Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Kulit Wajah

Bintik bintik kecil kemerahan pada kulit wajah atau yang dikenal bruntusan dapat mengganggu penampilan walaupun ukuranya tidak sebesar jerawat namun apabila terus menerus akan menimbulkan luka. Untuk itu sebaiknya kamu mengetahui cara menghilangkan pada wajah.

Penyebab bruntusan di wajah diantaranya adalah cuaca, alergi, digigit serangga, polusi udara atau karena penggunaan kosmetik. Dibawah MangCara akan berbagi informasi cara menghilangkan wajah bruntusan dengan cara alami yang efektif.

Advertisement

Tentu saja mengobati bruntusan secara alami membutuhkan waktu sedikit lama jika dibanding dengan obat kimia yang banyak dijual di apotik ataupun online. Baiklah langsung saja MangCara bahas apa saja yang dapat menyembuhkan brutusan.

Cara Menghilangkan Brutusan Pada Wajah

1. Aloe Vera atau Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Kulit Wajah

Lidah buaya atau aloe vera banyak memiliki manfaat untuk kesehatan diantaranya menyuburkan rambut selain itu bisa juga digunakan untuk mengatasi bruntusan di wajah. Karena didalam lidah buaya terkandung hormon giberelin dan polisakarida yang dapat membunuh bakteri pada jerawat atau bruntusan.

Cara menggunakan:

  1. Lidah buaya dibersihkan kemudian ambil gelnya bisa dikupas terlebih dahulu atau cukup ditekan saja.
  2. Oleskan gel tersebut pada bagian wajah yang bruntusan.
  3. Setelah 30 menit bilas dengan air dan lakukan terus sampai bruntusan hilang.

Agar penyembuhan lidah buaya dapat menjadi lotion dengan menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon kemudian digabungkan dan di belnder. Setelah jadi oleskan lotion pada area wajah yang berjerawat atau bruntusan.

2. Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Kulit Wajah

Olive oil atau yang dikenal dengan minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang bisa menghaluskan kulit wajah. Minyak zaitun merupakan obat mujarab untuk bruntusan karena memiliki sifat anti imflamasi dan antibakteri.

Cara menggunakan:

  1. Ambil 2-3 pipet minyak zaitun kemudian oleskan pada wajah bruntusan dengan merata.
  2. Lakukan pemijatan pada area tersebut selama 4-5 menit atau bisa juga diamkan selama 15-20 menit.
  3. Kemudian bilas dengan air hangat.

Lakukan pada malam hari karena minyak zaitun mengandung comedogemic yang cukup tinggi sehingga dapat lebih mudah clogged pores (penyumbatan pori). Selain itu apabila digunakan pada siang hari dikwatirkan akan bercampur dengan debu sehingga jerawat atau bruntusan malah bertambah.

3. Tomat

Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Kulit Wajah

Sejak lama dipercaya dapat menyehatkan kulit termasuk kulit wajah karena memiliki senyawa likopen yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan kulit.

Cara menggunakan:

  1. Setelah dicuci bersih haluskan tomat.
  2. Usapkan tomat yang sudah dihaluskan pada wajah yang bermasalah.
  3. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 5 menit.

Selain dibuat masker tomat juga baik dikomsumsi minimal dalam satu minggu makan 2 sampai dengan 3 kali sehingga dapat meminimalisir kerusakan kulit yang diakibat karena paparan sinar ultra violet.

4. Madu

Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Kulit Wajah

Siapa yang tidak kenal madu cairan kental yang dihasilkan lebah ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit secara alami. Karena mengandung hidrogen peroksida yang mengasilkan sifat antibakteri madu juga efektif untuk mengobati bruntusan atu luka lain.

Cara menggunakan

  1. Tuangkan madu murni 1 sendok teh.
  2. Kemudian oleskan pada area wajah dengan menggunakan jari atau kapas.
  3. Diamkan selama 30 menit atau bisa juga semalaman.
  4. Selanjutnya bersihkan dengan air hangat.

Madu juga dapat dibuat masker dengan menggabungkan dengan bahan lain seperti kunyit, lemon, kayu manis, atau scrub gula.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara menghilangkan bruntusan pada wajah yang telah MangCara rangkum dari berbagai sumber. Yang harus diingat mungkin setiap orang memiliki jenis kulit dan tingkat sensitif berbeda.

Sehingga sebaiknya sebelum menggunakan cobalah cara diatas pada tangan jika tidak ada masalah silahkan lanjutkan atau sebaiknya hubungi dokter untuk mengkonsultasikan pengobatan yang tepat untuk bruntusan di wajah.

Advertisement