Memulai Usaha Sablon Kaos Manual Sederhana

Membuka usaha sablon kaos manual dapat menjadi inspirasi dalam memulai usaha dengan modal kecil dan dapat menjadi usaha rumahan yang menguntungkan, karena target pasar yang luas dengan alat sablon yang  sederhana.

Seperti teman yang buka usaha dirumah, awalnya hanya membuat mug sablon digital dan sekarang mulai usaha baru dengan membuat sablon kaos manual, tehnik penyablonan ada  dua cara, yang manual dan digital.

Advertisement

Untuk sablon kaos digital dari segi peralatan perlu modal lebih besar ketimbang manual, yang admin lihat hanya ada meja sablon dan peralatan untuk sablon seperti obat afdruk, tinta sablon, screen, rakel sablon kaos, bright ruber, hair dryer

Dengan harga sablon kaos manual sebesar Rp.50.000 per kaos, menurut teman dia masih bisa mengantongi laba bersih kurang lebih Rp.18.000 dengan rincian harga kaos oblong Rp.22.000 ditambah ongkos produksi Rp.10.000.

Baca juga : usaha sewa mainan mobil aki untuk anak.

Kebetulan waktu admin kesana mereka sedang ada order sablon kaos olahraga sebanyak dua lusin kaos  dari salah satu sekolah, sehingga bisa melihat cara sablon kaos seacara manual.

Kelebihan sablon kaos manual dari segi permodalan

Karena tidak memakai peralatan sablon khusus sehingga modal awal kecil jika dibandingkan dengan jenis sablon yang lain, hanya dengan modal Rp.300.000 sd Rp 1.000.000 kamu bisa memulai usaha sablon kaos tentu masih sederhana.

Namun ada kekurangannya dari sablon kaos manual salah satunya waktu yang diperlukan relatif lebih lama karena membutuhkan proses pengeringan, apalagi jika sablon kaos manual 4 warna harus menunggu kering tiap warna baru ditambah warna lain.

Cara sablon kaos manual untuk pemula

Pada kesempatan ini admin hanya membahas menyablon setelah semua proses persiapan selesai dari mulai membuat film dan membuat screen, selain itu mungkin cara yang digunakan menyablon sangat sederhana tidak menggunakan meja sablon karena order saat itu tidak hanya dua lusin.

1. Bentangkan kaos yang akan disablon yang didalamnya diberi triplek supaya warna tinta tidak meresap atau rembes kebagian belakang kaos, berikan isolatip untuk meratakan atau memberi batas tulisan.
Memulai Usaha Sablon Kaos Manual Sederhana

2. Kemudian letakan rangka atau screen, atur posisi gambar atau tulisan sesuai dengan keinginan perancang, jika warna lebih dari satu, tutupi gambar yang lain dengan selembar plastik dan iselotip.

Memulai Usaha Sablon Kaos Manual Sederhana

3. Selanjutnya tuangkan tinta di tepi gambar,  tarik cat sablon tersebut menggunakan rakel dengan tekanan yang rata, cukup satu kali tarikan.

Memulai Usaha Sablon Kaos Manual Sederhana

4. Nah gambar dibawah merupakan hasil sablon  manual, lakukan proses ini sebanyak tiga kali agar hasil cat menempel dengan sempurna dan warna menjadi lebih terang, namun harus cat lapisan pertama kering terlebih dahulu.

Memulai Usaha Sablon Kaos Manual Sederhana

Demikianlah cara pembuatan sablon kaos manual sederhana, peluang usaha dengan modal kecil ini cocok bagi sebagai usaha rumahan karena jika usaha belum maju sebaiknya buka sablon dirumah saja jadi tidak perlu memikirkan sewa tempat.

Advertisement
Latest Comments
  1. Mysweet Ladyluck May 24, 2016
  2. Maman Achman May 22, 2016