahas di bawah ini juga responsif dan ramah SEO (SEO Frendly). Oleh karena itu, meskipun sobat menggunakan cara gratis untuk mendesain situs web, sobat juga tidak perlu khawatir tentang kualitas template WordPress gratis yang kami sajikan dalam artikel ini.

Tema-tema ini sangat bervariasi, dari tema bisnis dan e-commerce hingga tema blog dan portfolio, sehingga Sobat dapat menemukan tema yang sesuai dengan jenis website Sobat.

Namun sebelum itu, kami akan membahas secara singkat betapa pentingnya memilih tema WordPress yang responsif. Hal ini perlu diperhatikan agar responsifitas situs selalu diutamakan ketika memilih tema WordPress.

Kenapa Harus Menggunakan Template Responsif?

Sekarang ini, kan kita sering banget buka internet pakai hp ya? Nah, kadang-kadang suka nemu situs web yang tampilannya aneh dan susah dibaca di layar kecil hp. Gimana kalau itu terjadi di situs web kamu?

Pasti bakal bikin pengunjung kesel dan gak betah untuk stay lama di situs kamu. Makanya, penting banget nih buat pakai template responsif di situs web kamu.

Dengan begitu, tampilan situs kamu akan menyesuaikan ukuran layar pengunjung, baik itu di hp maupun di komputer. Nah, di sini kita bakal bahas kenapa template responsif itu penting dan apa aja sih manfaatnya buat kamu.

Ada beberapa alasan mengapa penting untuk menggunakan template responsif dalam situs web sobat, antara lain:

Penggunaan perangkat seluler yang semakin meningkat

Jumlah pengguna internet yang menggunakan perangkat seluler untuk mengakses situs web semakin meningkat.

Jika situs web Anda tidak responsif, maka pengunjung yang mengakses situs web Anda melalui perangkat seluler akan kesulitan dalam membaca dan menavigasi situs web Anda.

Peningkatan SEO

Google dan mesin pencari lainnya lebih memilih situs web yang responsif. Hal ini karena situs web responsif dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan memudahkan mesin pencari dalam mengindeks konten situs web Anda.

Meningkatkan kepuasan pengguna

Pengunjung situs web yang menggunakan perangkat seluler akan lebih nyaman dan mudah dalam mengakses situs web Anda jika situs web Anda responsif.

Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pengunjung dan mendorong mereka untuk kembali ke situs web Anda di masa depan.

Penghematan waktu dan biaya

Dengan menggunakan template responsif, Anda tidak perlu membuat versi situs web yang berbeda untuk desktop dan perangkat seluler.

Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya dalam pengembangan situs web.

Meningkatkan konversi

Situs web yang responsif dapat meningkatkan konversi karena pengunjung akan lebih mudah dalam membeli produk atau layanan dari situs web Anda melalui perangkat seluler.

Dengan menggunakan template responsif, Sobat dapat memastikan bahwa situs web Anda dapat diakses dengan lancar dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, baik itu melalui desktop maupun perangkat seluler.

Perhatikan saat Menggunakan Template WordPress Gratis

Saat memilih template WordPress gratis, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar Anda mendapatkan template yang tepat untuk kebutuhan situs web Anda. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah:

1. Responsifitas

Responsifitas pada sebuah template WordPress gratis mengacu pada kemampuan template tersebut untuk menyesuaikan tampilannya dengan baik pada berbagai perangkat, seperti desktop, tablet, dan smartphone.

Hal ini sangat penting karena pengguna internet saat ini sering menggunakan perangkat seluler untuk mengakses situs web.

Jika tampilan situs web tidak responsif atau tidak teroptimasi untuk perangkat seluler, pengguna mungkin akan kesulitan untuk membaca dan menavigasi situs web Anda.

Oleh karena itu, ketika memilih template WordPress gratis, pastikan untuk memeriksa apakah template tersebut responsif atau tidak. Dengan memilih template yang responsif, Anda dapat memastikan bahwa pengguna akan memiliki pengalaman yang lebih baik saat mengakses situs web Anda, terlepas dari perangkat yang mereka gunakan.

2. Fungsionalitas

Fungsionalitas pada sebuah template WordPress gratis merujuk pada kemampuan template tersebut untuk memberikan fitur dan dukungan yang memadai untuk situs web Anda.

Beberapa contoh fitur yang harus dipertimbangkan dalam memilih template WordPress gratis yang fungsional adalah:

  1. Dukungan untuk plugin dan widget: Pastikan template WordPress gratis Anda mendukung berbagai plugin dan widget, sehingga Anda dapat menambahkan fitur dan fungsionalitas tambahan pada situs web Anda sesuai dengan kebutuhan.
  2. Fitur custom post type: Pastikan template WordPress gratis memiliki fitur custom post type, yang memungkinkan Anda membuat jenis konten khusus yang tidak tersedia di WordPress standar, seperti portofolio, acara, atau testimoni.
  3. Integrasi dengan media sosial: Pastikan template WordPress gratis Anda memiliki integrasi dengan media sosial, sehingga Anda dapat memasukkan tautan dan widget media sosial pada situs web Anda dan mempermudah pengunjung untuk berbagi konten Anda.

Dengan memilih template WordPress gratis yang memiliki fungsionalitas yang memadai, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda memiliki fitur yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda, serta memudahkan pengunjung untuk menavigasi dan berinteraksi dengan situs web Anda.

3. Desain

Desain pada sebuah template WordPress gratis merujuk pada tampilan visual dari situs web Anda.

Memilih template WordPress gratis dengan desain yang menarik dan sesuai dengan jenis situs web Anda sangat penting karena tampilan visual situs web Anda dapat mempengaruhi kesan dan persepsi pengunjung terhadap situs web Anda.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih template WordPress gratis dengan desain yang sesuai antara lain:

  1. Warna dan gaya: Pastikan template WordPress gratis memiliki warna dan gaya yang sesuai dengan jenis situs web Anda. Misalnya, situs web bisnis umumnya memiliki desain yang lebih formal dengan warna netral, sementara situs web kreatif mungkin menggunakan warna yang lebih cerah dan desain yang lebih unik.
  2. Layout: Pastikan layout dari template WordPress gratis mudah dinavigasi dan mudah dipahami oleh pengunjung. Layout yang baik akan memudahkan pengunjung untuk menemukan konten yang mereka cari.
  3. Tipografi: Pastikan tipografi dari template WordPress gratis mudah dibaca dan sesuai dengan jenis situs web Anda. Jenis huruf dan ukuran yang tepat dapat mempengaruhi kesan visual dari situs web Anda.

Dengan memilih template WordPress gratis yang memiliki desain yang menarik dan sesuai, Anda dapat membuat situs web Anda terlihat profesional, menarik dan membantu mempertahankan perhatian pengunjung.

4. Kecepatan

Kecepatan pada sebuah template WordPress gratis merujuk pada waktu muat halaman dari situs web Anda.

Waktu muat halaman yang lambat dapat membuat pengunjung kehilangan minat atau kesabaran saat mengakses situs Anda.

Oleh karena itu, saat memilih template WordPress gratis, pastikan untuk memeriksa kecepatan waktu muat halaman dari template tersebut. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan waktu muat halaman antara lain:

  1. Ukuran file: Pastikan template WordPress gratis Anda memiliki ukuran file yang kecil dan efisien, sehingga situs web Anda dapat memuat lebih cepat.
  2. Optimalisasi gambar: Pastikan gambar pada situs web Anda telah dioptimalisasi dengan ukuran dan format yang tepat, sehingga dapat mempercepat waktu muat halaman situs web.
  3. Dukungan untuk cache: Pastikan template WordPress gratis Anda mendukung cache, yang dapat mempercepat waktu muat halaman dengan menyimpan data dan file pada browser pengunjung.

Dengan memilih template WordPress gratis yang memiliki waktu muat halaman yang cepat, Anda dapat memastikan pengunjung akan lebih nyaman saat mengakses situs web Anda dan membantu meningkatkan pengalaman pengunjung di situs web Anda.

5. SEO Friendly

SEO friendly pada sebuah template WordPress gratis merujuk pada kemampuan situs web Anda untuk diketahui oleh mesin pencari seperti Google, sehingga dapat muncul di halaman hasil pencarian yang relevan.

Hal ini sangat penting karena semakin mudah mesin pencari menemukan situs web Anda, semakin tinggi juga kemungkinan situs web Anda muncul di hasil pencarian.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih template WordPress gratis yang SEO friendly antara lain:

  1. Struktur kode: Pastikan struktur kode dari template WordPress gratis Anda mudah dibaca dan dimengerti oleh mesin pencari, sehingga dapat membantu mesin pencari untuk mengindeks situs web Anda dengan lebih mudah.
  2. Responsifitas: Pastikan template WordPress gratis Anda memiliki responsifitas yang baik, sehingga situs web Anda dapat diakses melalui berbagai perangkat, termasuk smartphone dan tablet, yang menjadi faktor penting dalam menentukan peringkat situs web pada mesin pencari.
  3. Dukungan SEO plugin: Pastikan template WordPress gratis Anda mendukung plugin SEO, seperti Yoast SEO atau All in One SEO Pack, yang dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari.

Dengan memilih template WordPress gratis yang SEO friendly, Anda dapat memastikan situs web Anda mudah ditemukan oleh mesin pencari dan meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian.

6.  Update

Ketika memilih template WordPress gratis, penting untuk memastikan bahwa template tersebut secara teratur diperbarui oleh pengembang dan didukung oleh tim pengembang untuk memastikan keamanan dan kinerja situs web Anda.

Update pada sebuah template WordPress gratis dapat berarti beberapa hal, seperti perbaikan bug, peningkatan keamanan, atau penambahan fitur baru.

Dengan memilih template WordPress gratis yang terus diperbarui, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda selalu aman dari ancaman keamanan yang mungkin muncul di masa depan dan tetap berfungsi dengan baik.

Penting juga untuk memeriksa apakah pengembang template WordPress gratis memiliki komunitas yang aktif atau forum dukungan untuk membantu Anda dengan masalah teknis atau pertanyaan tentang template tersebut.

Oleh karena itu, pastikan untuk memilih template WordPress gratis yang didukung oleh pengembang dan komunitas yang aktif, sehingga Anda dapat memperoleh bantuan jika terjadi masalah dan memastikan bahwa situs web Anda selalu berjalan dengan baik.

20 Template WordPress Gratis dan Terbaru 2023

1. Astra

Astra adalah salah satu template WordPress populer yang digunakan oleh banyak pengguna WordPress. Template ini dikembangkan oleh Brainstorm Force, sebuah perusahaan pengembang tema dan plugin WordPress yang terkenal.

Astra didesain untuk memberikan kecepatan dan fleksibilitas pada situs web. Template ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang memungkinkan kamu untuk mengubah tampilan situs web kamu dengan mudah dan cepat, tanpa harus menulis kode. Astra juga mempunyai tampilan responsif yang baik, sehingga situs web kamu akan terlihat baik di berbagai perangkat, mulai dari desktop hingga perangkat seluler.

Selain itu, Astra juga terintegrasi dengan beberapa plugin populer, seperti WooCommerce, Elementor, Beaver Builder, dan beberapa plugin lainnya. Hal ini memungkinkan kamu untuk membuat situs web dengan fungsi yang lebih luas dan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Astra tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis sudah cukup lengkap dengan fitur-fitur dasar yang kamu butuhkan untuk membuat situs web yang baik. Sedangkan, versi berbayar menawarkan lebih banyak fitur dan opsi kustomisasi yang lebih lengkap.

Secara keseluruhan, Astra adalah pilihan yang sangat baik untuk kamu yang ingin membuat situs web dengan cepat, mudah, dan memiliki tampilan yang baik di berbagai perangkat.

2. Neve

Template WordPress Neve adalah salah satu template yang populer dan digunakan oleh banyak pengguna WordPress. Template ini dikembangkan oleh ThemeIsle, sebuah perusahaan pengembang tema dan plugin WordPress yang terkenal.

Neve hadir dengan tampilan responsif yang baik, sehingga situs web kamu akan terlihat baik di berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan perangkat seluler. Template ini juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk mengatur tampilan situs web kamu dengan mudah dan cepat, tanpa harus menulis kode.

Neve juga terintegrasi dengan beberapa plugin populer seperti WooCommerce, Yoast SEO, Beaver Builder, dan Elementor, sehingga kamu dapat membuat situs web dengan fungsi yang lebih luas dan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Selain itu, Neve juga tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis sudah cukup lengkap dengan fitur-fitur dasar yang kamu butuhkan untuk membuat situs web yang baik. Sedangkan, versi berbayar menawarkan lebih banyak fitur dan opsi kustomisasi yang lebih lengkap.

Secara keseluruhan, Neve adalah pilihan yang baik untuk kamu yang ingin membuat situs web dengan tampilan yang baik di berbagai perangkat, mudah digunakan, dan terintegrasi dengan plugin-populer.

3. OceanWP

OceanWP adalah template WordPress yang populer dan digunakan oleh banyak pengguna WordPress. Template ini dikembangkan oleh Nicolas Lecocq dan timnya, dan menjadi populer karena tampilan responsifnya yang baik, serta fitur-fitur yang dapat disesuaikan dengan mudah.

OceanWP menawarkan banyak fitur yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan tampilan situs webmu dengan mudah. Template ini juga sangat cepat dan dioptimalkan untuk SEO, sehingga situs webmu dapat diakses dengan cepat dan mudah di mesin pencari.

Selain itu, OceanWP juga mendukung beberapa plugin populer seperti WooCommerce, Elementor, dan Beaver Builder, sehingga kamu dapat membuat situs web dengan fungsi yang lebih luas dan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

OceanWP juga tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis sudah cukup lengkap dengan fitur-fitur dasar yang kamu butuhkan untuk membuat situs web yang baik. Sedangkan, versi berbayar menawarkan lebih banyak fitur dan opsi kustomisasi yang lebih lengkap.

Secara keseluruhan, OceanWP adalah pilihan yang baik untuk kamu yang ingin membuat situs web dengan tampilan yang baik di berbagai perangkat, mudah digunakan, dan dioptimalkan untuk SEO.

4. Hestia

Hestia adalah template WordPress yang populer dan modern yang dikembangkan oleh ThemeIsle, sebuah perusahaan pengembang tema dan plugin WordPress terkemuka. Template ini menawarkan tampilan responsif yang baik dan cocok untuk berbagai jenis situs web, seperti blog, bisnis, dan portofolio.

Salah satu fitur utama Hestia adalah integrasi yang baik dengan beberapa plugin populer seperti WooCommerce, Elementor, dan WPForms. Dengan integrasi ini, kamu dapat membuat situs web dengan fungsi yang lebih luas dan sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Selain itu, Hestia juga memiliki fitur tampilan yang dapat disesuaikan dan mudah dikustomisasi dengan fitur drag-and-drop, yang memungkinkan kamu untuk mengatur tampilan situs webmu dengan mudah dan cepat.

Hestia juga memiliki beberapa opsi kustomisasi yang sangat fleksibel, termasuk opsi untuk memilih warna, mengatur header, menyesuaikan font, dan lainnya. Selain itu, template ini sangat cepat dan dioptimalkan untuk SEO, sehingga situs webmu dapat diakses dengan cepat dan mudah di mesin pencari.

Hestia tersedia dalam versi gratis dan versi berbayar, dengan versi berbayar menawarkan lebih banyak fitur dan opsi kustomisasi yang lebih lengkap. Namun, versi gratis juga sudah cukup lengkap dengan fitur-fitur dasar yang kamu butuhkan untuk membuat situs web yang baik.

Secara keseluruhan, Hestia adalah pilihan yang baik untuk kamu yang ingin membuat situs web dengan tampilan yang baik di berbagai perangkat, mudah digunakan, dan terintegrasi dengan plugin-populer.

5. GeneratePress

GeneratePress adalah template WordPress yang ringan dan cepat, dikembangkan oleh Tom Usborne. Template ini dirancang dengan fokus pada kecepatan, keamanan, dan kemudahan penggunaan, serta dioptimalkan untuk SEO.

GeneratePress menawarkan tampilan yang responsif dan dapat disesuaikan, serta mudah diatur dengan fitur drag-and-drop. Dengan banyaknya opsi kustomisasi yang tersedia, kamu dapat mengubah tampilan situs webmu sesuai dengan keinginanmu. Selain itu, template ini juga kompatibel dengan berbagai plugin populer seperti WooCommerce, Elementor, dan WPForms.

Salah satu fitur unggulan dari GeneratePress adalah kecepatannya yang tinggi. Template ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan kode yang dioptimalkan, sehingga memungkinkan situs webmu untuk dimuat dengan sangat cepat. Selain itu, GeneratePress juga sangat aman dan mudah dikelola, dengan opsi untuk memilih opsi pengaturan situs web secara terperinci.

GeneratePress tersedia dalam versi gratis dan versi berbayar. Meskipun versi gratis memiliki fitur-fitur yang terbatas, seperti kustomisasi yang terbatas dan dukungan yang terbatas, namun template ini tetap merupakan pilihan yang baik untuk kamu yang ingin membuat situs web yang cepat dan ringan dengan tampilan yang sederhana.

Secara keseluruhan, GeneratePress adalah template WordPress yang sangat ringan, cepat, dan mudah digunakan. Dengan banyaknya opsi kustomisasi yang tersedia dan dukungan yang baik dari komunitas, template ini cocok untuk pengguna WordPress yang ingin membuat situs web yang cepat dan aman dengan tampilan yang sederhana dan responsif.

6. Ashe

Ashe adalah template WordPress gratis yang dioptimalkan untuk kecepatan dan SEO, dirancang oleh WP Royal. Template ini memiliki tampilan yang minimalis dan elegan, dengan fokus pada konten yang jelas dan mudah dibaca.

Ashe menawarkan banyak fitur kustomisasi, termasuk opsi untuk memilih dari beberapa tata letak berbeda, opsi warna, font, dan ikon. Selain itu, template ini juga kompatibel dengan beberapa plugin populer seperti WooCommerce, Yoast SEO, dan Jetpack.

Salah satu fitur unggulan dari Ashe adalah kecepatannya yang tinggi, dengan ukuran file yang sangat kecil dan kode yang dioptimalkan. Hal ini membuat situs web yang dibangun dengan Ashe memuat dengan sangat cepat dan memberikan pengalaman yang baik bagi pengunjung.

Ashe juga menyediakan dukungan yang baik dari komunitas, termasuk dokumentasi lengkap dan forum dukungan resmi. Template ini juga diperbarui secara teratur dan kompatibel dengan versi WordPress terbaru.

Secara keseluruhan, Ashe adalah template WordPress yang sederhana, cepat, dan mudah digunakan. Dengan banyaknya opsi kustomisasi yang tersedia dan dukungan yang baik dari komunitas, template ini cocok untuk pengguna WordPress yang ingin membuat situs web dengan tampilan minimalis yang cepat dan dioptimalkan untuk SEO.

7. Zillah

Zillah adalah template WordPress gratis yang dirancang khusus untuk blogger dan penulis. Template ini memiliki desain yang modern dan elegan, dengan fokus pada tampilan visual yang menarik dan mudah dibaca.

Zillah menawarkan beberapa fitur kustomisasi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur tata letak, warna, font, dan widget dengan mudah. Selain itu, template ini juga kompatibel dengan banyak plugin populer seperti WooCommerce, Jetpack, dan Contact Form 7.

Salah satu fitur unggulan dari Zillah adalah tampilan galeri yang responsif dan menarik, yang membuat situs web yang dibangun dengan template ini cocok untuk blog atau portofolio yang menampilkan karya visual. Selain itu, template ini juga memiliki integrasi dengan Instagram Feed, sehingga pengguna dapat menampilkan feed Instagram mereka langsung di situs web mereka.

Zillah juga diperbarui secara teratur dan memiliki dukungan komunitas yang baik melalui forum dukungan resmi dan dokumentasi yang lengkap. Template ini juga kompatibel dengan versi WordPress terbaru dan diuji dengan plugin keamanan yang populer.

Secara keseluruhan, Zillah adalah template WordPress yang cocok untuk blogger dan penulis yang ingin membuat situs web yang menampilkan konten visual dengan tampilan yang modern dan elegan. Dengan fitur-fitur kustomisasi yang mudah digunakan dan dukungan yang baik dari komunitas, template ini dapat membantu pengguna untuk membuat situs web yang menarik dan mudah dibaca.

8. Spacious

Spacious adalah template WordPress gratis yang dirancang untuk digunakan oleh bisnis, agensi, atau organisasi yang ingin memiliki situs web yang profesional dan modern. Template ini memiliki desain yang bersih dan responsif, dengan fokus pada tampilan yang menarik dan mudah dinavigasi.

Spacious menawarkan banyak fitur kustomisasi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur tata letak, warna, font, dan widget dengan mudah. Selain itu, template ini juga kompatibel dengan banyak plugin populer seperti WooCommerce, Jetpack, dan Contact Form 7.

Salah satu fitur unggulan dari Spacious adalah tata letak yang luas dan responsif, yang cocok untuk menampilkan gambar dan konten besar dalam tampilan yang menarik. Template ini juga memiliki fitur slider yang dapat ditampilkan di halaman depan, sehingga pengguna dapat menampilkan konten utama mereka dengan cara yang menarik.

Spacious juga diperbarui secara teratur dan memiliki dukungan komunitas yang baik melalui forum dukungan resmi dan dokumentasi yang lengkap. Template ini juga kompatibel dengan versi WordPress terbaru dan diuji dengan plugin keamanan yang populer.

Secara keseluruhan, Spacious adalah template WordPress yang cocok untuk bisnis, agensi, atau organisasi yang ingin memiliki situs web yang profesional dan modern. Dengan fitur-fitur kustomisasi yang mudah digunakan dan dukungan yang baik dari komunitas, template ini dapat membantu pengguna untuk membuat situs web yang menarik dan mudah dinavigasi.

9. Baskerville

Baskerville adalah sebuah template WordPress yang dirancang untuk menampilkan konten dalam gaya majalah atau editorial. Template ini memiliki tampilan yang bersih dan elegan, dengan fokus pada konten visual dan teks yang menarik.

Baskerville menawarkan fitur kustomisasi yang dapat membantu pengguna untuk mengatur tata letak, font, warna, dan widget dengan mudah. Template ini juga mendukung fitur post format seperti video, gambar, galeri, dan kutipan, sehingga pengguna dapat menampilkan konten dalam berbagai format yang menarik.

Selain itu, Baskerville juga mendukung plugin Jetpack, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan fitur-fitur seperti Infinite Scroll, Related Posts, dan Subscription Widget. Template ini juga kompatibel dengan plugin WooCommerce, sehingga pengguna dapat menjual produk atau jasa di situs web mereka dengan mudah.

Salah satu fitur unggulan dari Baskerville adalah tampilan halaman depan yang menarik, dengan tata letak yang simetris dan konsisten. Template ini juga memiliki fitur slider yang dapat menampilkan gambar dan teks dengan cara yang menarik, sehingga pengguna dapat menampilkan konten utama mereka dengan efektif.

Baskerville juga diperbarui secara teratur dan memiliki dukungan komunitas yang baik melalui forum dukungan resmi dan dokumentasi yang lengkap. Template ini juga kompatibel dengan versi WordPress terbaru dan diuji dengan plugin keamanan yang populer.

Secara keseluruhan, Baskerville adalah template WordPress yang cocok untuk situs web majalah atau editorial. Dengan fitur-fitur kustomisasi yang mudah digunakan dan dukungan yang baik dari komunitas, template ini dapat membantu pengguna untuk membuat situs web yang menarik dan mudah dinavigasi.

10. Mesmerize

Mesmerize adalah sebuah template WordPress yang dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang menakjubkan dan interaktif. Template ini menyediakan lebih dari 30 elemen halaman siap pakai yang dapat digunakan pengguna untuk membangun situs web mereka dengan mudah dan cepat.

Mesmerize menawarkan fitur drag-and-drop yang memungkinkan pengguna untuk memilih dan menempatkan elemen halaman dengan mudah, tanpa perlu keterampilan pemrograman. Template ini juga menyediakan lebih dari 100 opsi tema dan lebih dari 600 font Google yang dapat dipilih pengguna untuk menyesuaikan tampilan situs web mereka.

Selain itu, Mesmerize memiliki tata letak responsif yang dapat menyesuaikan tampilan situs web pengguna dengan ukuran layar yang berbeda. Template ini juga kompatibel dengan plugin WooCommerce, yang memungkinkan pengguna untuk menjual produk atau jasa di situs web mereka dengan mudah.

Salah satu fitur unggulan dari Mesmerize adalah animasi parallax, yang membuat situs web pengguna tampak lebih hidup dan interaktif. Template ini juga mendukung fitur video latar belakang, galeri gambar, dan efek animasi, sehingga pengguna dapat menampilkan konten mereka dengan cara yang menarik.

Mesmerize juga diperbarui secara teratur dan memiliki dukungan komunitas yang baik melalui forum dukungan resmi dan dokumentasi yang lengkap. Template ini juga kompatibel dengan versi WordPress terbaru dan diuji dengan plugin keamanan yang populer.

Secara keseluruhan, Mesmerize adalah template WordPress yang cocok untuk pengguna yang ingin membuat situs web dengan tampilan yang menakjubkan dan interaktif. Dengan fitur-fitur kustomisasi yang mudah digunakan dan dukungan yang baik dari komunitas, template ini dapat membantu pengguna untuk membuat situs web yang menarik dan mudah dinavigasi.

11. Shapely

Shapely adalah sebuah template WordPress yang dirancang untuk membantu pengguna membuat situs web yang menarik dan profesional dengan cepat dan mudah. Template ini menyediakan banyak fitur dan tata letak halaman yang beragam untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda.

Salah satu fitur utama dari Shapely adalah tata letak responsifnya, yang memungkinkan situs web pengguna terlihat baik di semua perangkat, mulai dari desktop hingga perangkat seluler. Template ini juga dilengkapi dengan editor visual drag-and-drop, yang memungkinkan pengguna memilih dan menempatkan elemen halaman dengan mudah, tanpa perlu keterampilan pemrograman.

Shapely juga dilengkapi dengan banyak opsi kustomisasi, termasuk lebih dari 20 opsi warna, lebih dari 500 font Google, dan fitur untuk menambahkan latar belakang gambar atau video ke halaman. Template ini juga dilengkapi dengan plugin yang sudah terpasang sebelumnya, seperti Page Builder by SiteOrigin, yang memungkinkan pengguna untuk membangun halaman dengan mudah.

Selain itu, Shapely juga memiliki tata letak halaman siap pakai, termasuk tata letak portofolio, blog, dan halaman pendaftaran. Template ini juga kompatibel dengan plugin WooCommerce, sehingga pengguna dapat menjual produk atau jasa secara online.

Shapely juga mendukung banyak bahasa dan memiliki dukungan komunitas yang baik melalui forum dukungan resmi dan dokumentasi yang lengkap. Template ini juga diperbarui secara teratur dan kompatibel dengan versi WordPress terbaru.

Secara keseluruhan, Shapely adalah template WordPress yang cocok untuk pengguna yang ingin membuat situs web dengan cepat dan mudah. Dengan fitur-fitur kustomisasi yang mudah digunakan dan dukungan komunitas yang baik, template ini dapat membantu pengguna untuk membuat situs web yang menarik dan profesional.

12. Hueman

Hueman adalah template WordPress gratis dan responsif yang menawarkan banyak fitur dan opsi kustomisasi. Template ini didesain untuk menghasilkan tampilan situs web yang bersih, modern, dan menarik. Hueman dapat digunakan untuk berbagai jenis situs web, mulai dari blog pribadi hingga situs web perusahaan.

Salah satu fitur utama dari Hueman adalah tata letak responsifnya, yang berarti situs web akan terlihat baik di semua perangkat, mulai dari desktop hingga perangkat seluler. Template ini juga dilengkapi dengan panel pengaturan tema yang mudah digunakan, sehingga pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan dan nuansa situs web mereka.

Selain itu, Hueman juga dilengkapi dengan lebih dari 100 opsi kustomisasi, termasuk tata letak halaman, pilihan warna, dan jenis huruf. Template ini juga mendukung integrasi dengan plugin populer seperti WooCommerce, Jetpack, dan Page Builder by SiteOrigin.

Hueman juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang berguna seperti widget sosial media, pilihan tampilan posting yang berbeda, dan dukungan untuk posting yang diatur dalam format galeri atau video. Template ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan logo mereka sendiri dan menyertakan latar belakang gambar atau video pada situs web mereka.

Selain itu, Hueman memiliki dukungan komunitas yang aktif melalui forum dukungan resmi, serta dokumentasi yang lengkap. Template ini juga diperbarui secara teratur untuk memastikan kompatibilitasnya dengan versi WordPress terbaru.

Secara keseluruhan, Hueman adalah template WordPress yang ideal untuk pengguna yang ingin membuat situs web yang menarik dan responsif dengan banyak opsi kustomisasi. Template ini menyediakan banyak fitur dan tata letak yang beragam, serta dukungan komunitas yang baik dan diperbarui secara teratur.

13. Sydney

Sydney adalah template WordPress gratis dan responsif yang dirancang khusus untuk digunakan oleh bisnis atau organisasi yang ingin membuat situs web yang profesional dan menarik. Template ini dilengkapi dengan banyak fitur dan opsi kustomisasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat situs web yang sesuai dengan merek mereka.

Salah satu fitur utama dari Sydney adalah header area yang besar, yang dapat digunakan untuk menampilkan gambar latar belakang atau video yang menarik perhatian pengunjung. Selain itu, template ini dilengkapi dengan widget khusus yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan informasi kontak, jadwal kerja, dan tautan ke akun media sosial mereka.

Sydney juga dilengkapi dengan tata letak responsif, yang berarti situs web akan terlihat baik di semua perangkat, mulai dari desktop hingga perangkat seluler. Template ini juga mendukung integrasi dengan plugin populer seperti Page Builder by SiteOrigin, WooCommerce, dan Jetpack.

Selain itu, Sydney juga memiliki beberapa opsi kustomisasi yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan situs web mereka, termasuk pilihan warna, jenis huruf, dan tata letak halaman. Template ini juga menyediakan dukungan untuk menambahkan logo dan gambar latar belakang pada situs web.

Sydney juga menyediakan dokumentasi yang lengkap dan dukungan komunitas yang baik melalui forum dukungan resmi. Template ini diperbarui secara teratur untuk memastikan kompatibilitasnya dengan versi WordPress terbaru.

Secara keseluruhan, Sydney adalah template WordPress yang sangat cocok untuk bisnis atau organisasi yang ingin membuat situs web yang menarik dan profesional. Template ini dilengkapi dengan banyak fitur dan opsi kustomisasi, serta dukungan komunitas yang baik dan diperbarui secara teratur.

14. Phlox

Phlox adalah template WordPress gratis dan responsif yang dirancang dengan fokus pada desain modern dan kinerja yang cepat. Template ini dilengkapi dengan banyak fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat situs web yang menarik dan fungsional, termasuk desain yang responsif, tata letak halaman yang fleksibel, dan pilihan warna yang tidak terbatas.

Salah satu fitur unggulan dari Phlox adalah adanya lebih dari 30 tata letak demo yang siap pakai, yang memungkinkan pengguna untuk memilih tata letak yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, template ini juga dilengkapi dengan integrasi dengan plugin populer seperti Elementor, WooCommerce, dan Yoast SEO.

Phlox juga memiliki opsi kustomisasi yang luas, termasuk opsi untuk menyesuaikan warna, font, dan tata letak halaman. Pengguna juga dapat menambahkan logo dan gambar latar belakang untuk membuat situs web mereka terlihat lebih profesional.

Selain itu, Phlox juga mendukung beberapa jenis konten, termasuk blog, portofolio, dan halaman pribadi. Template ini juga dilengkapi dengan widget khusus untuk menampilkan informasi kontak, jadwal kerja, dan tautan ke akun media sosial.

Phlox juga menyediakan dukungan melalui forum dukungan resmi dan dokumentasi yang lengkap untuk membantu pengguna memaksimalkan penggunaan template ini. Template ini diperbarui secara teratur untuk memastikan kompatibilitasnya dengan versi WordPress terbaru.

Secara keseluruhan, Phlox adalah template WordPress yang sangat fleksibel dan dapat disesuaikan, dengan banyak fitur dan opsi kustomisasi. Template ini juga memiliki dukungan yang baik dan diperbarui secara teratur. Jika Anda mencari template WordPress yang dapat digunakan untuk berbagai jenis situs web, maka Phlox bisa menjadi pilihan yang tepat.

15. Customify

Customify adalah sebuah template WordPress yang dioptimalkan untuk memungkinkan pengguna membuat situs web mereka dengan cepat dan mudah.

Template ini memiliki fitur-fitur yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti font, warna, tata letak, hingga elemen halaman seperti header dan footer.

Customify juga didukung oleh beberapa plugin populer seperti WooCommerce untuk toko online dan Yoast SEO untuk optimalisasi mesin pencari, sehingga membuat pengguna memiliki banyak pilihan untuk menyesuaikan situs web mereka sesuai kebutuhan.

Selain itu, template ini juga responsif dan memiliki kecepatan yang cukup cepat, sehingga dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik di semua perangkat.

16. Kale

Kale adalah sebuah template WordPress yang dirancang khusus untuk blog dan situs web berita. Template ini memiliki desain yang modern dan bersih dengan fokus pada konten dan visual yang menarik.

Salah satu fitur yang menarik dari Kale adalah pilihan warna yang sangat beragam, sehingga pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan situs web mereka sesuai dengan keinginan.

Selain itu, Kale juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang berguna untuk blog dan situs web berita, seperti fitur tata letak khusus untuk postingan, tampilan terkait, tampilan kategori, dan widget terkait, sehingga dapat membantu pengguna dalam menampilkan konten dengan lebih baik.

Template ini juga SEO-friendly, responsif, dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk pemula yang ingin membuat situs web blog atau berita dengan tampilan yang menarik.

17. Virtue

Virtue adalah sebuah template WordPress yang dapat digunakan untuk berbagai jenis situs web, seperti toko online, blog, atau situs web bisnis. Template ini memiliki desain yang bersih dan modern dengan fokus pada tampilan yang responsif dan mudah digunakan.

Salah satu fitur yang menarik dari Virtue adalah integrasi dengan plugin populer WooCommerce untuk toko online, sehingga pengguna dapat dengan mudah menjalankan toko online mereka dengan fitur-fitur yang lengkap.

Selain itu, template ini juga memiliki fitur-fitur seperti menu kustom, widget kustom, tampilan portofolio, tata letak halaman yang dapat disesuaikan, dan dukungan untuk berbagai jenis konten seperti audio, video, dan galeri foto.

Virtue juga SEO-friendly dan dapat diintegrasikan dengan plugin SEO populer seperti Yoast SEO untuk memaksimalkan optimasi mesin pencari.

Dengan desain yang responsif dan dukungan untuk berbagai jenis konten, Virtue dapat menjadi pilihan yang baik untuk pengguna yang ingin membuat situs web yang fleksibel dan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan mereka.

18. Sauron

Sauron adalah sebuah template WordPress yang menawarkan desain modern dan minimalis dengan fokus pada tampilan yang responsif dan mudah digunakan. Template ini cocok untuk berbagai jenis situs web, seperti blog, portfolio, dan situs bisnis kecil.

Salah satu fitur menarik dari Sauron adalah integrasi dengan plugin populer Elementor Page Builder, yang memungkinkan pengguna untuk membuat halaman yang dapat disesuaikan dengan mudah tanpa perlu menguasai kode.

Selain itu, template ini juga menawarkan banyak pilihan tata letak halaman, desain header dan footer yang dapat disesuaikan, dan dukungan untuk berbagai jenis konten seperti audio, video, dan galeri foto.

Sauron juga dilengkapi dengan fitur-fitur penting seperti tampilan blog yang kaya fitur, navigasi yang mudah, dan SEO-friendly.

Dengan desain yang bersih dan responsif, Sauron dapat menjadi pilihan yang baik bagi pengguna yang mencari template WordPress yang mudah digunakan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

19. Twenty Twenty-One

Twenty Twenty-One adalah template bawaan dari WordPress yang dirilis pada tahun 2021. Template ini dirancang dengan desain minimalis dan fokus pada konten, sehingga cocok untuk berbagai jenis situs web, mulai dari blog hingga situs bisnis kecil.

Twenty Twenty-One menawarkan beberapa fitur menarik, seperti tampilan yang responsif, desain yang bersih dan modern, serta integrasi dengan blok Gutenberg yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten yang dapat disesuaikan dengan mudah.

Template ini juga menyediakan beberapa tata letak halaman yang dapat disesuaikan, sehingga pengguna dapat membuat situs web mereka dengan cepat dan mudah.

Selain itu, Twenty Twenty-One juga dilengkapi dengan fitur-fitur penting seperti navigasi yang mudah, dukungan untuk logo kustom, dan pilihan warna yang dapat disesuaikan. Template ini juga mendukung berbagai jenis konten, seperti audio, video, dan galeri foto.

Overall, Twenty Twenty-One adalah pilihan yang solid untuk pengguna WordPress yang mencari template yang mudah digunakan, bersih, dan responsif. Sebagai template bawaan WordPress, Twenty Twenty-One juga dijamin untuk mendapatkan dukungan dan pembaruan dari WordPress secara berkala.

20. Newsphere

Newsphere adalah sebuah template WordPress yang dirancang khusus untuk situs berita dan majalah online.

Template ini memiliki tampilan yang profesional dan modern dengan berbagai fitur menarik yang membantu membuat situs web berita Anda terlihat lebih profesional dan menarik.

Newsphere dilengkapi dengan berbagai tata letak halaman yang berbeda untuk berbagai jenis konten berita, termasuk artikel, galeri, video, dan banyak lagi.

Template ini juga dilengkapi dengan widget untuk menampilkan artikel terbaru, artikel populer, dan banyak lagi. Newsphere juga menyediakan integrasi dengan plugin WooCommerce, yang memungkinkan Anda menjual produk atau layanan di situs web Anda.

Newsphere juga mudah disesuaikan dengan warna dan font pilihan Anda, dan memiliki dukungan untuk logo kustom.

Template ini juga responsif, sehingga tampilan situs web Anda akan terlihat bagus di semua perangkat, baik desktop maupun mobile.

Dalam keseluruhan, Newsphere adalah pilihan yang bagus untuk situs web berita dan majalah online yang ingin terlihat profesional dan menarik. Dengan fitur-fiturnya yang berlimpah, tata letak halaman yang fleksibel, dan desain modern yang responsif, Newsphere dapat membantu Anda membuat situs web berita yang menonjol dari yang lain.

Mang Cara

Mantan pekerja kantoran yang ingin kembali menjadi blogger, hanya bisa menulis apa yang saya tahu tidak lebih tidak kurang :) Terimakasih Telah Berkunjung

---Advertisement---

Related Post

6 Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org

2 Cara Membuat Tulisan Arab di WordPress agar Terlihat Bagus

Cara Install WordPress di XAMPP Step by Step

Mengenal Plugin WordPress Backup untuk Mengamankan Data Website